Jangan dijudge

Paling sedih kalo dijudge ngasih anak sufor sama ibu-ibu pro ASI seakan-akan gk sayang anak. Padahal ngasih sufor juga bukan tanpa alasan. Dan bukannya emak-emak sufor ini gk berusaha buat ngasih ASI loh. Paling parah ada yg bilang anak sufor gk secerdas anak ASI. Asli omongan Kya gitu bikin tambah down dan buat ASI nambah seret.. kalian boleh bangga jadi ibu full ASI eksklusif, tp gk usah ngucilin emak² yg ngasih anaknya sufor. Toh ASI atau sufor niatnya sama. Sama² ngasih yg terbaik buat anak. Cuma kalian lebih beruntung aja wahai emak-emak pro ASI. Ngasih masukan ke emak² sufor tentu boleh, tapi tolong bahasanya dijaga !!!!

52 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
TapFluencer

Bunda nggak bisa kendalikan omongan, perilaku, pemikiran, pendapat orang lain. Namun, Bunda bisa mengendalikan respon Bunda terhadap hal-hal yang dilakukan orang lain. Bunda bisa memilih mau merespon bagaimana. Apakah mau merasa kesal, sedih, kecewa, marah, atau mau memilah mana yang memang baik dan bisa membangun diri, mana yang tidak. Yang dirasa tidak baik yah abaikan saja 😁 Bunda juga bisa melakukan sesuatu atau mengambil keputusan dengan kedewasaan, penuh kesadaran. Misal memberikan sufor, atau memilih gaya parenting tertentu, semuanya memang dengan dewasa, penuh kesadaran, dan paham risk benefitnya, jadi tidak mudah terusik dengan omongan-omongan orang lain. Kita bisa kok belajar mengendalikan prasangka dan cara pandang 😊 Menurut saya, kadang fakta-fakta tertentu, atau cara orang lain menyampaikan pendapat, terasa sulit kita terima atau menyinggung karena kitanya yang terusik oleh omongan orang lain, misal karena mungkin masih ada perasaan denial, perasaan bersalah, kekecewaan pada diri sendiri, dll. Padahal sampai kapan pun, yang kayak gitu akan selalu ada saja. Nggak cuma soal pemberian sufor, tapi juga soal pemilihan MPASI, metode persalinan, pola asuh, pemilihan sekolah, jumlah anak, dll dll. Misal soal kecerdasan, memang setahu saya sih faktanya ada bukti ilmiah kalau anak yang mendapat ASI tingkat kecerdasannya lebih tinggi karena memang ASI ini nutrisi otak terbaik yang paling awal diberikan. Jadi kayak fondasi untuk perkembangan otak yang optimal. Namun, kecerdasan tentu nggak cuma ditentukan oleh ASI, ada berbagai faktor lain yang mempengaruhi, seperti faktor genetik, stimulasi, asupan nutrisi, pola asuh, dll. Jadi kalau Bunda belum berhasil memberikan ASI saat ini, tidak perlu berkecil hati dan terlalu khawatir karena Bunda bisa lengkapi dengan optimalkan faktor lainnya. Mungkin maksudnya orang-orang yang pro ASI itu agar Bunda lebih semangat mengupayakan pemberian ASI karena ASI sudah sebagus itu. Dulu saya malah pernah dicibir karena terus mengupayakan pemberian ASI. Dibilang nanti anak saya jadi bodoh karena nggak minum sufor 😅 Sayanya dibilang pelit karena nggak mau beli sufor, dibilang ngapain kerja cape-cape, gajian, tapi nggak mau beliin sufor 😅

Baca lagi
2mo ago

setuju bund..

aku pro asi tapi aku gak anti sufor bun... aku mmg pejuang asi... gak mudah bagiku buat anakku bisa Dbf sama ku... gak cuma anak sufor kok yg dapet bulian... anak asi juga dapet bulian dr orang yg pro sufor... dan aku salah satunya yg dibuli mertua sendiri.. katanya anak sufor itu gendut, pinter... anak asi itu kurus dan lambat perkembangan nya... apalagi PD aku yg kecil dan lembek ini... gak akan cukup buat anakku katanya... awalnya down buat asi seret... tapi inget lagi perjuangannya buat Dbf gak mudah... air mataku slama berjuang, waktuku yg terbuang... akhirnya aku memutuskan utk tetap berjuang asi... dan kalau suatu saat DSA bilang anakku harus sufor ya aku pasti kasih sufor kok... sejatinya setiap ibu mau yg terbaik utk anaknya... dan Asi atau sufor itu pilihan ya... ya terserah ibunya kan mau asi atau sufor... kadang mulut julid ini yg buat down... baik asi atau sufor... jadi mulai sekarang mari kita tutup telinga kita pakai 2 tangan kita dan kita ttup mulut kita... kita yakin sama pilihan kita yuk jalani... biar org mau bilang apa bun... anak anak kita... kita yg ngurus... orang cuma berkomentar... semangat ya bun...

Baca lagi
TapFluencer

Sebagai ibu full sufor aku juga suka ngerasa sedih. Tapi ya memang TIDAK SEMUA ibu pro ASI mulutnya jahat. Masih banyak banget yang baik dan saling support juga. Namun, memang ada beberapa yang omongannya bikin makin down, namun itu gimana kita menyikapinya karena kita gak bisa kontrol pendapat dan mulut orang lain. Untuk soal kecerdasan anak, memang ASI adalah sumber nutrisi kecerdasan terbaik. Tapi, sumber kecerdasan bukan cuma dari ASI, ada faktor penunjang lainnya, dari cara belajar, asupan makanan, genetik, stimulasi sejak dini, dllnya. Kalau cuma mengandalkan ASI atau sufor tapi anaknya gak diajarin untuk belajar atau di stimulasi ya sama aja sih itu mah. Intinya kita sesama ibu harus saling support. Mau itu ibu ASI & ibu sufor atau ibu sc & pervaginaam atau ibu mpasi homemade & ibu mpasi fortif. Semua sama, kita seorang ibu. Kita sudah berusaha memberikan apa yang terbaik untuk anak kita karena kita yang tau apa yang anak kita butuhkan. Yuk saling support yuk. Moms support moms🤗

Baca lagi

sama bun..saya jg di guncing karena ngasih anak sufor toh mereka gak ngasih makan beliin susu knp harus ngomong pedes, lebih sakit hati lagi anggota kluarga kita sendiri yg kdg nyindir” anak saya, yg katanya dikit” sakit , kan wajar ya bun kalo anak pertama memang katanya sering sakit, toh anak saya kg normal sama kya anak lain nya cuma memang gak gendut tp tinggi badan gk kalah sama anak ASI .. lagi” nih ya bun kalo anak saya pakein pampers jg di bilang kebanyakan uang siang” di pakein pampers, sbnernya sya gk masalah sih di bilang bgtu cma cara dia ngomong itu di depan tetangga dan banyak orang dan saat itu suruh lepas pampers, akhirnya saya tinggal pulang aja lah, saya pakein anak pampers kalo siang itu kalo cuma mau tidur aja, tau sendiri kan kalo anak sufor ppis nya lebih banyak dripada anak ASi, kdg suka heran sma orang”.. yang cari uang saya smasuami tp knp mereka yang ngatur”

Baca lagi

maaf Lo ya bunda2 Alhamdulillah barakallah bnget klau aku ya anak ku juga sufor tpi klau aku bandingin dengan anak2 skitarannya ya lebih unggul dri anak2 yang lain dri segi apapun kyak berat bdan,perkembangan dan pertumbuhan nya gtu ,,,, cman mungkin sufornya kn beda merek beda kandungan nah mungkin bunda yg sufor aja yg hrus seleksi dlm milih sufor buat debaynya,,,krena anakku dlu umur 2 Minggu udah terpaksa bnget mnum sufor krena ada beberapa alasan yg nggk bisa aku sbutin ,,,,jdi menurut aku bunda sufor nggk usah berkecil hati krena niat kita sbagai seorang ibu juga sangat baik cman keadaan yg menghukum...jdi hrus tetap semngat ya Bun jngan dibikin stress dibawa happy aja agar yg lagi menyusui juga ASI nggk buat down siibu...oke,,,salam semangat💪💪💪

Baca lagi

semua pihak itu pasti ada oknum yg extreme nya bu. yg pro sufor jg ada yg ngerendahin asi dibilang murah, ga ada gizinya dan gamau keluar duit buat anak. jd drpd marah2 sm omongan orang mending kita yg atur hati. punya dua tangan ga akan cukup untuk nutup mulut semua orang, mending dipake buat tutup kuping sendiri

Baca lagi
2mo ago

iya betull, yang Full ASI juga suka diomongin. apalagi dibanding"i sama anak yang sufor. misalnya anak sufor lebih gemuk dibanding anak ASI. malah disaranin Sufor ajah... atau pergi" kalau ASI ribet. lebih mudah sufor. tinggal kasih botol susunya ajah kalau dikeramaian.

Ya memang itu kerap terjadi, tapi aku mikirnya gini "sufor itu bukan racun, sufor adalah alternative bagi ibu-ibu yang sulit memberikan ASI dikarenakan masalah kesehatan dan ataupun ASI serat" kecuali kalau misal karna takut PD kendur, penampilan jadi jelek, nah itu yg salah. Jadi daripada ribet dengerin sara dari orang lain, mending fokus dengan kehidupan sendiri 😅 Banyak bayi yang minum sufor, apa mereka meninggal karna minum sufor? gak kan? justru banyak yang meninggal itu karena MPASI DINI. Nah kalau mau edukasi orang itu, mending edukasi orang2 yang memberikan MPASI dini Bukan mengedukasi ema-ema yang kasih sufor ke anaknya 😅

Baca lagi

Gpp bun, biasa ny yg komen gtu org" Jaman dulu 😅😂 aku awal lahiran puting masuk ke dalem udah sgala di coba.. Di pumping, dipijit, pake puting sambung ttp susah.. Alhasil pake susu formula dlu cz kasian anak nangis trus.. Aku trus pijit" Biar puting kluar malah asi aja yg kluar puting ny ttp ke dalem.. Slang beberapa minggu tiba" C anak g mau pake dot.. Bingung lah disitu.. Sabar aja trus nenenin meski puting k dalem 2" Ny Alhamdulillah lama" Kluar juga ☺ Setiap bunda" Kan punya mslh msg" Hadapi aja g usah dengerin kata org.. Pingin pas asi 2 tahun ekh c anak 1,7thn lepas sendiri ya sdh lah yg penting anak sehat 🥰

Baca lagi

Kembali k masing2 buun klo di tiktok rata2 malah bangga kyk bilangin buibu ASI ga mampu atau menjaga kewarasan seorang ibu makanya dikasih sufor. Terus aku blg dalam hati klo di grup ini pasti uda dikomen sm buibu. Sbnrnya maksdnya mgkin baik yaa mgkin kdg kalimatnya kurang bagus. Namanya idup ga bsa kontrol omongan org bun, jadi kita aja yg filter klo rasanya baik ya diambil klo ga dibuang ajaa. Apapun itu kputusannya mau asi sufor yaa kembali pilihan ibu masing2 bun, ga bsa kita kontrol ketikan org cm bsa kontrol emosi kita pas bacain klo rasanya dhujat yaudalah bun biarin ajaa gausah didnger

Baca lagi

mungkin yg hanya OKNUM ya bun jangan menyebutkan semua ibu2 fullAsi sama. begitupun dari ibu2 yang fullAsi pasti mereka juga mendapatkan obrolan yg kurang berkenan di hati mereka dari OKNUM Ibu2 Supor. intinya kembali lagi ke diri kita bun mau di tanggapi atau di cuekin. kalau di tanggapi mungkin nambh pikiran dan kekesalan, saran aku sih mending biarkan saja anggap aja radio yang sudah rusak 😂😅 Sebuah pilihan kembali lagi ke diri kita dan abaikan omongan orang lain toh kita tidak merugikan mereka.🫶🏻

Baca lagi