Anak mogok sekolah

Adik saya minggu ini mulai masuk TK, baru dua hari sudah ngambek nggak mau sekolah saking nggak mau lepas sama ibunya. gimana ya cara ngakalinnya supaya dia mau lepas dr ibunya dan mau sekolah?

27 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Hai Bun, Saya pikir yang terbaik adalah memahami dulu masalah mengapa anak Anda tidak mau pergi ke sekolah. Apakah anak-anak lain sedang mengertak dia, ataukah dia mempunyai stigma sosial? Untuk membantu Anda lebih jauh, ingatlah hal-hal berikut: 1. Jangan mengomel atau jelaskan padanya bahwa mereka harus bersekolah; itu bisa memperburuk situasi. 2. Bicaralah dengan mereka dan tanyakan apa masalahnya, temui guru dengan suami Anda. 3. Bersikaplah jelas bahwa tinggal di rumah tidak diperbolehkan - matikan TV, jangan biarkan mereka tidur. Berlakukan aturan tentang tidak memiliki video game. Sebaliknya, cobalah untuk menumbuhkan lingkungan belajar di mana anak Anda dapat membaca, duduk tegak dan belajar hal-hal baru. Jangan lupa untuk meminta bantuan dari orang lain jika diperlukan, meskipun itu berarti mengirim anak ke sekolah dengan orang yang berbeda. Ini penting karena jika hal-hal menjadi terlalu emosional, itu bisa memperburuk keadaan. Jika anak Anda tidak bisa lepas dari bunda, memastikan ke mereka bahwa semuanya akan baik-baik saja. Jangan lupa untuk tetap pahamilah masalah dan temukan resolusinya. Semoga itu membantu, bun!

Baca lagi

susah sih bun 😅😅😅 apalagi klo anaknya penakut... kalo saya nih ya sebegai guru yaa... ank ttp di anterin sekolah... begitu masuk gerbang itu urusan guru nya... mau nangis guling2 terserah.. bunda langsung pergi jangan di sekitar situ.. gk tega?? harus tega bun... biarkan guru nya membujuk supaya mau masuk... nnti biasanya klo sudah masuk kelas ketemu temen2 nya bakal biasa... nnti klo emak nya nongol.. pasti nangis... itu sih bun.. klo ank saya sih gak nangis klo sekolah.. gak susah juga... cuma suka ngilang... entah ketiduran di bawah kolong meja... guru nya gak tau.. udah heboh sekelas gk nemuin anak ku 😅😅😅😅 smpe di cari2 di seluruh sekolah.. pernah tiba2 tidur di depan pintu kelas 😅😅 klo gerbang TK nya gk di kunci tiba2 nongol aja di kantor ku... guru nya telp aku nyariin... krn ank ku TK dari umur 3 th bun...

Baca lagi
3y ago

iyaa bun bener.. hebat nya.. dia gak mau bales anak yg lebih kecil dr dia.. dia kmrm di tampar trz di tonjok sama anak cowok di indomaret... gara2 dia buka kulkas indomaret.. sprti nya kesakitan bun.. krn pipi dan mata nya smpe merah... tapi dia gak mau bales.. soalx itu anakx lebih kecil dr dia.. ortu nya gak tau dimana.. kasian trz ku peluk.. ku tenangin.. mgkn anak nya jd sprti itu krn ortu sll lepas tangan sama ank nyaa... kurang kontrol anaak nya..

Kalau kata tetangga saya emg harus niat dari ibu nya bun .. jadi agak ditega in .. saya ini juga termasuk over protect ke anak khawatir jadi toxic n anak jadi gak bisa belajar mandiri.. coba bun pelan2 bunda nya mumpet dulu tp sebelum ditinggal carikan teman n suruh mereka ngobrol .. nanti bunda nya awasi dari pintu tp jangan terlihat klo oke n gak nangis langsung tinggal lari ya bun.. soalnya dari kecil ortu saya cuek sekali sampe saya nungguin dipagar tp tetep gak dikirim bekal kyk yg lain jadi saya rada protect ke anak .. ngefek anak jadi nangis digendong selain saya bahkan sama abi nya nangis klo saya minta gantian gendong ..

Baca lagi
VIP Member

Antar dulu aja klo udah masuk kelas tinggal. Klo awal awal masi bisa ditungguin. Anakku masuk Tk 4th ditungguin diluar sekolah selama seminggu (karena aturan sekolah gaboleh ditungguin kecuali diluar sekolah nungguanya meskipun anaknya bakalan nangis di awal) tapi baru beberapa hari ditungguin anaknya udah gamau alasannya udah punya temen baru jd ibu jangan nungguin caca nanti caca malu gitu katanya. Jd emang kitanya aja yg harus tega,sebab semua anak bakalan rewel pd awalnya,tp klo sudah nyaman & punya temen pasti betah. Blm lg guru2 TK biasanya memang bertanggung jawab meskipun anak nangis atau mau digendong2 skalipun

Baca lagi
VIP Member

susah bun. emang butuh adaptasi.. dan kebiasaan. soalnya dirumah apa2 kan sama ibunya ada 24jam.. sedangkan ibunya selalu ada karna full irt. jalan salah satunya ya emang harus di ajarin.. misalnya nih kakak sya bekerja. otomatis dia harus tega ninggalin anaknya dirumah. sampe anaknya sekolah . ponakan sya dari awal sekolah ga pernah nangis. karna sudah biasa d tggal ibunya kerja.. ya mungkin buat kita full irt. coba tggal anaknya sbntar kalo ada bapaknya suruh jagain. atau keluarga.. biar anak biasa

Baca lagi

Haloo kak Nurul Kejadian ini mirip seperti keponakan saya yang dulunya suka ngambek ga mau masuk sekolah. Jadi ibunya harus menemani tiap kesekolah sambil mencari sesuatu supaya anaknya mau ke sekolah, seperti : - mencari teman yang kira2 cocok dengan si anak - Berikan gambaran yg menyenangkan tentang sekolah - cari tahu pelajaran apa yg di gemari - ajak ngobrol kenapa dia tidak mau kesekolah (mungkin ada faktor guru galak, teman bandel atau lainnya) Semoga membantu yaa kak

Baca lagi

Hi kak Nurul! Menurut saya coba lakukan beberapa hal agar anak mau kembali ke sekolah 1. Tanyakan sama anaknya kenapa dia tidak mau ke sekolah (mungkin ada yg membuat dia tidak nyaman di sekolah 2. Beri motivasi pada anak dengan menceritakan hal2 menarik yang mungkin bisa ia temukan di sekolah 3. Ketika mengantar anak kesekolah, ajak anak berkenalan dar bermain dengan teman sekolahnya, ketika anak sudah terlihat nyaman bersama teman2nya baru kita biarkan doa bermain sendiri

Baca lagi

kal saya ngbrol sma gurunya bun, dan tiap sekolah sya pasrahin ke gurunya... sehari 2hri memang dia nangis.. tpi lama kelamaan terbiasa... nanti sma gurunya kan dicarikan teman atau mainan yg bisa bikin anak betah di sekolah.. soalnya anak sya sminggu langsung lepas tapi kesini" g mau skolah... ternyata ada yg ditakutin.. jdi ngbrol ke guru...alhamdulillah normal lagi anaknya mau sekolah

Baca lagi

Klo aku dlu adik ku TK ga mau jauh dri ortu atau mbk ny ,syp pun yg anterin dia skolh jgn jauh2 dri dia .toh aku isengin klo uda msuk kelas kn disuru dia nongol kejendela ,nnti aku ngilang ke wrung sblah smpe uda mau pulang dia brtnya mbk kmna ngilang,mbk ke wrung ..jd pkir ny slalu ada di wrung ujung2 aku pulang ,mndekati dia pulang bru aku datang jmput nongol di jndela deh hehehe

Baca lagi

Kalo adek saya dulu dianterin kesekolah sama ibuk saya bun, setelah masuk kelas ibuk saya masih di sekolah takut2 kalo si adek keluar nyari ibuk..., setelah agak sibuk siadek dikelas ibuk saya pulang. Beberapa menit sebelum Jam istirahat ibuk saya udah di sekolah lagi...terus seperti itu selama beberapa minggu. Lama kelamaan si adek terbiasa hanya di antar dan dijemput.

Baca lagi