Kecanduan Gadget

Anak saya yg pertama umur 2,5 tahun kecanduan main gadget, apalagi kalau ketiduran sambil main hp bangunnya nangis nanyain mana hpnya, kadang juga ngigau jarinya kayak menyentuh-nyentuh layar hp. Sedih saya Bun, gimana ya supaya anak saya ga kecanduan ama hp? Saya takut matanya rusak? kasih saran dong Bun?

Kecanduan Gadget
318 Tanggapan
Tulis tanggapan

SIAPA BOSS NYA? A= "Anak saya kecanduan Hp, sampai susah makan, dipanggil ngga peduli, disuruh malah berontak, gimana solusinya? " B= "Ya diambil saja Hp nya, sembunyikan chargernya, power bank nya, jangan isi pulsa, jangan isi paket data. " A= "Tapi dia marah-marah, menangis, tantrum. Saya ngga sanggup mengatasi. " B= "Harus sanggup. Yang memberi Hp pertama kali ke anak, siapa? Orang tua kan? Maka orang tua juga yang harus mengambil Hp nya, menghentikannya. " * 💕💕💕✅✅✅✅✅✅✅ Saya lalu melihat si ibu berusaha mengambil hp dari anaknya. Si anak marah-marah. Dijambaknya jilbab ibunya, dipukulinya badan ibunya. Dan saya lihat si ibu diam saja. Jilbab dijambak pun kepalanya dibiarkan ketarik sampai kesakitan. Hanya lirih mengatakan "Ngga boleh hp-an kata bu Afi itu loh.. " Hhmm... 😭😭😭😭😭 Disitulah salahnya. Anak-anak sudah dikondisikan menjadi "bos". Dan orang tua menjadi "pelayan" yang sendika dawuh. Makin lama makin menjadi hingga akhirnya orang tua merasa ngga sanggup meng-handle lalu dibawalah ke tempat terapi 😑 Kata seorang trainer terapi dari Australia, ketika ditanya oleh peserta bagaimana mengatasi anak tantrum, jawabnya simple, "Who's the boss? " Orang tua atau anak yang jadi bosnya? Jangan kalah sama anak.🙏🙏🙏🙏🙏 Anak menangis? Tantrum? Biar saja. Tetap jangan diberi apa yang dia inginkan. Karena tantrumnya akan terus dijadikan senjata saat minta sesuatu. Jangan panik lihat anak menangis. Nanti juga akan diam sendiri. Harus tahan mendengar dan melihat tangisnya. Ngga ada ceritanya anak mati karena menangis kok. (Duh... Sadis ya jawabannya 😂) Tetap tenang, pegang tangannya, sigap mencegah jika anak mau memukul dsb.😁😁😁 Teknik khusus menangani anak tantrum bisa bervariasi tergantung kondisi tantrumnya. Bisa didekap dari belakang, atau kaki ditekuk, atau didudukkan di bean bag, atau yang sangat parah ditengkurapkan di atas matras. Dan banyak teknik lainnya. Intinya terapis harus sigap. Telat sedikit, terapisnya yang bonyok kena pukulan, jambakan, cakaran 😂 Prinsipnya, anak harus diberi pemahaman bahwa tidak semua keinginan bisa dipenuhi, bahwa dia tidak boleh menjadi raja yang harus dituruti semua semuanya. Setelah anak akhirnya paham bahwa usaha (tantrum) nya ngga membuahkan hasil dan akhirnya tenang, beri reward pelukan, usapan kepala atau punggung penuh kasing sayang, lalu bisikkan "Kamu hebat. Ibu sayang sama kamu. " Lalu, jangan biarkan anak bengong tanpa aktivitas. Berikan permainan-permainan yang menarik. Lebih menarik dari gadget. Main pasir, main air, atau main bubble. Banyak ragamnya. Orang tua juga jangan lupa. Ikutlah bermain bersama anak. Jangan minta anak lepas Hp tapi diri sendiri selalu main Hp di depan anak. "Children see, children do." Ingatlah, jangan biarkan si kecil lupa akan dunianya.. jagalah ia, beri ia perhatian dan kasih sayang dengan tidak kasih gadget dengan alasan "yg penting dia tenang , ga rewel, dst...." STOP! Jangan beri Gadget pada si kecil... *Berikan Media Terbaik untuk Anak bermain sekaligus yang mengandung Edukasi demi kebaikan bersama*

Baca lagi
11mo ago

Setuju banget niiihhhh ❤️

aku liat anak kakakku, skarang umurnya udh mau 3 th. dia dibiasain boleh nonton youtube cuma kalau lagi ngemil snack. terus dia gaboleh pegang sendiri hp nya. jadi hp nya ditaro di stamd di atas meja, trs kalau dia mau minta ganti video atau skip iklan dia manggil mamanya trus mamanya yg ganti. kalau waktunya udh habis, hp nya langsung diambil trs dia turun dari kursi, langsung main mainannya yg lain. kalau kata kakakku biar si anak ga ngerasa dibatas2i, tp jg ngerti kalau hp bukan sumber hiburan utama, cuma buat nemenin makan snack aja, banyak hiburan yg lain yg bisa dimainin kalau udh selesai makan snack. ohiya, kakakku kuperhatiin ampir ga pernah nyentuh hp nya kalau ada ponakanku, kecuali kalau lagi video call. dia bener2 main2 hp kalau anaknya tidur. yg ini aku lagi terapin juga ke diriku. tapi ini kuliat sudah dibiasain kakakku dari lama. kalau udh kecanduan mungkin mesti jgn dikasih hp sama sekali kali yah? mengubah kebiasaan anak memang sulit, tp bukan berarti gabisa. tetap konsisten dan semangatt bunnn

Baca lagi

bener kata moms yg lain klo kecanduan gadget itu banyak banget dampak negatifnya. klo pengalaman pribadi, krna saya ngajar di slb jdi ada 1 siswa usia 3 tahun yg terlambat bicara. artikulasinya sama sekali tidak jelas. saran saya, jangan langsung dihilangkan tapi dikurangi saja waktu main gadgetnya setiap 1 minggu. misal klo biasa main gadgetnya sekitar 12 jam per hari, 1 minggu ini kita kurangi jadi 10 jam per hari, minggu berikutnya kurangi lg jadi 8 jam per hari. terus seperti itu sampai anak lepas dri kecanduan gadgetnya. kuncinya harus konsisten y, bunda. minta kerja sama jg dri keluarga di rumah. klo loss 1 hari aja bisa ulang dri awal lg programnya. pasti bisa kok. klo bunda takut anaknya bosen coba ajak jalan-jalan atau ajak main yg ada aktivitasnya spt main ke taman, main ayunan dll. atau bisa jg ananda dimasukkan ke playgroup untuk melatih sosialisasinya. semangat y, bunda! usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil 💪😉

Baca lagi

jangan pegang hp bun, belikan mainan lain yg menarik. kl sy ajak jalan2 keluar rumah biar lupa dikit terus sampe rumah baru main mainan lain, tapi full temani main biar merasa seru. kadang kl bukan saya yg momong, suami & nyokap sy suka ksh YouTube biar anaknya diem anteng. usia anak sy 1 tahunan. tapi kepinteran, tiap hp sy geletakan sembarangan, dia ambil terus kasih hp itu ke bapakke / neneknya. krn kl ksh saya, ga mungkin di setel vido lagu anak2. kl bapakke / neneknya ga mau, auto di banting hpnya 🤣 otomatis sy berhenti kerja dulu, gendong anak, bawa keluar bentar liat2 kucing, masuk diem terus sy ksh mainan lain. mainannya juga banyak bun, krn bosenan. tapi entahlah, emg hp bikin generasi mental anak kecil rusak. barang sebiji si hp bisa bikin anteng anak berjam-jam, mainan anak segambreng harus gonta-ganti biar anteng.

Baca lagi

kalau saya sama suami nggk prnah main Hp d depan anak.. ud jd kesepakatan kita bersama.. jd ketika sma anak ya full time sm anak nggk megang hp.. ketika anak main kita temenin .. kita terjun dlm dunia mainnya anak bukan hanya jd pengawas. jd alhamdulillah skrg ud nggk prnh merengek minta hp lg.. kebetulan jg sy punya pkerjaan menjahit slain jd IRT.. semangat bunda.. pelan². kalau anak nangis minta hp d biarin aja dulu, atau nggak d ajak main kmna gt. intinya smpai dia lupa nggk mau minta hp lg.. karna kalau anak nangis minta hp trus kita ksh gt, bisa² nangis itu menjadi senjatanya anak untuk minta hal apapun trmasuk hp.. pokoknya pelan² jangan emosi ataupun kasar.. aplg ketika anak mengalami tantrum, MaaSya Alloh harus kuat² jd orang tua..

Baca lagi

Anak sya hampir 4th ,sya beri batasan dan aturan yg konsisten lihat hp hnya berdurasi 10 menit ,jd sehari(24 jam) itu totalnya 1 jam saja pkoknya , ada sih kdg² kendala ,misal udh janji nnti pas udh time out dia gk jg ngasih hpnya dripd diambil PAKSA atau mengancam lbh baik ajukan penawaran ,misal ajak main sesuatu yg menarik buat dia ,anak sya gitu bun hehe ya di jaman skrg gak ngenalin anak ke gadget jg gimana gt ,kita yg ngasih gadget ke anak kita jg yg hrs pandai mengakali buat bkin anak mentaati aturan main gadget yg udh disepakati berdua ,jgn mau disetir dgn sikap anak yg tiba² tantrum ,merengek ,mengigau kalo gk dikasi gadget, kita sbg orgtua hrs sabar dan konsisten dlm mengontrol anak , pertanyaannya gini skrg who is the boss? Anak atau orgtua? ,Goodluck bun.

Baca lagi

pasang aja drmh indihome plus chanel tv ny. nti nontonny smua itu di tv .jgn ke hp . kl sya anakku gag prnh aku ksi liat hp.. soalnya sya puterin smua di tv.. alhamdulilahnya gag ada mslah tv mati pun dia ttp asik dengan maenannya.aktiv aja. . ada channel anak anak dtv jg bsa nton yutube smbil nton smbil belajar contoh misalnya mau anak bisa berhitung setelin gerakan tangan mau anak bsa tepuk tangan setelin lagu kalau kau suka hati tepuk tangan.injak bumi. mengenal hewan suara hewan nyanyi twinkle. di tv aja...pasang indihome wifi plus chanel tv .smua dah stu plek jdi dia smpe hp gg ngerti taro tv 1 khusus dia diruang maen nya..jdi anak itu trbiasa mendengar melihat .pasti nyontoh..🥰 setelin yg bermanfaat utk otak nya.dn milenstone ny...

Baca lagi

Harusnya dari awal jangan di kenalin sama gadget dulu bun.. Aku sama suami udah sepakat sebelom masuk sd ga boleh pegang gadget anaknya. Justru di kenalin sama mainan tradisional Indonesia, atau di bawa ke mall yang ada anak kecil tu pada kumpul main2 bareng untuk melatih sosialisasi dan persiapan tumbuh kembangnya si anak di lingkungan pertemanan. kalo mau denger lagu di puterin lullaby pas mau bobo aja. Selebihnya paling ntn tv kalo di rumah. Kalo gak hpnya di matiin aja bunda bilangnya lagi rusak nanti brp hari juga lupa terus di alihin deh ke mainan lain. Kalo mau chattingan jangan depan anak sebisa mungkin dan bales seperlunya aja kecuali pas dede lg bobo.. Me time banget tuh.

Baca lagi

Ga cuman takut matanya doank bun... Takut otak sm pikirannya jg terganggu.. Takut smpe dh gedhe kecanduan hp.. Mnding dari sekarang hp nya disimpen,kalo main hp jgn di depan anak... Diem² aja bun.. Smbil umpet²an.., dan si anak dialihkan permainan yg lain... Kalo misal anak bosen, cb bunda inisiatif sndri.. Bawa dia main di dalam atau di luar ruangan, ato bunda belikan mainan yg bisa mengalihkn perhatiannya dia gt bun.... Kalo di luar ruangan .. Boleh lh yaa, sekali² dia main tanah.. Jgn di larang bun.. Itu jg bs melatih otak si kecil ato yg semisalnyaa #tetapi untuk skrng main di luar rumah jgn dlu ya bun,...msh ada si covid berkeliaran soalnyaa

Baca lagi

Sedikit cerita bun, murid saya TK sekitar umur 5th sekarang menderita gangguan sistem otak karena pengaruh gadget bun, pas lahiran dia normal dan ada kecerdasan baik. Saat ayahnya kenalkan laptop/gadget/komputer sama dia umur 3th udah bisa otak Atik sendiri, orang tuanya bangga banget karena usia 3th bisa main laptop. Tapi kelamaan otaknya terganggu seperti tidur ngigau nyanyian diyt, jari bergerak seperti game, ketawa dan nangis tiba², disekolah dia gak bisa kontrol emosi jadi main² sendiri Saran saya lebih baik dijauhkan sekarang daripada terlambat bun, klau anak ngamuk atau bertindak aneh coba bawa ke psikolog anak saja 😊

Baca lagi