kerja sama atau kolot

Ketika ada suami dan istri bekerja, istri bekerja untuk membantu suami, tapi satu hari ada keadaan dmn anak tidak ada yg menjaga, biasanya di asuh org tua, tp krn org tua sedang sakit istri meminta bantuan suami untuk menjaga, istri tidak bisa libur karena sudah terlalu sering ijin ga masuk atau dtg siang, tapi sang suami marah dgn alasan anak lbh butuh ibu dr pd ayah, dan karena ga pantes seorang ayah menjaga anak, gmn biar suami paham bahwa pikiran spt itu pikiran kolot, krn sama2 bekerja jd hrs saling kerja sama

48 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Banyak bnget yg ngeluh suaminya ga mau ngebantuin jaga anak ya.. Fyi, sebenarnya ada 2 penyebab si bun knp. Si suami bukan tipikal family person/oriented(baginya keluarganya adalah yg utama dan berharga, suka anak kecil, mau ngasuh anak, cenderung lebih suka di rmh), ini sifat alami dr sononya. Yg kedua, didikan orgtua. Byk orgtua yg tdk mendidik anak laki2nya sedari dini utk melakukan pekerjaan rmh/mengurus keluarganya ato mengajarkan hal kolot dmn laki2 itu tugasnya hanya mencari nafkah, pantang/ga boleh utk ngebantuin pekerjaan perempuan spt melakukan pekerjaan rmh dan mengurus anak. Akibatnya setelah menikah, banyak suami yg menolak/gamau/merasa keberatan ketika membantu istrinya utk melakukan pekerjaan rmh dan mengurus anaknya sendiri. Jd dlm hal ini, bukan sepenuhnya salah suami krn mereka tdk terbiasa melakukan hal tsb dr dulu. Merubah paham yg udh terbentuk itu mmg ga gampang si bun. Tp jgn menyerah utk terus memberi pengertian kpd suami kalo mengurus anak adalah tanggung jwb bersama, terlebih sama2 bekerja. Bunda bs baca artikel di google tips2nya ada byk, bs bunda terapin ke suami. Salah satunya artikel di bwh ini.. https://www.google.com/amp/s/www.gooddoctor.co.id/tips-kesehatan/parenting/info-parenting/suami-tidak-mau-mengurus-si-kecil-begini-solusinya-moms/amp/ Semoga membantu 😊

Baca lagi

Bun... Kita hidup emg butuh biaya, tpi bukan berarti kita rela mengambil hak ank kita utk bisa tumbuh kembang dgn pantauan orgtuanya. Lbih baik ngurus ank sndiri bun, ksian orgtua udh dri dlu ngurusin kita dri msih di kandungn smpai kita besar, dan stlh anknya mnikh, orgtua malah di bebani utk ngurus cucu. Mnding smentara wkt bunda yg berkorban lepas karir bunda dlu deh... Ank2 gak slamanya balita dan mnjdi ank kecil, kelak mreka akn dewasa dan sudh bisa lbih mndiri, tpi slama ank msih di usia2 dmn pngawasn orgtua hrus ekstra sebaiknya bunda utamakn ank bunda dlu. Walau sbnrnya pemikirn suami bunda jga salah... Gak ada rumusnya ank lbih butuh ibu dri pda ayah. Justru peran ayah dan ibu sling berkaitan dlm tumbuh kembng ank.

Baca lagi

Maaf niie bunda, Klo dalam islam emng istri harus di rumah & suami yg mncari nafkah (bukan pemikiran kolot).. Suami +istri bekerja rezki akan sama saat hanya suami yg bekerja, asal qta sbagai istri ikhlas menjalani nya, klo bisa di bantu shalat dhuha saat suami bekerja.. Dulu aq + suami smua bekerja, tapi saat kelamaan aq sadar anak memang butuh ibunya, perbandingan nya anak pertama q lebih dekat dg ibu q krna dulu yg mengurus ibu q & anak ke dua q dekat dg semua krna aq mengalah & sadar tidak bekerja lagi.. Itu pengalaman q sj lhoo bund.. Tapi bila suami & istri masih ingin sama2 bekerja, lebih baik cari pengasuh atau titip ke penitipan anak, biar gak ada perdebatan yv berkelanjutan.. 😇😇😇

Baca lagi
VIP Member

Saya sama paksu juga kerja bunda Untuk anak saya pake baby sitter, tp sy titipin ke orang tua Jd pagi sebelum berangkat kerja, paksu anter baby dan baby sitter ke rumah mertua jd Mertua bs ngawasin baby sitter, dan ga kecapekan ngurus cucunya. Saya ga berani tinggal baby sitter di rumah sm baby aja. Ini sdh kita bicarakan sebelum hamil jd sdh ada kesepakatannya pilihannya cm bunda sewa pengasuh, ato resign kerja. coba rundingkan dl sm paksu baiknya gmn dan bicarakan jg dr segi ekonomi klo bunda resign apakah mencukupi ato tidak. Jaga anak bukan tugas ibu / ayah. melainkan tugas bersama, buatnya bersama jaganya ya bersama

Baca lagi

Klo saya pribadi lebih baik resign kerja,fokus jagain dan didik anak. Karna didikan terbaik itu dr ortu nya bukan dr kakek/nenek nya... Kasian jg ortu d suruh jagain anak pdhl udh besarin kita dr orok sampe nikahin,trus hrs d suruh lg jagain anak. Rezeki itu udh ada yg atur, Pengalaman temen² yg awalnya pd kerja trus resign karna hrs jagain anak malah hidupnya lbh bahagia karna bisa pantau tumbuh kembang anak. Meskipun mau apa² hrs nabung dlu dr sisa uang belanja. Gak ky waktu msh kerja apa² tinggal beli sendiri g usah ngandelin suami. Tp mereka hidupnya bahagia ... Pagi² udh bisa ghibah di teras tetangga sambil ngasuh anak😂

Baca lagi

setuju banget bunda @maftuhatinnabila,,, saya pun sblm nikah uda diwanti2 sama ortu, bahwasanya ortu atau mertua bukan tmpt titipan anak. kasian beliau sudah tua, sdh lelah ngurus anak masih jg mesti jagain cucu dgn tenaga yg uda ga sekuat dlu. ketika usia kandungan 8 bln akhirnya aq pun mutusin resign dan full kerja di rmh mengurus anak dan suami. buat bunda yg ga stuju, coba deh sekali2 liat raut wajah ortu yg uda tak lagi muda. liat dgn penuh nurani :))... memang betul kerjasama perlu, tp posisi bunda ts keluhkan ini dy minta supaya suaminya mengalah. masalahnya tulang punggung bukan istri, tp suami... barakalloh..

Baca lagi
2y ago

klo saya mah tetep ga ngizinin bun anonim... apalagi kn gmn pun dy ortu kita , wlopun dy kekeuh ya kasih pngertian baik2.. maaf neh knp suami ga ngizinin resign bun? tulang punggung itu suami loh bukan istri. trs klo suami tetep maksa kerj yauda sewa baby sitter aj tp dipantau mertua atau lbh baik lg masukin daycare

saya dan suami dr awal sudah membahas mengenai ini, bahkan sebelum sy hamil. anak tidak boleh dititip sm orang tua. sementara sy kerja sambil jaga anak, kebetulan kerjaan sy fleksibel dan boleh sambil urus anak. tp sudah juga dibahas sebelumnya kalau sewaktu2 kantor sy tidak membolehkan lg sy kerja sambil urus anak, ya suami bolehkan sy berenti. krn dia lebih memilih sy jaga anak sendiri, dibanding harus sewa babysitter. ya pilihannya mending sewa babysitter atau sekalian berenti kerja. kalau pikiran suami urus anak itu pantesnya dikerjakan sm ibunya yaudah biarin dia cari uang sendiri.

Baca lagi

Maaf bun, bukan membela suami atau menyalahkan istri. Tp bunda nggak baik nyuruh" ortu apalagi suami yg kewajibannya kerja. Seharusnya bunda sadar diri, kalau emng kewajiban istri itu jaga anak dirumah, bukan suami. Jangan diajak kerja sama dalam posisi pekerjaan diluar, jadi nanti suami jg kena nama jelek kalau sering izin buat gantian sama bunda. Lebih baik bunda keluar dan fokus jaga anak. Karna emng ada benernya kata suami bunda. Anak akan lebih perlu didikan dr ivunya terutama. Karna perbandingan pendidikan yg baik itu, 70 % dr bubda, 30 didikan suami.

Baca lagi
3y ago

Maaf bunda yg tidak setuju, tak apa. Memng bener suami baik untuk sama" jaga anak. Tp tidak untuk ditinggalkan dg cara suami jaga anak, istri kerja. Itu tidak baik. Kecuali kalau posisi bunda dirumah, suami dirumah ganjian jaga/ bareng", itu baru tak apa. Tp kalau suami yg sendiri harus jaga kasian atuh suaminya. Ini bukan masalah anak suami bukan. Tp lebih baiknya kalau posisi bunda yg diatas, berhenti aja dr pada diserahin ke suami trus istrinya kerja.

Bun, tahu gak kalau kita nitipin anak ke orang tua itu dosa??? Suami bunda juga salah sih tanggapannya. Cuma saran saya mendingan ngalah ajah bun atau berenti kerja ajaah. Suami saya gak bolehin saya kerja karena dia gak mau anaknya dipegang orang lain. Walau orang tua saya sama dia mah seneng-seneng ajaah. Tapi dia gak mau anaknya gak keurus. Dia juga maunya kallau dia pulang kerja ada yang ngurusin. Kalau aku kerja, jangankan anak bun, suami bisa ajah saya abaikan karena kecapean kerja. Kalau saran saya mendingan ngalah bun. Kasian anaknya bunda.

Baca lagi
3y ago

Allyn.. Bettul bunda, emg mungkin banyak pertimbangan untuk yg work mom, skrg mah balik ke diri masing masing aja.. 😁

VIP Member

Eh aku jadi keinget pernah dibilangin mertua mom Gegara aku nyuruh suami buat nyebokin anak karna emang kita udah biasa ngurus anak bareng Mertua bilang gini "masa suami suruh nyebokin anak, gak sopan" Aku langsung nyletuk dong "gak sopan gimana mak, dia kan nyebokin anaknya sendiri bukan nyebokin anak tetangga" Mertua ku langsung diem . Ini jadi kaya pemikiran suami segala sesuatu tentang anak adalah tugas ibu nya Aslinya gak gitu . Maaf ga nyambung ya Tapi aku rasa wajar kalau suami suruh libur

Baca lagi
3y ago

Ya kalo gak jijian mah bun mungkin bisa ,,,,tapi suamiku jijian nya parah ,malah nular ke anak2nya ,,jadi kalo dia pulang kerja jam 3 anak udah dia yg momong akunya terserah mau ngapain,mau tidur mau maen hp,mau keluar silahkna,asal anak udah di mandiin aja,,