hamil 4 minggu ada kista 5cm

Mom saya sgt syok hari ini... Sy td USG harusnya menurut tgl terakhir haid usia kehamilan saya udah 6 minggu, tp td pas USG kata dokter blm ada 4 minggu sy terkahir haid tgl 5 maret...dan sy syok trnyata sy ada kista ckup besar..? sy juga ada benjolan leher (struma yg sdh ckup lama) hrs d observasi jg.. 1 bulan lg balik kontrol lg katanya.. utk melihat janinnya berkembang apa tdk..mohon doanya agar berkembang ya mom..?? katanya nanti usia kehamilan 4 bulan kista sy hrs d angkat, sy tdk tau efeknya apa utk bayi sya ?

hamil 4 minggu ada kista 5cm
150 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

Pada beberapa kasus, pecahnya kista dapat menyebabkan perdarahan di dalam perut yang berpotensi mengganggu kehamilan. Sedangkan kista sendiri umumnya tidak memengaruhi kehamilan maupun janin. Meski demikian, Anda harus tetap rutin memeriksakan diri ke dokter apabila ditemukan kista saat hamil.Kista merupakan kantung kecil yang berisi cairan. Kista dapat dialami oleh siapapun, dan dapat muncul di berbagai area tubuh termasuk di kulit, alat kelamin, maupun organ dalam seperti ovarium dan rahim. Pada wanita, kista juga dapat muncul saat hamil, dan yang paling sering ditemukan adalah kista ovarium. Umumnya, kista sudah terbentuk sebelum terjadinya pembuahan dengan ukuran yang beragam. tetapi,sering kali kista baru diketahui ketika ibu hamil melakukan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Kista yang muncul pada awal kehamilan biasanya akan menyusut sekitar minggu ke-14 dan hilang pada minggu ke-16 masa kehamilan. Terdapat dua jenis kista ovarium, salah satunya adalah kista fungsional. Kista fungsional muncul sebagai bagian dari siklus menstruasi. Kista yang tergolong umum ini tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya. Jenis kista kedua adalah kista patologis. Berbeda dengan kista fungsional, kista patologis memiliki sel abnormal yang disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti endometriosis atau kanker.

Baca lagi

Bunda , sekedar sharing aja . Dulu waktu hamil saya juga ada kista , kurang lebih 5cm . Ketahuannya waktu saya positif hamil kemudian di usg , kata dokternya sih gpp ,dilihat dulu mengganggu perkembangan janin atau tidak , ternyata setekah beberapa kali kontrol , Alhamdulillah si kista tidak mengganggu perkembangan janin. Awlnya saya sempat berpikir , kalo lahiran aja di ambil sekalian oprasi SC. Ternyata si dokter sangat tidak menyarankan oprasi SC sekaligus pengangkatan kista . Saya disuruh lahiran normal . Alhamdulillah saya pada akhirnya bisa lahiran normal , dan sepanjang kehamilan saya , saya berhasil menjauhi pikiran pikiran negatif tentang si kista .. Semangat terus ya bun , terus berpikiran positif , jangan di jadikan beban ... karena pada dasarnya pikiranlah yang membuat penyakit tsb bertambah parah (misal semula gpp karena terus kepikiran akhirnya sakitnya merembet ke yang lain). Ini cm sekedar sharing pengalaman pribadi saya bunda ..😊

Baca lagi
11mo ago

Kak kan ada kista selama hamil kak keluar keputihan kayak kecoklatan gk kk,,sy juga hamil 6 week dia keluar keputihan semu coklat kadang keputihan normal kadan keputihan semu coklat lagi,,sy baca2 si dari si kistanya gtu,, apakah betul begtu ya

sabar bunda :) saya dlu juga gitu ,malah bayi sm kista lebih besar kista ,hhehe nanti di pantau sm dkternya bund ,ada yg semakin besar bayi ,kista hilang. ada yg semakin besar bayi ,semakin besar juga kista nya ( kayak saya 😖 nggu 4 bulan dlu ,krna dkter butuh waktu apakah nanti kista nya ilang atau engga ,dan misal gga ilang ntr di operasi bund (angkat kista ) ,dan usia 4 bulan itu usia yg ckup u/ baby kalo ada tindakan operasi. tp ,saya dlu msh bodoh malah g ikutin saran dokter ,malah kemakan omongan kk ipar,katanya udh g ush operasi kista ,ntr aja sekalian cesar sekalian angkat kista dan trnyta ,tdk mengikuti anjuran malah jd boomerang u/ hdup saya. perut makin besar ,tp baby sy cuman 1,1 kg ,trnyata kistanya juga ikut membesar bgt,jadi si kista itu yg makan nutrisi2 u/ baby saya ,akhirnya saya drop sbelum lahiran ,koma ,dan baby saya meninggal :) dr stu sy dpt pelajaran ,kalo mendengar anjuran dokter itu perlu. semangat bund,barakallah :)

Baca lagi
3y ago

iya bund ,nyesek nya dstu ya ~ kita mah makan trs ,biar baby sehat ,eh yg makan si kista ,hmm :(

Saya juga ada kista bund...dan di sarankan dokter buat operasi... Setelah 2 minggu operasi kista saya tiba2 mual dan pusing, saya mengira itu efek bius yg masih berasa tapi ternyata saya hamil dan usia kehamilan saya sudah 8 week, yg inti nya pada saat operasi ternyata saya udah hamil 6 week... Saya,suami bahkan dokter ga tau kalau pada saat itu saya sedang hamil, padahal saya juga masih menjalani pengobatan hippertiroid,dan belum di saran kan untuk hamil... bnyak kemungkinan terburuk yg di bilang dokter jika saya tetap mempertahan kan janin saya...tapi saya percaya rejeki yg di beri tuhan untuk saya kali ini akan selamat, krna sebelum nya saya udah dua kali keguguran... Dan alhamdulillah si dede sampai sekrng sehat... Insyaallah bakal lounching bulan juli nanti....

Baca lagi

Saya malah ada kista sebesar 9cm pas baru usg 4 minggu, wktu tuh d saran kan sama dokter untuk operasi pengangkatan kista ketika kandungan 16 minggu dengan kondisi kista tdk terpluntir..tapi ternyata gak berjalan sesuai rencana, kista ku terpluntir dan rasa sakit nya luar biasa. Saat itu kandungan ku baru memasuki 10minggu dan harus d operasi saat itu juga khawatir keadaan baby jg yg amit2 bisa pergi begitu aja..tp untung nya semua berjalan dengan baik, pengangkatan kista berjalan lancar walaupun 1 indung telur ku hrs d buang tp yg penting bayi ku masih kuat n sehat🤗 Kalo kista bunda masih 5cm seharus nya tidak akan berbahaya n masih da kemungkinan untuk mengecil sendiri ato biasa nya d angkat pas sekalian sesar..krn yg bahaya tuh kalau besar nya d atas 8 cm, tetap semangat bun💪💪💪

Baca lagi

Alhamdulillah masyaAllah d ksh banyak semangat bunda2 maaf ndak bisa bls satu2 ,semoga doa baiknya balik ke bunda semuanya ya trimakasih banyak.. Oh ya sy bls pertanyaan yg mayoritas d tanyakan ya bunda.. Sebelum hamil sy krg tau ada kista apa tdk, tp sepertinya tdk soalnya mens sy selalu teratur dan tdk merasakan sakit yg luar biasa, mungkin kista saya ada saat sya hamil, dan pada saat tau saya hamil memang sy sering merasa nyeri terus menerus (tapi bisa ditahan), sy juga jarang merasakan mual, mungkin morning sickness saja,masih doyan makan apapun. Yg kedua, yg tanya ukuran kantong kehamilannya sekitar 1,35cm.. Bunda2 disini memberikan energi positif kepada saya saat ini... Saya terharu.. trimkasih banyak... Jaga kesehatan ya semuanya semoga selalu dlm lindungan Allah SWT 😍🤗🙏

Baca lagi

Kontrol nya jgn sampe telat ya mbak harus tepat waktu & kalo ada maslah dikit aja harus langsung konsul, jgn ditunda2 krn blm tau kistanya jenis apa Temen saya jg ada yg positif hamil tp berdampingan dgn kista cokelat sebesar 10cm, kata dia kalo lg duduk suka teraba ada benjolan sebesar bola pingpong. Dokter udh mewanti2 jgn sampe telat kontrol utk melihat apa si kista mengganggu pertumbuhan janin ato ga. Trs kalo ada sedikit aja mslh harus langsung konsul meskipun blm waktunya kontrol. Setelah masuk TM 2 dokter bilang alhamdulillah kista ga mengganggu janin, ada pilihan mau laparoskopi di uk 5bln ato mau lahiran pake prosedur sesar biar sekalian diambil kistanya. Temen saya pilih prosedur sesar biar ga 2x operasi Alhamdulillah ibu & baby lahir selamat di bulan oktober 2018

Baca lagi

Jgn stres dan jgn dipikirkan bund,,kasusnya hampir sama sperti saya waktu hamil anak pertama,waktu tau hamil saya dan suami cek ke dokter Pas di usg dokter blg hamil diluar kandungan,degggg serrr lgsg jantung ni Akhirnya transvaginal bund,Puji Tuhan ada dedeknya Dan ternyata yg awalnya tdi dblg dokter hamil diluar kandungan itu kista bund,,tambah serrrr lgi jantungnya Hrus diobservasi dlu slma 2 mggu,klu kista makin besar hrus dioperasi krn bahaya ke janinnya,,serem ahh dengarnya,dikehmilan pertama udh dgr kata2 indah hehe😅 Dan akhirnya aq kembali lgi stelah 3bln si dedek,,dan Puji Tuhan kistanya hilang dg sendirinya Semangat bunda

Baca lagi

Saya dulu juga seperti itu bun. Saya usg usia kandungan 7 minggu baru tau kalau ada kistanya. Ukuran 5x6 cm di ovarium. Sama seperti dokter bunda, dokter saya juga menyarankan operasi di bulan 4 kehamilan jikalau kistanya membesar. Bahkan saya ganti dokter sampai 3kali dan opininya sama. Memang ada beberapa kasus, kista bisa mengecil bahkan hilang, tapi ada juga yg pecah di dalam. Kalau pecah di dalam itu akan berbahaya untuk janin. Bulan berikutnya observasi ternyata membesar 1cm Akhirnya saya dan suami memutuskan untuk operasi Bulan kemaren saya baru operasi pengangkatan kista, dan Alhamdulillah bayi saya tidak apa2. Sehat dan normal.

Baca lagi
3y ago

iya bun....

Aku waktu pertama x USG UK 6w juga dikasi tau klw ad kista ukuran 3cm..cm kata dokter ku ga mengganggu Krn ukuranny kecil,yg menggangu ukuran 7cm keatas..trs disuruh jgn bnyak difikirkan katany nanti juga hilang sendiri.. Alhamdulillah USG k 2 UK 14w baby ku sehat n kistany juga sprtiny ga dihiraukan sm dokter.trs nanya sama perawatny kistany gimana,kata perawatny semua wanita ad yg namany kista sekitar 2cm..mungkin wktu USG pertma sedang subur jadi kistany membesar. Jd sampai skrg ga pernah dipikirkan klw ad kista itu,yg penting bnyak makan makanan sehat bergizi buat Dede bayi nya. Semangat Bun.. 😉

Baca lagi