Rosenia Alma sutra profile icon
PlatinumPlatinum

Rosenia Alma sutra, Indonesia

Anggota VIP

About Rosenia Alma sutra

ibu 2 anak

Posts(72)Replies(14679)Photos(11)

LEBARAN DI KAMPUNG HALAMAN, BESERTA TRADISINYA.

Bismillahirrahmanirrahim. Assalamu'alaikum wr.wb bundaa. Alhamdulillah bunda, tidak terasa kita sudah memasuki 10 hari puasa. Gimana nih bun?untuk bunda beserta keluarga yang sedang menjalankan ibadah puasa masih semangat kan? Yaa harus semangat terus dong bun hehee πŸ˜„. Momen lebaran tahun ini sepertinya masih sama dengan lebaran tahun kemarin ya bun, kita semua masih harus merayakan hari raya lebaran ditengah-tengah pandemi, masih harus jaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan. Seperti tahun kemarin, lebaran kali ini pun pemerintah melarang masyarakat untuk mudik/pulang kampung halaman πŸ˜”. Untuk bunda beserta keluarga yg tidak bisa mudik tahun ini, tetap semangat yaa bun, tetap patuhi peraturan dan jaga kesehatan selalu yaa bun. Semoga pandemi ini segera berakhir agar semuanya dapat berjalan normal kembali πŸ€—. Untuk saya, alhamdulillah saya tinggal dikampung halaman bersama sebagian keluarga besar saya bun. Jadi, saya masih bisa berkumpul bersama sebagian keluarga saya walaupun tidak komplit bun. Rencana lebaran saya dan keluarga saya tahun ini, inshaAllah masih sama seperti tahun kemarin. Saya akan lebaran dirumah aja bersama keluarga saya yg ada disini dan menjalani tradisi lebaran seperti tahun-tahun sebelumnya. Yaitu, tetap melakukan open house untuk silaturahmi bersama keluarga dan tetangga saya dikampung bun, tetapi tidak lupa juga untuk selalu mematuhi protokol kesehatan seperti jaga jarak, menggunakan masker, dan juga menjaga kebersihan selalu. Selain itu, tradisi yg paling saya tunggu saat lebaran tiba adalah, biasanya saya beserta keluarga memakai pakaian yg kembar loh bun, seperti jadi tradisi sendiri gitu loh bun pakai pakaian serupa pada hari lebaran tuh hehee πŸ˜„πŸ˜„. Bunda beserta keluarga bunda juga begitu ga nih? Yukk coba ceritakan tradisi lebaran ala bunda dan share foto lebaran bunda beserta keluarga bunda tahun kemarin dikolom komentar yaa. Udah ga sabar nih bun untuk melewati puasa tahun ini dan menuju Hari Raya Idhul Fitri 1442 Hijriah. Bunda kalau lebaran tiba biasanya menyiapkan menu apa nih? Saya mau bikin opor ayam dan ketupat nih bun, hemm mesti enak banget nih bun 🀀. Opor ayam dan ketupat seperti menjadi ciri khas hari lebaran yaa bun hehee. Untuk bunda yg tidak bisa mudik, semoga diberi kesehatan selalu yaa. Semangat terus bundaa. Salam hangat dari saya beserta keluarga saya yaa bundaa. Wa'alaikumssalam wr.wb. #LebaranKeluargaTAP #GebyarHadiahManTAP

Read more
LEBARAN DI KAMPUNG HALAMAN, BESERTA TRADISINYA.
 profile icon
Write a reply

LEBARAN? MUDIK ATAU DIRUMAH AJA?

Bismillahirrahmanirrahim. Assalamu'alaikum wr.wb bunda-bunda semuaa. Untuk bunda beserta keluarga dirumah semoga sehat selalu ya, semoga semangat terus untuk bunda yg menjalankan ibadah puasa. Alhamdulillah ya bunda, kita sudah memasuki bulan Ramadhan, dan sudah beberapa hari ini menjalankan ibadah puasa. Walaupun masih pandemi, semoga tidak mengurangi rasa semangat kita untuk menyambut bulan suci ramadhan. Bunda, rencana lebaran bunda dan keluarga tahun ini gimana nih? Mau tetap mudik atau mau dirumah aja nih bun? Pasti lumayan bingung ya bun karena masih pandemi seperti ini. Mau mudik tp ada larangan, mau dirumah aja tapi pasti kangen keluarga di kampung πŸ˜”πŸ˜”. Tapi gpp bunda, jika tahun ini mau dirumah aja kita masih bisa silaturahmi dengan keluarga lainnya via online kok. Ngomongin rancana lebaran, tahun ini saya, suami beserta anak saya mau dirumah aja nih. Jika mau silaturahmi mungkin ke keluarga yg deket2 dulu nih bun. Untuk keluarga yg jauh mau silaturahmi via online aja bun hihii. Rencananya juga mau kumpul2 keluarga besar yg ada disini nih bun, silaturahmi, makan bersama, dan merayakan bulan suci ramadhan bersama tentunya. Eittsss, walaupun mau kumpul2 tp jangan lupa untuk tetap jaga jarak dan mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker yaa bun. Ga sabar nih bun rasanya menunggu momen Idhul Fitri, gasabar mau kumpul bersama keluarga besar yg ada disini. Bunda, mau mudik ataupun dirumah aja. Semoga kita semua diberi kelancaran dan kesehatan selalu yaa. Jangan lupa untuk selalu menyambung tali silaturahmi ya bun, ga melulu harus mudik kok bun, via online pun kita udah bisa silaturahmi bersama keluarga lainnya. Sekian ya bunda, info rencana mudik dari saya. Wa'alaikumssalam wr.wb. #LebaranKeluargaTAP #GebyarHadiahManTAP

Read more
 profile icon
Write a reply

SAYUR NANGKA MUDA BUMBU KUNING.

Assalamu'alaikum wr.wb bunda cantik. Bunda pernah makan atau masak sayur nangka muda ga nih? Tau ga sih bun kalau nangka muda mengandung serat yg tinggi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalium, zat besi, mangan, magnesium, zink dan fosfor. Selain menyehatkan tentu saja sayur nangka muda bisa menjadi pilihan bunda sebagai menu sahur agar tubuh selalu kuat dan berenergi untuk mengikuti kegiatan berpuasa seharian, atau juga bisa bunda jadikan sebagai menu buka puasa agar energi bunda dan keluarga dapat terisi kembali. Langsung aja nih bun intip resepnya dibawah ini yaa. SAYUR NANGKA MUDA BUMBU KUNING Bahan: -500g nangka muda -segenggam daun melinjo -1 liter santan encer -air secukupnya -minyak goreng secukupnya Bumbu halus: -8 siung bawang merah -5 siung bawang putih -4 butir kemiri -1 sdt ketumbar -5cm kunyit Bumbu tambahan: -1 sdm gula merah, serut -garam -penyedap rasa -2 lembar daun salam -3cm lengkuas, memarkan Cara membuat: -potong-potong nangka muda, cuci lalu tiriskan -panaskan air dan rebus nangka muda dgn api sedang hingga lunak, angkat lalu tiriskan -panaskan sedikit minyak goreng, lalu tumis bumbu halus, daun salam, dan lengkuas hingga harum -tambahkan 1 liter santan encer, dan masukan nangka muda -masukkan gula merah, garam, dan penyedap rasa sambil diaduk-aduk -biarkan hingga mendidih dan matang -koreksi rasa -sajikan Untuk lauk pauknya saya masak tahu tempe goreng seperti biasanya bun TAHU TEMPE GORENG Bahan: -tempe 1 papan -tahu 1 plastik Bumbu cair: -3 siung bawang putih -1 sdm ketumbar -1 sdm garam -air secukupnya Cara membuat: -potong-potong tahu dan tempe sesuai selera -masukkan kedalam bumbu cair -panaskan minyak goreng, lalu goreng tahu dan tempe hingga matang, angkat lalu tiriskan -sajikan Selain enak dan lezat, sayur nangka muda memiliki banyak manfaat untuk kita loh bun. Manfaatnya seperti: -meningkatkan imunitas tubuh -mengatur tekanan darah -menguatkan tulang -mengurangi resiko diabetes -menyembuhkan insomnia -untuk kesehatan mata dan kulit Masa sih bun gamau masukin menu sayur nangka muda kedalam daftar menu sahur dan buka puasa selama bulan Ramadhan? Yuk dicoba bunn, semoga bermanfaat ya bunda. Wa'alaikumsalam wr.wb. #ResepRamadanTAP #GebyarHadiahManTAP

Read more
SAYUR NANGKA MUDA BUMBU KUNING.
VIP Member
 profile icon
Write a reply

KUE PANCONG.

Assalamu'alaikum wr.wb bunda semuaa. Bun, bunda suka ga sih berbuka puasa dengan yang manis-manis? Tidak hanya dengan minuman yg manis tetapi juga dengan makanan yg manis juga. Ngomongin tentang yang manis-manis, bunda pernah ga nih makan KUE PANCONG? Iya bun Kue Pancong, kue pancong merupakan jajanan tradisional loh bun. Selain rasa manis, terdapat juga rasa gurih dari penggunaan santan. Bunda ingin coba buat kue pancong sendiri dirumah ga nih? Saya mau bagi-bagi resepnya loh. Kue pancong bisa bunda jadikan sebagai makanan manis untuk mengawali buka puasa bunda bersama keluarga loh, atau juga bisa bunda jadikan sebagai ide bisnis kok. KUE PANCONG (35 buah) Bahan: -3 butir telur -100g gula pasir -1/2 sdt garam -200g tepung terigu protein sedang -1 sdt baking powder -25ml santan kental instan -125ml air soda tawar -2 sdm margarin, lelehkan Cara membuat: -kocok telur, gula, dan garam sampai mengembang -ayak tepung terigu dan baking powder kedalam adonan, kocok perlahan -masukkan santan dan air soda tawar, aduk rata, tambahkan margarin, kocok sampai adonan menyatu -siapkan cetakan kue pancong, olesi dengan margarin dan panaskan -tuangkan adonan kedalam cetakan, tutup cetakan. Masak adonan hingga matang lalu angkat -tambahkan topping sesuai selera, kali ini saya pakai meses coklat ya bun Yukk bun langsung dicoba resep kue pancong'nya. Enak dan lembut loh bun. Apalagi kalau bunda bikin setengah matang jadi lumerrr dimulut. Hemmm, bikin ngiler ga sih bun?? Sekian ya bunda resep dari saya kali ini, siapa tau nih resepnya bisa bermanfaat buat bunda coba dirumah. Wa'alaikumsalam wr.wb. #ResepRamadanTAP #GebyarHadiahManTAP

Read more
KUE PANCONG.
VIP Member
 profile icon
Write a reply

SAYUR LODEH PEPAYA MUDA.

Assalamu'alaikum wr.wb bundaa. Bunda pernah ga sih masak sayur LODEH? Sayur lodeh sepertinya merupakan masakan yg sering disajikan di meja makan keluarga Indonesia ya bun. Sayur lodeh bisa bunda jadikan sebagai salah satu menu untuk sahur maupun buka puasa. Kali ini saya ingin berbagi resep SAYUR LODEH PEPAYA MUDA. Bahannya mudah ditemukan dan cara masaknya pun gampang loh bun. Mari langsung intip resepnya dibawah ini ya bun. SAYUR LODEH PEPAYA MUDA Bahan: -pepaya muda ukuran sedang -1L santan encer -air secukupnya -minyak goreng Bumbu halus: -7 butir bawang merah -5 butir bawang putih -10 biji cabai rawit (sesuai selera) -5cm kunyit -4 buah kemiri -1 sdm ketumbar -1 sdm minyak goreng (agar bahan yg diblender cepat halus) Bumbu lain: -garam -gula -penyedap rasa (royco) -2 lembar daun salam -5cm lengkuas, memarkan Cara membuat: -kupas pepaya muda, serut/parut, beri sedikit garam lalu remas-remas -panaskan sedikit minyak, lalu tumis bumbu halus, lengkuas, dan daun salam sampai harum -tuangkan santan dan masukkan pepaya muda -tambahkan air secukupnya -tambahkan bumbu lain seperti gula, garam, dan penyedap rasa secukupnya -koreksi rasa, masak hingga matang -sajikan Sebagai lauk pelengkap saya juga masak tempe dan tahu goreng nih bun. TAHU TEMPE GORENG Bahan: -1 papan tempe -1 plastik tahu putih Bumbu cair: -3 siung bawang putih -1 sdm ketumbar -1 sdm garam -air secukupnya Cara membuat: -potong tempe dan tahu sesuai selera -masukkan ke bumbu yg sudah disiapkan -panaskan minyak goreng -goreng tempe dan tahu hingga matang -angkat lalu tiriskan Ngiler ga nih bun sama sayur lodeh pepaya muda? Bisa nih bunda jadikan salah satu resep menu sahur maupun menu buka puasa untuk keluarga dirumah. Selamat mencoba bunda-bunda cantik. Wa'alaikumsalam wr.wb. #ResepRamadanTAP #GebyarHadiahManTAP

Read more
SAYUR LODEH PEPAYA MUDA.
 profile icon
Write a reply

TUMIS SAWI PUTIH+TAHU.

Assalamu'alaikum wr.wb bunda-bunda cantik. Ga terasa ya bun tinggal beberapa hari lg kita udah memasuki bulan puasa. Bunda pasti semangat dong untuk menyambut bulan puasa? Harus semangat dong bun. Saya mau berbagi resep simpel lagi nih bun, resep sederhana tapi enak yang bisa bunda jadikan sebagai menu sahur maupun menu buka puasa. Kali ini menunya TUMIS SAWI PUTIH+TAHU. Kayanya kebanyakan menu yg saya bagikan itu menu tumis-tumisan ya bun hehee. Gimana lagi bun, menu tumis tuh masaknya mudah dan ga ribet loh bun, jadi suka aja gitu masaknya. Langsung intip bahan dan cara masaknya dibawah ini ya bundaa. TUMIS SAWI PUTIH+TAHU Bahan: -sawi putih -tahu putih -tomat 1 buah, cuci bersih lalu potong-potong -minyak goreng -air Bumbu: -bawang merah 7 siung, iris halus -bawang putih 4 siung, iris halus -cabai rawit 10 (saya suka pedes), iris serong -daun salam 2 lembar -gula -garam -lada -penyedap rasa (royco) -kecap Cara membuat: -potong kecil-kecil tahu putih, panaskan minyak goreng, goreng tahu hingga setengah matang, angkat lalu tiriskan -potong-potong sawi putih, cuci bersih, tiriskan -panaskan sedikit minyak goreng -tumis duo bawang, cabai, dan daun salam hingga harum -masukkan sawi putih dan tahu putih -tambahkan sedikit air -tambahkan gula, garam, lada, penyedap rasa, dan kecap secukupnya -koreksi rasa, masukkan potongan tomat dan tumis hingga matang -pindahkan kewadah dan sajikan Mudah sekali kan bun kalau masak yg namanya tumis itu? Apalagi dengan bahan-bahan yang simpel tapi tetap lezat dan bergizi tentunya. Cocok pokoknya bila dijadikan menu sahur maupun menu buka puasa untuk bunda beserta keluarga dirumah. Sehat selalu ya bun, tetap semangat untuk menyambut bulan puasa. Wa'alaikumsalam wr.wb. #ResepRamadanTAP #GebyarHadiahManTAP

Read more
TUMIS SAWI PUTIH+TAHU.
 profile icon
Write a reply

MIE KUAH.

Assalamu'alaikum wr.wb. Haloo bundaa. Sehat-sehat kan bun? Jangan bosen-bosen ya bunda sama postingan saya ini hehee pisss πŸ˜…πŸ˜…. Bunda pernah ga sih sahur pakai mie? Entah itu mie goreng atau mie kuah. Tapi, kayanya kebanyakan pakai mie goreng+nasi ya bun yaa hehee. Gpp kok bun kalau bener2 lg males masak buat sahur sekali-kali pakai yg instan seperti mie goreng atau mie kuah, penting jgn sering-sering ya bun. Saya itu setiap masak mie, mau itu mie kuah ataupun mie goreng pasti ditambahi sama sayuran dan telur bun, bunda gitu juga ga sih? Karena apa bun? Biar ada gizi dan nutrisinya tentunya bun. Dannn, saya maupun keluarga saya itu bisa dibilang jarang sekali makan mie loh bunn, paling sebulan hanya bbrp kali saja. Kali ini saya mau bagi resep MIE KUAH. Ini nih bun resep Mie Kuah ala saya. MIE KUAH Bahan-bahan: -mie goreng instan (saya pakai mie Sedaap) -sawi, potong-potong, cuci bersih lalu tiriskan -telur ayam 1 Bumbu: -duo bawang, iris halus -cabai rawit 5, potong2 -bumbu lain seperti garam, penyedap rasa(royco), dan kecap manis -air secukupnya -minyak secukupnya Cara membuat: -rebus mie, lalu tiriskan -panaskan minyak, tumis duo bawang dan cabai rawit sampai harum -tambahkan telur dan tumis sebentar -tambahkan air, tunggu hingga mendidih -apabila air sudah mendidih masukan sawi, lalu tunggu hingga sawi matang -masukan mie -lalu tambahkan bumbu mie, garam, penyedap rasa, dan kecap manis secukupnya -koreksi rasa, lalu angkat -pindahkan ke mangkuk Bisa nih bun sahur dengan mie kuah ditemani dengah secangkir teh hangat. Yukk bun, kita saling tukar resep menu masakan sederhana untuk sahur ataupun buka puasa. Salam hangat dari saya ya bunda-bunda semuanyaa. Semoga bunda semuanya beserta keluarga sehat-sehat dan selalu berada dalam lindungan Allah SWT. Kita ketemu diresep selanjutnya ya bunda-bunda semuanyaa πŸ˜™πŸ˜™ Wa'alaikumussalam wr.wb. #ResepRamadanTAP #GebyarHadiahManTAP

Read more
MIE KUAH.
 profile icon
Write a reply

BUBUR MUTIARA.

Assalamu'alaikum wr.wb bunda semuanyaa. Bunda, saya pengen berbagi resep yg manis-manis seger nihh bun kali ini. Yaitu "BUBUR MUTIARA". Bunda-bunda pasti udah pernah makan bubur mutiara dong yaa. Selain bahannya mudah dicari, cara masaknya pun gampang banget loh bunn. Menu satu ini bisa banget untuk menemani buka puasa bunda dan keluarga dirumah loh. Bahkan, bisa bunda jadikan untuk ide bisnis jualan takjil selama bulan puasa loh. Gimana bun? Ingin mencoba kah? Yukk, langsung kepoin resepnya dibawah ini ya bun. BUBUR MUTIARA Bahan: -1 bungkus sagu mutiara cap kucing (100g) -100g gula pasir -1500ml air -2 lembar daun pandan, simpulkan Cara membuat: -rebus air, gula, dan daun pandan -setelah mendidih masukkan sagu mutiara -rebus selama 10 menit -matikan api, tutup panci dan biarkan selama 30 menit -setelah 30 menit nyalakan kembali kompor dan masak mutiara hingga menjadi transparan yang menandakan mutiara sudah matang KUAH SANTAN Bahan: -setengah buah kelapa diparut (bisa pakai santan kemasan) -300ml air -1 lembar daun pandan, simpulkan -1/2 sdt garam Cara membuat: -campurkan kelapa parut dan air, remas-remas lalu saring -rebus santan, daun pandan, dan garam -tunggu hingga mendidih sambil sesekali diaduk -koreksi rasa Jika ingin disantap tinggal taruh bubur mutiara dalam mangkuk lalu siram dengan kuah santannya ya bun, ditambah es lebih nikmat lagi untuk berbuka puasa nih bun. Mudah sekali kan bun cara buatnya? Sekian ya bunda untuk resep kali ini, nanti kita lanjut lg ke resep selanjutnya hehee. Wa'alaikumussalam wr.wb. #ResepRamadanTAP #GebyarHadiahManTAP

Read more
BUBUR MUTIARA.
 profile icon
Write a reply
 profile icon
Write a reply