Bayi kuning

Yg pernah mengalaminya tolong share gelisah bgt ๐Ÿ˜ญ, karna bayi kuning tinggal telapak tangan + telapak kaki aja yg msh putih bagian mata udh kuning 2 hari kemarin mata nya keluar kotoran (warna kuning cerah) knp ya? Atau mungkin itu bagus krna lg keluarin penyakit kuning nya? ? tapi 4 hari setelah lahiran BB bayi naik 2 ons bab nya bagus warna kuning (berbiji)

37 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

Ibu Novi apakah sudah pernah cek lab utk bilirubin bayinya? Bayi saya juga kuning pasca dilahirkan juga memiliki keluhan yang hampir sama dgn bayi Ibu Novi, saat dicek lab ternyata baru diketahui hiperbilirubin 12,8 mg/dL dimana normalnya <12,00 mg/dL. Penanganannya tidak cukup hanya dgn gempur ASI dan dijemur saja, melainkan harus di photo-therapy dimana bayi akan disinar minimal 2x24 jam dgn tujuan agar bayi ber-sekresi dan ekskresi melalui keringat, urine dan feses kotoran dan zat yg tdk diperlukan tubuh.

Baca lagi

itu mh udh sebadan atuh bu klo cuma telapak kaki dan tangan yg putih lah kita org gede aja sama,dulu baby ku sempet kuning,pas kontrol bidan stlh lahiran d cek pula bayiku dan sekalian cek lab bilirubin nya sempet naik yg hrs nya 1 tp ini jd 1.5 pdhl yg kuning cuma bagian mata langit" mulut sm tangan aja tp skrg udh 18hr Alhamdulillah sehat segera periksa bu takut nya lebih tinggi dr anak ku soal nya itu udh sebadan jg

Baca lagi

bawa ke RS, cek lab sehingga diketahui kadar bilirubinnya berapa, biar dokter yang memutuskan apakah cukup jemur & gempur asi di rumah saja atau diharuskan fototerapi di RS. Kalo hanya ikutin saran ibu2 untuk jemur rumah saja, takutnya kadar bilirubin anak ibu sangat tinggi krna udah sampe tangan & kaki kuningnya. Bahaya jika dibiarkan akan beresiko kerusakan otak secara permanen, itu yg DSA saya katakan.

Baca lagi
VIP Member

Paling manjur bwt ilangin kuning baby emng di jemur, bund.. Kalo anak saya dulu lahir bln desember g ada panas alias mendung terus.. Cuman bisa gempur asi bnyk".. Klo dia g bangun saya towel" terus.. Pkonya sampe dia bangun.. Karena sumber vit. D ada ny klo g dr sinar matahari langsung y di Asi kita, bund..

Baca lagi
3y ago

Fee@ nah balik lg saya tekan kan, monggo bunda berikan saran ke bunda TS yg lebih membutuhkan.. Kan lebih berfaedah. Karena saya jg share pengalaman saya. Jadi ilmu ny lebih kepake. Cukup di situ aja siy intinya. Jd ngg perlu panjang kali lebar begini๐Ÿ˜‚

Anak sya seminggu yg lalu jga kuning bun, bilirubin 13,5 akhirnya sma dokter di suruh fototerapi selama 2x24 jam, Alhamdulillah setelah fototerapi turun jdi 7,3 skrg tggl jemur dan gempur asi, sebaiknya bawa ke dsa ya bun, biar di cek bilirubinya.. Klo ada bpjs mending pake bpjs bun, Alhamdulillah sya kmrin gratis

Baca lagi
3y ago

Sama, saya juga 2020 lalu anak fototerapi 3 hari ditanggung BPJS full

dicek labor ke rs aja. kalo kadar bilirubinnya tinggi bgt bisa dirawat. bahaya juga kalo ga segera ditangani efeknya nanti keperkembangan bayi. obat kuning bukan dijemur tapi di fototeraphi dan asi yg cukup. kalo dijemur itu bagus buat tulang. kalo disuruh dirawat paling 2-3hari mudah2an cepet sehat.

Baca lagi
VIP Member

anak sy pernah mengalami kuning bbrp bagian aja sampai 3minggu stlah lahir, pdhl rutin jemur & nen teratur, cuma rongga mulut, mata sama dada. waktu imunisasi BCG bidannya bilang gpp, karena anak sy lahir prematur 36w, organnya belum matang sempurna. coba cek ke DSA aja biar lbh pasti Bu.

Baca lagi

anak sya kemaren juga gitu bun, kuning nya cma d bagian mata, wajah, sma dada itu pun pas cek lab kadar bilirubin nya uda 12 mending bunda ke Dsa takut nya bilirubin adek nya lebih tinggi, krena bahaya klu uda tinggi banget dan klu hnya di jemur dan d gempur asi kurang cukup

anak saya kemaren juga gitu bun, kontrol k rs sama dsa d kasih vit suruh jemur+gempur asi/sufor. sempet panik juga soalnya mata juga kuning dan bb tidak naik malah, dikasih waktu 1 minggu lagi buat kontrol lg, alhamdulillah pas k rs lagi udah normal. sekarang udah umur 1 bulan.

3y ago

iya bund dokter spesialis anak, aku ke 2 dokter anak malah 1 ya bilang semua anak yang baru lahir itu 2 minggu pertama pasti kuning tapi kalo setelah itu tetap kuning brati anaknya sakit harus diobservasi. harus telaten bund, anak yang kuning biasanya tidur susah bangun kita harus semangat ngasih mimi dibangunin tiap 2 jam.

digempor asi bun sama rajin dijemur 10-15 menit, kmren anak saya sempet naik bilirubinnya krna tidur trus jadi asinya malas harusnya 1- 2 jam sekali di susuin, tp saya bisa 4-5 jam trgantung anak bangun, bgtu saya gempor asi Alhamdulillah 2 hari matanya bersih bun