Selisih anak

Selisih 19bln penuh kerempongan dan yg rewel si kakakx Anak bunda selisih berapa bulan dan yg rewel si adek atau kakak Dan tips ngatasinya gimana bun soalnya yg sering mengalah si adek #bantusharing

Selisih anak
58 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

saya selisih 16 bulan untuk anak ke3 dan ke4,, walaupun adeknya blm launching sih tinggal menghitung hari.. tapi udh tau pasti kakak akan lebih minta perhatian. ada tahapan sibling rivalry yaitu rasa cemburu akan kehadiran adik. Kakak sudah punya emosi, sementara adik belum. Karena itu treatment saya waktu anak pertama dan ke dua, setelah anak kedua lahir, saya cari kakaknya dulu dan memeluknya lama2. Bahkan saya berikan peluk gendong karena selama hamil adek si kakak jadi berkurang gendongnya. waktu anak ke tiga lahir pun, saya berikan special day untuk kakak2nya yaitu satu hari untuk berduaan aja. Misalnya kakak 1 special day nya hari senin. Maka hari senin itu saya ajak kakak jajan bakso depan komplek. Lalu kakak ke 2 special day di hari selasa, saya ajak dia ke mini market untuk beli cemilan, dst sampai mereka juga sudah nyaman dengan kehadiran adiknya.

Baca lagi
1y ago

dulu waktu anak 1 masih umur 3 tahun adiknya udh lahir.. semua orang jenguk adik dan bawa kado buat si adik. Disitu saya kasian sama kakak, karena yang tadinya semua perhatian tercurah ke kakak tiba2 harus terbagi. Disitu saya titip kado ke nenek, agar diberikan ke kakak dengan ucapan "selamat ya udah jadi kakak". Saya anggap anak 1 saya sudah mendapatkan prestasi. Prestasinya menjaga saya saat saya hamil, mengusap perut saya semasa masih hamil adiknya, menciumi, bahkan tahan untuk tidak digendong. Hal itu yang bikin saya terdorong untuk mengucapkan terima kasih dan apresiasi segala pengorbanannya. Tapi liat umur juga yah bun, saat lahiran anak ke3 kemarin, si kakak 1 udh usia 8 tahun, kakak 2 udh umuran 5 tahun jadi treatment awal kelahiran adiknyanya cukup dengan ucapan dan terima kasih.. semoga kita semua dikaruniai anak sholeh / sholehah aamiin..

Iparku kalau gak khilaf silisih 16 bulan antara anak pertama dan kedua, kakaknya suka mukul adeknya, sekarang kakaknya udah 2 tahunan. Tapi kalau aku lagi ke ke sana atau mereka main ke rumah, aku selalu arahin kakaknya kalau adeknya di syg gak boleh di pukul, lama2 kakaknya ngerti kok. Pernah ikut parenting walau aku belum punya baby, katanya "Jangan mengaggap anak itu paham sesuatu jika kita belum menjelaskan". Aku ndak pernah salahkan uminya karena aku udah lihat gimana repotnya dia urus 2 anak sekaligus, jadi kalau pergi jalan sama2, kedua anaknya dimomong sama aku dan suami biar dia bisa quality time sama suaminya. Pokoknya salut sama bunda2 yg jarak anaknya berdekatan, bener2 the power of emak2. Sehat selalu bunda2 tangguh.

Baca lagi

smoga anakku besok bisa sama2 saling ngertiin ya bun,,,kayaknya bakal ngalamin sama,,,bentar lagi saya mau lahiran hpl akhir desember,,,si kakak 22 bln skrg manja bgt,maunya sama bpk&ibunya aja.munkin slama ini pingin apapun hrs kturutan,dr bayi minta apapun gk bisa d tunda2.ni aja gk bisa d sapih asi.z agak jarang , klo main sih gk minta,minta sufor pake cup sdot.itu katanya pingn d perhatikan lebih,,kdang yg udah umur 4th aja masih cemburuan.apalagi blm ada 2th bun,d kasih perngertian,souding dg lembut&kasih sayang satu2'y jalan.emang hrs sabar bgt sih bun,udh resiko punya anak lbih dr 1,yg ikhlas bun.

Baca lagi
1y ago

iya bun makasih semoga lahirannya dilancarkan ya bun

anak ku yg 1 umur 19bln dan saya hamil 29/30week . hpl nya pertengahan januari . belom tau se entah adik nya nanti lahir apakah dia cemburu / gugh . hanya saja skg lebih nempel ama saya si kakak lebih senang apabila perut saya keliatan dan dia lebih suka gelitik di pusar(udel) . padahal sebenar nya dia tau klo tetek saya sdh tdk keluar asi tetapi dia tetep aja ngempeng . alhamdulillah nya adik nya yg di dlm perut ngerti ( saat di empeng kakak nya , dia tdk menimbulkan kontraksi kenceng** kayaknya adik e ngalah gitu )

Baca lagi

Kalo aku baca2 yaa pasti yg ngalah adiknya, karna adiknya belum tau apa2 cuma tau minum susu aja kalo lg laper, beda sama kakaknya yg udh punya emosi, ingin di perhatiin dll. Makannya psikolog anak nyuruh kita fokus sama kakaknya, penuhin kebutuhan kakaknya dan kalo mau pegang adik atas izin kakaknya, supaya kakaknya gak cemburu dan ngerasa kehilangan kita. Akupun masih banyak belajar sihh, ini lg hamil anak ke 2 kakaknya umur 3tahun. Belum tau nanti waktu adiknya lahir gmna hehehe

Baca lagi
1y ago

Sama sama bund 🤗 sama sama belajar ngadepin anak 2 hehee

q malah tetangga yang kaya gitu. waktu itu kknya umur 2 bulan si ibu hamil lagi. dan sekarang udah lahir siade'nya. kan si kk lagi aktif2nya. pas itu lagi asik si kk nonton tv Ama ayahnya. ibunya lagi masak. eh tau2 si kk hilang dari pandangan si ayah. heboh dah pada nyariin. tau tak dimana??? ternyata si kk lagi dikamar Ama si ade' yang masih balita trus muka si ade' yang lagi tidur dibuatnya untuk main mobil2lan🤦 untung ktnya ade'nya tidak kebangun. kata tetanggaku pokoknya riweh tapi lucu.

Baca lagi
1y ago

ya iya di cariinnya didalem rumah. tapisiortu ga' nyangka aja klau si kk bakal masuk kekamar adik. jadi sebelumnya nyariin di ruang tamu..

Anak pertama keduaku selisih 1,5tahun , anak kedua ketiga selisih 2,5tahun , anak ketiga & keempat selisih 2tahun Saat hamil keempat anakku yg ketiga super manja bgt nemplok sm mama nya trs semet takut pas lahir adeknya nnti gmn takut makin manja eh ternyata mandiri sdh ga manja lg pas adeknya lahir krna dr anak pertama kedua laki2 smua pd mandiri pny adek baru & skrg pd akur main brg syg brg kaka beradik meski kdg suka brantem & rebutan mainan

Baca lagi

selisih 21bulan tapi yang lebih rewel kakak nya, adik nangis ikut nangis, adik nyusu ikut nyusu, adik mandi ikut mandi hufttt adik harus banyak ngalah sementara ini karena masih bayi juga kan, tapi jujur mama nya kewalahan karena si kakak lebih over dalam segala hal, hal sepele pun akan jadi drama besar buat dia tapi dinikmati aja bun kalau udah besar belum tentu mau nempel terus tiap waktu hihihi semangat bundaaa

Baca lagi
1y ago

iya bener2 bun semangat bunda

anak ku jg beda 18bln aja bu. yg lebih kolokan kka nya(karena dya kn udh ngerti ya) kl ade nya kn blm ngerti. Tp karena sekarang ade nya jg udh ngerti, ya mereka jd sering rebutan mamah nya ( saling caper wkwkwk 😁). kl saya ngatasi nya yg pasti 22nya saya ladenin. ga ada yg sruh ngalah(tkut nya jd iri"an). akhirnya sekarang anak ku apa" hrus barengan 😁 bahkan mandi pun mau nya ber2 ga mau kl sendri".

Baca lagi
1y ago

senengnya bun semoga anak ku juga bisa gitu bun

anak pertama saya 15 bulan bun, sedangkan adek nya bru 1 bulan, masya allah rasanya nikmat sekali bun, abang nya cemburuan trs harus d awasi bener2 gk bisa lengah sedikit, adek nya d pukul lah, tangan/kaki nya d tarik lah, masih banyak lg bun harus banyak2 stok sabar. adek nya ma ngalah trs karna saya takut abang nya merasa gk d sayang lg karna punya adek.

Baca lagi
1y ago

sama banget bun harus ngasih pengertian sambil disayang2 di kakak