mual muntah parah

salam kenal semua.... plis sharing donk siapa yg pas hamil ngalamin mual muntah sampe dehidrasi ?? tipsnya apa ya buat ngurangin mulmun ? udah ke bidan dikasih obat tapi gak ketelen itu obatnya keluar lagi :( takut janinnya kurang nutrisi huhu

19 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

sabar ya mam I feel you banget. bawaannya lemes, bangun dikit mual. kadang pusing berlebih entah karna terlalu sering tidur atau efek darah rendah atau efek lain kehamilan. minum air putih makin mual, di paksa lebih mual. minum obat mual. campur aduk ya mam rasanya 😔 hamil ketiga saya juga ekstra kewalahan di TM1. hampir malnutrisi dan dehidrasi akut di minta untuk dirawat inap. untungnya belum sempat dirawat, masih coba bertahan di rumah. aku Ada 2 anak karna hidup mandiri, harus tetap jaga anak2 😌 kehamilan ketiga saya mual muntah parah, asam lambung+maag tinggi, darah rendah berulang 90/80. dokter minta saya cari asupan ternyaman tidak perlu terbaik yg penting masuk. saya di minta makan minimal 2 sendok makan setiap setengah jam sekali. asupan yg berhasil di saya, buah dingin, biskuit regal, telur rebus/goreng tanpa nasi, sup2an, sayur asam, koko crunch tanpa nasi, pisang goreng saya tambahkan keju, ubi goreng dll. saya tidak bs makan nasi dan tidak tolerir roti dan mie (bukan instant ya) (karna asam lambung+maag) untuk asupan cairan saya minum apapun yg dingin manis atau air dingin biasa. kata dokter lebih baik drpd ga ada asupan sama sekali dan gula bisa membantu tambahan energi. tp air yg masuk apapun boleh selain teh, coklat, kopi, alcohol dan soda. saya minum jus buah dingin (saya hanya doyan jus melon/alpukat/jeruk), es kelapa, es teler, es campur, air es botolan, es sirup atau lainnya yg dingin. saya tidak tolerir susu hamil/uht/sufor bikin mual muntah sangat parah walau dipaksa berbagai cara. alhamdulillah di TM2 sudah mulai nyaman hanya beberapa asupan masih belum tolerir masih Ada efek mual muntah walau tidak separah awal TM1. semangat ya mama. insyaallah sebentar lg membaik ☺

Baca lagi
2y ago

sama2 semangat ya 😊😊😊

makan makanan yg ga terlalu strong dan mudah dicerna, porsi sedikit tp sering. di saya dulu makan bubur ayam lumayan ga muntah. klo siang nasi yang lemes sm lauk. sore ganti jus buah. tetep paksa makan meski pasti muntah lagi,ga saya tahan tahan. sampe pembuluh darah di mata pecah hehe. masuk 13w Alhamdulillah reda

Baca lagi
2y ago

sama sama, semangat melewati setiap fasenya ya bun ❤

kalau aku sama dokter suruh makan es cream buat nambah nutrisi.. dokter juga bilang jangan takut gede dulu bayiny masih tm1 masih aman... makan tetep aku walaupun keluar semua.. cuma iy itu bun aku makanin es crema

2y ago

bener sih bun yang poenting mah ada makanan yg masuk yah dari pada kosong kasian janinnya dan takut dehidrasi sih.. skg sih lagi coba prenagen emesis bun buat ngatasin mual muntahnya

aku dulu karena saking parahnya disuruh minum manis sama bidan tiap kali berasa mualnya. ga boleh makan asem kaya rujak. walaupun itu enak tp itu juga yg bikin udahannya makin makin bun.

2y ago

ada obat mual tp ga ngaruh. jadi aku minum sirup pas lg jam jam mual parah. dan alhamdulillah cukup mengurangi bun

minum hydromama bun.. aku dulu sampe diinfus krna muntah2 sehari bs 10-15 kali...gakuat berdiri bener2 lemes. akhirnya disaranin tmn minum itu, Alhamdulillah muntah berkurang jd seger

2y ago

akupun kadang bs gamakan dan minum seharian krn emg muntah nya bikin takut duluan. kadang mikir si utun gmn ya kasian, tp satu sisi emg gabs nerima itu semua. insyaallah dede nya ga knp2 ya Bun ttp sehat, dd nya pinter ngertiin mm nya yaa. sehat terus bun..

makan atau minum yang asem2 bun buat ngurangin mual dan enek. atau bunda suka minum susu ga ? kalo suka minum susu bisa coba minum prenagen emesis bun itu khusus buat mualmuntah

2y ago

iyah bun skg sih lagi minum susu itu, lumayan ngaruh sih buat ngurangin mual muntah

saya pernah bunda... apalagi pas awal2 kehamilan dl itu.. trs saya d rekomendasiin prenagen emesis, itu bagus bun ternyata buat yg lg hamil tapi mual muntah gt bun.

2y ago

iyaah bun bener bgt, skg juga lagi rutinin minum susu itu.. bagus yah ternyata tinggi vit b6 sama protein jadi bisa ngurangin mual muntah

aku minum pocari kalo gak kelapa muda buat ngatasin dehidrasi dan mengurangi mual muntah. makanan pure buah buahan terus selama tm 1.

2y ago

enak masih bisa minum susu. aku semenjak mual muntah sampe sekarang masuk tm 2 masih gak bisa minum susu

cb bkin wedang jahe+gula Jawa bund, enak kok.. itu ampuh sich d saya waktu mulmun parah, semoga membantu 😊

2y ago

siaap bunda makasih banyak infonya ya bun :)

sama kayak saya bun muntah mual nya parah bahkan sampai sekarang udah 6bln hamil masih aja apalagi pagi pagi

2y ago

iyahh kalo udah mual muntah tuh gak nyaman bgt.. minum obat juga enek bgt rasanya kalo nelen pil tuh... skg sih masih dibantu susu aja buat ngurangin mual nya.. kalo bunda gmn ngurangin mual muntahnya ?