Eva widianingsih profile icon
PlatinumPlatinum

Eva widianingsih, Indonesia

Kontributor

About Eva widianingsih

mamanya Milan

Posts(11)
Replies(147)
Articles(0)

Seputar KB

Hai bundaa, aku ada beberapa pertanyaan lagi nih, padahal beberapa bulan lalu udah banyak nanya hehehehe 🙏🙏 Jadi gini, 1 minggu lagi anakku Milan mau imunisasi.. dan 2 minggu lagi aku mau perjalanan jauh dari Jawa Timur ke Bali ikut suami, butuh waktu kira² 14 jam nyampe sana. Rencananya sebelum ke Bali, aku mau KB dulu bun, baru pertama kali KB. Nah tapi kata makmertua klo udah KB itu rasa asi nya jadi beda. Pertanyaanku : 1. Apa benar KB bikin asi jadi beda? Entah dari kualitas (rasa) atau kuantitas (banyak dikitnya)? 2. Milan umur 5 bulan, diperjalanan pasti bakal ada drama rewel, nah takutnya jadi makin rewel karena asi ku gaenak setelah KB. Menurut bunda² aku harus KB kapan bun? 3. Kalau KB sebelum imunisasi pun sama, takutnya Milan jadi demam karena disuntik DPT 2 dan jadi rewel terus makin rewel karena asiku gaenak karena efek KB itu tadi. Jadi menurut bunda aku KB kapan? 4. Sebelum hamil, aku sempat nunggu 1,5 tahun baru hamil, dokter bilang sih aku ada endometriosis. Nah untuk yang pernah didiagnosa endometriosis atau sejenisnya, sekarang dah punya anak terus bunda KB gak? Kira² bakal nunggu lama lagi gak sih klo mau punya anak lagi? 5. Untuk bunda² yang KB suntik 3 bulan, ada efek apa aja yang bunda rasain? Aku rencana mau KB jenis ini, tapi karena ada 4 pertanyaan sebelumnya jadi masih maju mundur nih hehe.. Jadi tolong dijawab ya bundaa, yang ga punya pengalaman tentang pertanyaanku juga bisa jawab klo mau kasih saran, makasih jawabannya yaa ☺️ #bantusharing #ingintahu #bantujawab #seputarKB

Read more
 profile icon
Write a reply

Kontra MPASI DINI

Bunda bundaaaa aku mau curhat dan mungkin bisa dibilang ngeluh. Jadi kekhawatiran aku beberapa bulan lalu tentang mertua yg bakal ngasih makan anakku itu beneran akan kejadian. Usia anakku 26 hari, tapi baru seminggu ini (setelah aqiqah) dia suka bangun tengah malam alias begadang, subuh baru bisa bobo lagi. Nah mertuaku hampir tiap hari slalu bilang "dia lapar", "asimu kurang untuk dedenya", "ada bubur bayi dikasih orang2 banyak daripada mubazir keburu kadaluarsa", "mama punya pisang dibelakang rumah besok tak ambil biar bisa buat ganjel isi perut dede" dll yg bikin aku ga tenang bgt takut klo pas aku tidur dikasih makan. FYI aku org jawa, aturan disini masih adil bgt. Untuk ibu pasca melahirkan seperti aku masih banyak pantangan, ini yg berkaitan : - gaboleh tidur siang, boleh tidur setelah adzan maghrib (jadi anakku dijaga mertua sama nenek klo malem pas aku tidur, aku dibangunin klo mau nyusuin aja), setelah dikasih asi klo blm tidur ya digendong mertua / nenek. - klo mlm gaboleh makan, jadi terakhir makan jam 5 sore, nah mungkin karna aku ga masuk asupan apapun jadi asiku seret klo mlm. Di satu sisi aku bersyukur punya mertua dan nenek yg masih muda, jadi bisa bantuin jaga pas aku lg istirahat, tapi tiap pagi mereka selalu cerita ke dukun bayi yg biasa mandiin anakku. FYI lagi, mertuaku pake jasa dukun bayi deket rumah buat mandiin anakku, lagi2 karna udah aturan disini sih. Nah jadi tiap tu dukun dateng mandiin, pasti mertua curhatnya tentang anakku yg klo malem "sudah pasti" begadang. Awalnya tu dukun pro sama dokter sekarang yg ga ngebolehin bayi dibawah 6bln JANGAN DIKASIH MAKAN SELAIN ASI / SUFOR. Tapi mungkin karna kasihan tiap hari denger mertua ceritain anakku yg susah tidur, ternyata dukunnya bilang "coba kasih bubur sun yg rasa pisang, itu teksturnya lembut, daripada nasi." Tapi dia bilang pas aku lg mandi, aku taunya karna sabun dikamar mandi dah kecil jadi aku balik lagi ambil sabun, trus denger obrolan itu. Tapi aku pura2 ga denger. Waktu dia bilang gitu aku ngerasa mo nangis bun, bayi selucu ini mau dikasih makan, diem2 pula. Aku harus gimana bun 😞 Klo emang nyatanya asiku ga cukup untuk anakku, apa boleh aku kasih sufor klo malem aja biar dia kenyang? Klo siang tetep asi aku. Tapi apa ada efeknya untuk anakku? Tolong bantu jawab bun, stres bgt mikirin masalah beginian.. #seriusnanya #bantusharing #pleasehelp #firstbaby

Read more
Kontra MPASI DINI
 profile icon
Write a reply

Banyak Pertanyaan

Halo para bunda sekalian, aku punya banyak pertanyaan nih, sebelumnya dah tanya dokter, tapi aku nanya lagi karna mau cari perbandingan alias second opinion antara dokter sama bunda², karna aku bukan cuma butuh jawaban, tapi juga cerita pengalaman jadi tolong dibantu 🙏 1. Aku pengen lahiran normal, tapi aku ada ambeien dan selalu kambuh sama bengkak setelah BAB. Biasanya dikasih salep dari dokter baru kempes. PERTANYAAN : Apakah bumil yg punya ambeien bisa lahiran normal? Terutama yg kumat²an kaya aku gini.. Dokter : Tergantung ambeien nya, tapi melihat kondisi ibu (aku), kemungkinan secar untuk mengurangi resiko. Bunda : ? 2. Aku sekarang merantau di Bali. Rencana lahiran di Jawa. Beberapa hari lagi mau otw ke Jawa, naik bus. Perjalanan kurleb 14 jam. PERTANYAAN : Apakah saat perjalanan aku harus pakai popok dewasa? Karna bunda pasti tau toilet di dlm bus lebih parah dari toilet umum. Dipakai unisex ( pria / wanita), blm lagi merokok disitu, sedangkan aku yg hamil tua ini sering bolak balik kamar mandi. Tapi aku mau pakai kaya agak aneh aja bun, aku masih bisa jalan tapi pakai popok. Dokter : gapapa pakai bila perlu. Bunda : ? 3. Apa benar ketika selama hamil kaki ngga bengkak, tapi bakalan bengkak setelah melahirkan? Dokter : kebanyakan gitu, tapi makin lama bisa sembuh sendiri, sama kaya kaki bengkaknya orang hamil aja. Bunda : ? 4. Stretchmark yg lebih mudah dihilangkan yg warnanya menghitam atau memutih? Yg ini aku belum tanya dokter karna lupa 😌 5. Ada rekomendasi penghilang stretchmark berdasarkan pengalaman bunda²? Atau mungkin lama kelamaan bisa hilang dengan sendirinya? Dokter : rutinin aja minyak kelapa, karna dia alami jadi bisa dipakai jangka panjang. Bunda : ? 6. Apakah ada yg mengalami keputihan seperti ampas tahu namun tidak berbau? Aku sering ngalamin, terutama klo habis beraktivitas yg trus kerasa capek. Warnanya kadang putih kadang sedikit hijau tapi sama² seperti ampas tahu tidak berbau. Dokter : selama tidak gatal dan tidak berbau, masih aman. Bunda : ? 7. Apakah keputihan yg aku alami itu jadi harus ada pemeriksaan usg 3D / 4D? Atau memang karna hamil tua jadi wajar aja? Dokter : usg 3D / 4D itu ga wajib bu, tapi klo mau ya gapapa. Bunda : ? Sebelumnya makasih yg sudah bersedia menjawab / sharing pengalaman dan pengetahuannya 🙏😉 #ingintahu #bantusharing

Read more
 profile icon
Write a reply