mual muntah parah

hay mom. adakah yang hamil 9 week ngalamin muntah parah. solusinya apa ya mom biar bisa kemasukan makanan. soalnya dikasih bidan obat buat mual muntah masih tidak ada perubahan.

338 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Hallo bun.... Kebetulan aku juga lagi hamil 10 week nih. Aku juga mual muntah yg lumayan sering ..... Saran dari aku: 1. Coba bunda inget2 apa aja pemicu mual muntahnya dan sebisa mungkin jauhin itu semua. Pengalaman aku langsung mual kalo cium bau menyengat kayak bawang putih, aku juga bisa langsung mual kalo kebanyakan kena angin (soalnya dari sananya emang gampang masuk angin), aku juga ada riwayat sakit mag, jadi kalo telat makan langsung mual. Penyebab2 itu aku coba minimalisir. 2. Harus tetep konsumsi makanan apapun yg terjadi karena kasian janin kita perlu nutrisi. Kalo pengalaman aku, mual muntah pagi itu beneran gabisa ditolak jadi sebelum sarapan aku sengaja muntah2 dulu, kalo udah gak kerasa mual Alhamdulillah bisa makan dg tenang, itu aku lakukan juga pas mau makan siang atau makan malem (sengaja keluarin dulu, biar bisa diisi)... 3. Jangan sampai muntah setelah makan kalo gak terpaksa banget. Aku ngatasinnya dengan nyediain minuman anget sebelum dan sesudah makan aku minum dikit2 bisa bikin perut nyaman 4. Jangan makan terlalu banyak, lebih baik porsi dikit2 tp sering. Kalo aku makan agak banyak perut langsung gaenak parah rasanya. 5. Buat diri senyaman mungkin dan jangan stress. Aku kalo duduk lama2 perutku rasanya gaenak dan ternyata lebih nyaman pas rebahan hehe jadi aku lebih sering di kamar Maaf ya bun kalo kebanyakan..... Itu aku share pengalaman aku selama ini, sekarang mualku udah mulai berkurang (Alhamdulillah).... Siapa tau bermanfaat Bun, semoga sehat2 dan kuat ya bun....

Baca lagi
9mo ago

amin

saya lg hamil anak kedua bunda udah masuk 6 bulan, waktu bulan ke 2-3 ngalamin mual muntah parah juga, beneran sama sekali ga ada yg masuk mau buah, nasi, bahkan air putih, pokoknya puncaknya waktu masuk 3 bulan beneran ga ada yg bisa masuk semua jenis makanan trus berujung muntah jd lewat doank gitu makanannya... obat juga sama ga masuk, kemuntahin lg. muntahnya tuh beneran sampe ga keluar apa2 & sakit ke dada trs kepala... sampe akhirnya suami makin khawatir karna ga mau makan, dibawalah diriku ke UGD & dikasih infus obat gitu... ternyata diriku udah sampe dehidrasi bgt akhirnya harus dirawat sampe mualnya membaik, lumayan bunda saya dirawat di RS sampe 4 hari tp abis itu alhamdulillah mual berkurang bgt & mulai bisa makan normal walaupun beberapa jenis makanan masih belum bs makan kayak daging2an gitu... sebenarnya kondisi ibu hamil itu beda2 ya jd jgn di bully trs di bilang lebay krna kalian gatau rasa sulitnya gimana, ada yg kehamilannya lancar jaya bahkan gada mual muntah ada yg cukup parah kayak saya yg sampe mau ga mau masuk RS, bahkan saya sendiri 2 kehamilan beda, yg pertama aman2 aja bahkan seneng makan sampe naik BB nya lumayan nah hamil yg sekarang agak beda sampe mesti masuk RS... ya anggap aja pengalaman, yg penting keadaan baby nya selalu sehat bunda nya jg sehat ya... semoga bunda mual muntahnya cepat berlalu ya jgn sampe harus ngalamin kayak saya, aamiin...

Baca lagi
9mo ago

amin

Halo bunda, izin berbagi informasi. Kebetulan saya seorang dokter. Reaksi masing-masing tubuh memang berbeda bun pada awal kehamilan. Mulai yg sampai harus di rawat, sampai bahkan tidak merasakan perubahan apapun pada dirinya. Solusinya adalah, bunda jangan telat makan. Karena jika telat produksi asam lambung akan meningkat. Dan hormon kehamilan itu juga meningkatkan asam lambung. Kalau dari hormon saja sam lambung sudah meningkat, bagaimana jika di tambah lagi bunda telat makan? Jika bunda biasanya makan 3x sehari, sekarang bunda bisa makan 2-3jam sekali dengan porsi yg lebih kecil, serta diselingi dengan snack. Untuk obat harus hati-hati ya bun, harus dipilih obat yg aman untuk ibu hamil. Jika memang sangat mengganggu, bunda bisa minum obat anti muntah (Vit B6/metoclopramid/ondansentron) ini obat anti muntah yg aman untuk ibu hamil. Tapi untuk obat harus disesuaikan dengan kondisi bunda, ikuti yg disarankan bidan/dokter tempat bunda periksa. Semangat bunda, semoga bermanfaat😊😊

Baca lagi
2y ago

sama banget kaya yg dibilang dokterku, alhasih biasa sarapan jam 7 atau 8 sekarang bangun jam 5/6 udah harus makan makan per3jam sekali sebelum laper makan aja mau gak pengen atau pengen makan terus tapi porsi kecil, Alhamdulillah mulai mual muntah di 6week pas jalanin aapa kata dokter perlahan mulai reda, apa jangan jangan yg ngaku dokter ini adalah dokter rutin ku kontrol ya????????

pengalaman ku di bulan ke 2-3 mulmun itu lumayan parah. tiada hari tanpa mual, makan nasi ga selera. setiap makan pilih" yg sekiranya bisa bertahan ditubuh agak lama kaya roti, bubur, donat tanpa topping. sekalinya bisa makan nasi udah alhamdulillah bgt tapi pernah lgsg di muntahin lagi semuanya dalam sehari makan nasi 3x dan di muntahin semua 3x jg. lelah pgn nangis rasanya dstu, makanan apapun sulit masuk krn mulut juga pait. tapi dstu saya ga keilangan akal krn saya pikir bakal lemes kalo dibiarin gtu aja. akhirnya saya minta buah semangka, donat, bubur yg sekiranya saya bisa masuk ke mulut walau tdk dg nasi. minum pun air kelapa muda, makan es krim juga krn mulut ga kerasa apapun. tips nya, bunda hindari makanan yg emg memicu mulmun, kdg makanan enak buat bunda blm tentu enak buat yg di perut bun. minum susu juga buat ngilangin mulmun. minum air hangat di pagi hari jg biar ttp masuk air putih di tubuh. semoga membantu ya bunda💕

Baca lagi

Aku paling parah pas 7 week selama seminggu bener2 parah bgt mual muntah terus, males makan, keringat dingin, pusing, sakit perut (tp alhamdulillah gak keluar flek), Aku selalu coba paksain makan buah, porsi dikit2, buah mangga/melon/semangka/kelengkeng/jambu/jeruk ya pokoknya yg lagi dipengenin aja buah apa gitu bun.. Abis itu pas kontrol ke dokter dibilangin agar kita 'legowo' dan nikmati proses ini karena ini normal dirasakan sebagian bumil, kita harus selalu berfikir positif, kalau aku dibilangin boleh konsumsi obat maagh kaya mylanta atau yg lainnya agar asam lambung gak naik dan makan harus sering tp dikit2 aja buah sepotong 2 potong yg penting jangan sampe telaaaat banget makannya.. Trus dikasih Ondancentron sama dokternya buat kalo mual2 muntah parah lagi.. Alhamdulillah skrg 11 week udah agak mending jarang mual muntah..

Baca lagi
3y ago

*ondancetron

sama bun, pas masuk 8w pas langsung ky gini. sampe ingin bgt diinfus. setelah kontrol kehamilan dan mengeluhkan byk hal, ternyata adlh suatu hal yg normal. HCG tertinggi di 8w dan menurun di 16w. dokter ngasih resep anti muntahnya Ondansetron 8mg dan itu di aku Alhamdulillah ngefek bun. sama diganti suplemennya yg gaada zat besinya karena itu memicu mulmun bun. dikasih Vitamam. disaranin jg pokonya tiap setelah muntah harus tetep ada yg masuk minimal 3 sendok. atau apapun. muntah lg isi lagi. gapapa kok bun. skrg juga masih terus2an mulmun ky gitu, tp kalo abis makan obat enakkan. ohya, susunya boleh di stop dulu bun karena ada kandungan lemaknya yg bikin mual jg. makanan banyakin protein. semoga kita dikasih sabar dan kuat yaa bunnn aamiinnnnn

Baca lagi

Aku kemaren juga mual muntah parah, gak bisa makan nasi, gak bisa cium masakan, gak bisa dekat2 dapur karena aroma dapur bikin langsung muntah, gak bisa minum air putih dan susu jadi minumnya teh hangat terus... Kemana2 selalu pakai masker dan bawa minyak kayu putih atau freshcare... Utk ganti karbo yg gak masuk ke badan aku makan ubi rebus, singkong rebus, jagung rebus... Pokoknya yg di rebus2... Soalnya waktu TM 1 gak bisa cium bau yg di goreng2 dan berminyak... Dan kalau selesai makan, terus gak bisa sendawa pasti langsung muntah... Kalau telat makan juga muntah karena asam lambung naik... 1 hari bisa 5x muntah... Yaaa... Intinya dinikmatin aja, dan makan apa yg menurut bunda enak dan gak bikin mual... Nanti kalau udh 15 minggu mulmunnya berkurang kok....

Baca lagi
3y ago

BB aja sampe turun 5 kg karena 2 bln gak bisa makan nasi dan mulmun....

Ak hamil 10w mual muntah jg termasuk parah apalgi kl dh sore ke malem , tp alhamdulillah msh bs masak , makan ky biasa meskipun ga bs banyak tp yah sering dan ga dipaksakan jg. Msh bs ngurus rumah dan suami. Klo ak ngtreat diri dari hamil 5w cuma sblm bangun pagi hrus minum air dan minimal makan buah atau kue kering. Duduk dl biasanya ga lgsung berdiri. Kl bs menghindari spya ga nunduk ke bawah. Dlm kondisi agak sndikit kenyang br bs bangun untk bikin sarapan pagi..Sampai skrg masuk 10w msh ttp sama. Dan mual muntahny bkurang bgt. Krn perut yg kosong jg bikin asam lambung naik jd mual jg bisa. Yg ga ak konsumsi rutin cuma susu ibu hamil aja , susu nya ak ganti ke energen klo pagi..tp balik lg hormon kan beda² 🙏

Baca lagi

sama kaya saya bunda bisa makan cuman bubur sun sama air anget. mual muntah parah + asam lambung luar biasa ransanya. nyium bau langsung muntah bahakan bau suami juga. buah juga pengenya yang banyak ngandung air kaya semangka pir sama jeruk. usia kehamilan udah 11 w alhmd bisa makan sayur bayem tapi cuman di bumbu garem sama gula nga bisa klo di bumbu ada bawang nya. nyium aroma bumbu rasanya perut langsung kaya di kocak 🤢. semangat bunda emang lagi masa2 nya kaya gitu kadang banyak yg bilang suruh di nikmatin tapi kadang juga bingung apa yg mau di nikmatin. jadi cuman pasrah aja. sambil di paksa makan apa yg bisa di trima ama peruut.

Baca lagi
2y ago

saya juga gitu bun,salah makan dikit lgsng mual muntah makan yg asem malah tambah mual🥺🥺gini kali ya pas hamil punya penyakit asam lambung

saya dr 5w sampai 24w muntah parah sampai opname berkali kali bund dan rasanya sudah hopeless wkt itu. Jangankan makan minum air putih, minum obat aja muntah lngsng. Sampai wkt itu BB sy turun 5kg. berbagai obat sy coba dan obat yg lumayan manjur wkt itu adlh Ondansetron 4 mg. Mungkin bunda prlu konsultasi dgn dokter untuk diberikan obat yg bisa diterima tubuh bunda. Dan ttp berpikir (+) bahwa mual muntah pertanda ada bayi didalam perut kita, walau rasanya ga kuat menjalani hari2 dgn keadaan seperti itu, tp ttp kudu semangat bund dan yakin bisa segera melalui masa2 itu. Semoga masa mual muntah bunda bisa segera hilang.. amin

Baca lagi
2y ago

semangat bund.. semuanya terbayar ketika liat baby nanti... semangat buat smuanya❤❤❤❤ sy jg awalnya turun bb tp skrng uda naik drastis bund🤣 sy jg minum ondansetron berbulan bulan rutin tiap hr pula😅 klo ga minum itu, lngsng muntah parahnya kumat.. Puji syukur sy sudah melalui masa2 itu 🥲 agak trauma jg sbnrnya🥲🥲🥲🥲