Bahas Tuntas Tentang Berat Badan Anak

Halo Parents! Berat badan anak menjadi salah satu aspek yang paling diperhatiak oleh orang tua selama masa tumbuh kembang anak. Oleh sebab itu, saat si kecil memiliki berat badan yang kurang atau berlebih, orang tua biasanya akan sangat khawatir. Nah, jika Parents punya pertanyaan seputar berat badan anak, bisa langsung tanya di kolom komentar ya! Misalnya, pertanyaan seputar cara meningkatkan berat anak, makanan yang baik untuk meningkatkan berat anak, ukuran berat badan anak yang ideal, dll Yuk, langsung tinggalkan pertanyaan di kolom komentar ya, Parents!

Bahas Tuntas Tentang Berat Badan Anak
33 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
TapFluencer

Halo dok, Anak saya usia 15 bulan, bb 8,5kg tb 80cm (laki-laki). Sulit sekali rasanya utk ngejar bb, sekalinya naik 300gram. Besok2annya (jarak yg lama) bapil. Kondisi nafsu makannya aman lancar, bahkan banyak saya kasih makanan berat & snack tinggi kalori (semua saya buat sendiri), sudah diresepkan apialys & susu tinggi kalori oleh dsa anak saya. Yang saya mau tanyakan? Apakah normal jika kenaikan bb anak saya seret? (Note: sebelumnya saya sudah melakukan test mantoux, cek lab, test tcm. Semua hasilnya normal). Perlukah saya melakukan pemeriksaan ulang ke dsa lain? Atau saya langsung konsul ke spesialis gizi? Mohon jawabannya, dok. Terima kasih

Baca lagi
2y ago

maaf dok mau nanya. anak saya 7 bulan 4 hari BB cuma 5kg (anak laki laki). apakah ini normal? dia sedang bapil. minum sufor lancar,makan doyan.

dokter mau bertanya nih. anak saya usia 5 th perempuan, BBnya 15,5 kg. Normal atau dibawah garis ya Dokter? anak saya cenderung picky Eater dokter, tidak semua menu makanan dia mau. kalau tidak cocok, dia lebih memilih untuk nyemil seperti roti, kue, biscuit atau susu. Bagaimana ya dok solusinya supaya BBnya naik, karena untuk naik menjadi 15,5 kg itu butuh waktu 1 th. lama sekali. Dulu usia 4 th 14,5 kg. Mohon pencerahannya, terimakasih dokter.

Baca lagi
VIP Member

Hallo dok, saat ini anak saya berusia 5bulan. 2minggu yg lalu baru saja melakukan imunisasi infanrix hexa II. Pada saat dilakukan pengecekan bb, ternyata beratnya naik hanya 500gr. Padahal dari lahir hingga umur 2,5bulan naik hingga 1,5kg. Pada saat baru lahir, bb 2,7kg dengan tb 49cm, dan skrg tingginya 61cm. Kira2 apakah ini normal dok? Karena info yg saya dpt, ini termasuk faltering growth. Kemudian bagaimana cara mengatasinya?

Baca lagi
2y ago

Halo Bunda Chairunnisa, anak umur 5 bulan dengan tinggi 61cm, jika perempuan masih termasuk normal, tetapi anak laki-laki termasuk kurang. Apabila sudah terdiagnosis growth altering oleh dokter anak, pertumbuhan masih bisa dikejar pada usia ini. Ibu pastikan dulu bahwa tidak ada masalah lain pada anak. Karena usia ini masih ASI, perlu perhatikan juga nutrisi ibu. Konsumsi per harinya: sumber karbohidrat (nasi, jagung, kentang, ubi, singkong) 6 porsi, lauk hewan (ayam, ikan, daging, telur) 3 porsi, lauk nabati (tahu, tempe, kacang hijau, kacang merah) 4 porsi, sayuran 4 porsi, dan buah 4 porsi. Minum air putih 1 hari 3 liter, atau setara dengan 12-15 gelas air

haallo dok anak saya usia 15 bulan perempuan BB 10 kg TB 74an apakh normal ? makannya ga banyak dok diaa lebih sering ke asi teruss .. setiap makan dikunyah terus kalo udh lama dilepeh gtu ... tpi apa aja masuk dok, gmna yaa dok biar anak makannya lahap banyak apa perlu vitamin ?

VIP Member

dok, saya mau tanya.. anak saya usia 4th bb 16kg masih dalam batas aman ga dok? anakku susah makan sayur..gimana siasatinnya ya dok? makan juga milih²,buah juga maunya tertentu. kalau adenya usia 2th..ideal usia untuk dilatih toilet traning mulai usia berapa sih dok?

Baca lagi

Dok mau nanya, anak saya usia 4 bulan tapi berat badannya 5.6 kg, apa kah normal? Minum nya asi sambung sufor (primamil).. Untuk pup nya.. Sehari 3-4kali brwarna kuning, tb nya 61 cm lk nya 40cm, mhn di bantu solusi untuk menaikkan berat badan adek dok. Terimakasih

VIP Member

tanya dok untuk menaikan BB pada anak usia 4 tahun apa ya dok? krna anak saya BB nya cepat turun klo sakit. bagaimana mensiasatinya y.. sehat 20kg. sakit jadi 18 belum balik 20kg dah sakit lagi. padahal cuma bapil aja dok..

2y ago

makash banyak dokter

Hai dokter, Anak saya usia 8 bulan 12 hari, BB 7,8kg sedang batuk pilek. MPASI lancar tanpa gtm, menu masakan sendiri. apakah ini normal atau kurang dari berat badan seharusnya dokter? bagaimana mengejar ketinggalan BB bayi saya?

haloo dok .. usia bayik saya 9 bulan trkhir timbang 10 kg mungkin skrng udh 11 kg apakah terlalu berlebih dan apakah menjurus ke obes ya dok ? bb lahir 3,2 dan full sufor skrng lg aktif2nya rangkak dan belajar berdiri ..

dok sya punya bayi kembar laki2 dua 2.y.skrg usia,y 11bln.yg ade,y udh bisa duduk merangkak berdiri pegangan kesuatu benda.tpi yg kaka,y blm bisa duduk dll.apakah yg kaka,y ni kurang nutrisi pa gmna ya dok??