Anak GTM, Bagaimana Mengatasinya?

Yuk, tanya seputar anak GTM di kolom komentar postingan ini! 📌Tema: Bahas Tuntas Seputar Stunting, Berat dan Tinggi Anak 🗓️ Tanggal: Kamis, 23 Mei 2024 🕗 Pertanyaan dikumpulkan sebelum Jumat 24 Mei 2024 Pukul 14.00 WIB Gerakan tutup mulut pada anak kerap membuat Parents khawatir dan bingung. Apakah kondisi ini bisa diatasi? Yuk, tanya di kolom komentar. Parents juga bisa bertanya seputar MPASI lainnya. Saya akan menjawab beberapa pertanyaan terbaik.

Anak GTM, Bagaimana Mengatasinya?
28 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

hallo dok, perkenalkan saya rizka, saya ibu baru yang mempunyai bayi yg berusia 6 bulan 4 hari dok, dok anak saya Mpasi baru 4 hari ini, tetapi kadang setiap jam makan nya saya takut + bingung dok soalnya susah sekali ngasih anak saya makan, Mpasi nya udah saya ulek saring dok, kadang saya pikir nasi nya terlalu keras jadi saya encerkan dan saya juga sudah bikin yg katanya teksturnya jatuh perlahan dok tapi anak saya juga susah makan, kata orang yang saya dengar "itu mah biasa soalnya anaknya baru makan" dan ada juga bilang "ah palingan masakan ibunya nggak enak sok2an mau homemade, kasih aja fortif dijamin anaknya mangap terus" saya bingung dok, saya sudah coba misalkan menu nya ayam kan saya coba dalam 2 hari tetap nggak mau, dan saya sudah coba ganti menu tetap nggak mau juga dok, kadang pas masuk mulutnya dia lsg nangis gitu dok emang sih buburnya tu di telan tapi pake drama nangis dok, pokoknyaa udah segala cara dok, saya coba nggak kasih nen juga, udah coba nyanyi2, udah dipangku, kadang saya berpikir apa anak saya belum siap makan yaa, mohon pencerahannya dok 😊 saya nggak masalah harus ribet masak untuk anak dok tapi asalkan anaknya mau makan dok. terus apakah anak saya butuh vitamin dok ? atau anak saya kurang ormotornya ? atau memang anak yg baru mpasi seperti itu dok ? Terimakasih dok

Baca lagi
3w ago

kalau saya dianak pertama 5 tahun lalu, awal MPASI nya makan bubur promina varian daging moms, lahap.

selamat siang dokter, anak saya umur 2 tahun dulunya candu bgt sm sufor mau sehari hampir 2 liter. sehingga makanny susah karna dah kenyang susu, jd saya inisiatif buat gunting dotnya dan benar aja dia gak mau lg minun sufor dah stop sufor semingguan ini. saya ganti jd susuny dgn UHT dan dia mau. tp makanny masih bermasalah bgt dok. semua tekstur dah saya buat menu jg dah ganti ganti tp ttp nolak jd sehari kadang cuma 1x makan susu UHT saya kasi 2x aja sehari. bingung bgt dok jd lemes ni anak kurang aktif lg. gegara payah makan bingung apa yg dia mau protein jg dah saya modif modif biar mau dianya tp ttp d lirik doang d makan sesuap udh. mau pecah rasanya kepala saya dok liat anak lemes gini apa apa gk mau.

Baca lagi

Hallo, dok! Anakku kalo makan 3-4 suap udah geleng² gak mau, mulutnya smbil mingkem. tapi kalo makannya diluar rumah smbil di gendong, smbil liat ayam, bebek, kucing makannya habis. nah semenjak sakit 1 minggu lalu kalo makan gak langsung di kunyah lalu telen dok, cuma didiemin aja dlm mulut jdi kalo makan bisa smpai se jam. btw dok, anakku kalo makan gak sambil di gendong pasti lari²an gak mau duduk, dari awal mpasi kalo duduk di kursi dia ngereog, pernah hampir jatuh makanya gak mau lg duduk di kursi, maunya duduk dilantai aja, tapi setelah nyuap dia langsung kabur, tapi kalo makanan dlm mulutnya habis dia balik lagi sambil mangap. gimana ya dok apa gk apa² makannya seperti itu?

Baca lagi
3w ago

iyaa gpp bun , yg penting anak mau makan udah deh deh emaknya waras hehehe

Halo, dok, selamat siang, saya mau bertanya dong. Kenapa yah anak saya kalo makan cuma 2x sehari selama memasuki usia 2tahun, sebelumnya selalu 3x sehari. Utk masalah makan, anak saya masih mau makan apapun yg saya masakkan, camilan jarang mau cuma buah aja, susu juga sehari 2x aja, pagi - malam, hanya intensitas makannya menurun jd 2x sehari yang seharusnya 3x sehari, ini knp ya dok? Apa anak saya udh kenyang krn susu? Tp, jeda antara susu dan sarapan saya selingi 1-2jam baru makan makanan utama, utk malam susu aja tdk mau makan malam. Terimakasih dok, semoga pertanyaan saya di jawab.

Baca lagi

Hallo dok perkenalkan saya Tiara, saya ibu baru dari anak usia 6 bulan 11 hari kebetulan dari MPASI saya menggunakan bubur fortif, beberapa hari ini anak saya kok lahap diawal doang ya pas bubur udh mau habis mulutnya langsung mingkep bahkan pernah saya penasaran pas mau masuk mulut malah ngereok nangis gitu dok padahal porsi makan 4 sendok makan dia. Apa anak saya kenyang atau bosan dengan varian rasanya dok? Dan saya masih takut untuk MPASI Homemade karna takut nutrisinya tidak seimbang tapi seiring berjalannya waktu saya selingin sama homemade

Baca lagi

Anak aku umur 2 tahun, tapi skrang mala hobynya simpen makanan dalam mulut, tanpa diemut atau dikunyah, bahkan nasinya disimpen dalam mulut sampai makanannya berair dan akhirnya harus dilepehkan berulang2, dan durasi makannya bisa sampai berjam2. Solusinya gimana yah dok supaya anaknya ngak simpen makanannya dalam mulut seperti itu? Gimana caranya spya makanannya masuk langsung dikunyah dan ditelen

Baca lagi
2w ago

di kasih bonggol jagung,tebu,biji mangga

dok anak saya perempuan umur 8 bulan. 1.) udh 3 bulan bb gk naik. padahal makannya mau, dobel prohe+lemak tambahan juga. apa perlu vit. D, zat besi, zink dok? kalo iya dosisnya brp dok 🙏🙏 2.) udh 1 minggu ini kalo makan paling habis dikit dok 3 suap udh gk mau lg. udh naik tekstur, dll. trus kalo dikasih finger food mau tpi ujung²nya keselek. gimana dok mengatasinya. terimakasih dokter semoga dijawab🙏🙏

Baca lagi
3w ago

ya itu aja bun bilang anakku dok bbnya udah gak naik 3 bulan itu knp yaa padahal anak sy makannya udah pakai double prohe juga , trus konsul aja cara nanganin klo anak susah makan gimana gitu bun

selamat malam dok, usia anak sya 10bulan. setiap makan sekarang suka diemut dan lama ditelan. kalau sudah bosan dia tantrum nangis2 akhirnya makanannya dilepeh. pdahal sudah sya ganti2 menu, kadang berkuah kadang hanya nasi dan ikan saja. biasanya mau dok tp akhir2 ini diemut saja. tp kalau makan camilan dia mau dok. bagaimana ya solusinya dok?

Baca lagi

Selamat siang dok. Anak saya usia 1tahun 1bulan. GTM ketika sedang Tumgi. 4bulan terakhir ini BB nya menetap di 7.4kg. Tumgi sejak usia 5bulan 3minggu. Dan sekarang sedang GTM karna tumgi taring. Kemarin ada pemeriksaan stunting di desa, kata bidan di kasih sufor saja. Gimana ya dok sebaiknya?

selamat siang dok anak saya usia 11 bulan dan susah makan, saat asi saya sedang seret saya mix minumnyadengan air putih tp makannya jadi banyak dan lahap. namun saat asi saya banyak lagi jadi tidak mau makan lagi apakah itu termasuk ketergantungan asi dok? dan harunya bagaimana?