Pemeriksaan Lab di Puskesmas

Hallo bund, share dong pengalaman periksa lab di puskesmas kaya gimana? Saya baru menginjak 6 minggu kehamilan, hari ini dirujuk utk periksa lab di puskesmas. Ohh iya kira2 berapa biayanya ya? Terima kasihh

40 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

saya cek lab TM1 dan TM2 di kota domisili saya di depok tapi bukan di kecamatan saya tinggal, bayar pendaftaran 2rb, pemeriksaan kehamilan 4rb, cek lab lengkap darah dan urin 47rb. nunggu hasilnya gak begitu lama. dapat vitamin jg dan gratis. Untuk yg TM3 saya cek lab di semarang krna saya rencana melahirkan di kota tempat ortu tinggal, di puskesmas sini saya bayar pendaftaran 5rb saja, pemeriksaan kehamilan oleh bidan gratis, cek lab darah dan urin sama spt yg di depok tapi dg biaya hanya 13rb, tapi hasilnya jauh lebih lamaa (nunggunya bisa lebih dari sejam meskipun yg antri saya liat gk banyak). vitamin dari sini jg gratis. ini pengalaman saya ya bun, dua2nya umum, bukan bpjs, dan dua2nya pakai ktp luar daerah

Baca lagi
10mo ago

saya ktp limo bun, tapi cek lab di puskesmas mampang, kalo saya waktu itu cukup bawa ktp aja buat pendaftaran sama bayar 2rb

kalau saya, disalah satu PUSKESMAS daerah depok. datang jam 7 pagi (dihari senin atau rabu, karena hanya hari" itu bisa cek Lab hamil) lalu ke tempat pendaftaran (karena saya tidak memakai BPJS dan KTP saya Jakarta, jadi saya bayar pendaftaran kalo tidak salah 10rb.) lalu ditempat pendaftaran, ditanya ada surat rujukan dari bidan atau engga, saya kebetulan dapat rujukan atau pengantar dari bidan untuk cek Lab yang dibutuhkan. setelah itu diarahkan ke bagian poli KIA, menunggu untuk di cek tensi dan di skrinning (timbang dan lain".) lalu diarahkan ke tempat cek Lab untuk diambil darah dan Urin. bayar kalo saya tidak salah ingat antara 105 atau 110an untuk cek Lab nya. hasil jadi atau selesai hari itu juga.

Baca lagi
10mo ago

@ambar : di puskesmas beji timur @sitha : saya cek 2 kali, pertama awal" kehamilan, dipuskesmas beji timur sekitar 100rb, lalu pas cek lab lagi saat mau melahirkan di puskesmas depok utara sekitar 35/40 rb'an bu. saya lupa apa gitu yang gak dicek lagi di depok utara karena sudah pernah cek, kalo gasalah golongan darah, jadi lebih murah pas cek ke 2 itu bu. @azizah : mungkin sama bun. saya coba 2 kali dipuskesmas berbeda (beji timur dan depok utara) sama kok.

ijin berbagi pengalaman. saya baru trimester 2 cek lab, hehe telat. tp gpp. karena baru trimester 2 mulai cek ke bidan. kalo ada rekomendasi dari bidan biasanya lbh cepat. kitanya jd ga bingung. disuruh datang jam 8 ke puskesmas (daerah banjar patroman) nunggu beberapa saat, ambil darah dari lengan tunggu lagi sebentar. Kalo saya yang di cek HB, HIV, Hepatitis, Shypilis, golongan darah. karena ga pake BPJS bayar 44 ribu untuk cek golongan darah dan HB. Alhamdulillah terjangkau. apalagi kalo pake bpjs katanya gratis. sayangnya blm sempet urus bpjs.

Baca lagi

aku baru tes urin z Bun glukosa & protein untuk tes darah baru HB z tes gol darah saya dh tau krna pernah ikut jd pendonor td pagi juga hbs k puskesmas & d suruh tes HIV & Hepatitis ktanya biaya nya 40rban 30&10rb tp saya lupa yg mana yg 30 & yg 10rb itu ktnya kalo cek lengkap 60rban untuk ngetes nya saya kurang tau krna blm wktu kehamilan pertama gada tes ini itu☺️☺️ tp krna dh siang sya bilang nnti z kalo kontrol lagi sxan.

Baca lagi
VIP Member

ada bpjs tidak bun? kalo pake bpjs gratiss asal faskes nya ya puskesmas tsb. kalo dr pengalaman saya dan yg saya tau, kalo tidak ada bpjs, kalo masih 1 wilayah dg puskesmas masih gratis, ada yg gak gratis juga, kalo beda wilayah sama ktp sih kena cuma kisaran 35-40rb bun saya saat itu. itu udah meliputi cek urin untuk tau hbsag, ims, protein pada urin. kalo cek darah nanti buat liat kadar hb, trombosit, gula, dll.

Baca lagi

ikut program ANC terpadu bun. utk puskesmasnya sesuai domisili bunda agar gratis. tapi kalau tdk sesuai domisili/ANC di RS, itu berbayar. nah nnti dibagi ke beberapa pertemuan. pertemuan pertama cek darah, psikologi, cek kandungan/janin, gizi. pertemuan kedua cek urine, psikologi, kandungan/janin, gigi dst.. nnti yg bagi itu dr puskesmas yg bersangkutan kok bun. kita tinggal ikutin arahan dr petugasnya saja

Baca lagi
10mo ago

fyi sy KTP luar jawa tp domisili jawa dan masih free. asal puskesmasnya di wilayah domisili bunda. faskes sy jg bukan di puskesmas tersebut. jd pastikan puskesmasnya sesuai domisili. kadang kalau puskesmasny rada cerewet, paling diminta surat keterangan domisili dr RT

VIP Member

sbelumnya sama bun, aku jg dpet rujukan dlu dri dokter pas kontrol buat ceklab.. boleh di puskesma/diklinik.. pas ceklab cuma ambil sample darah, urin sama ke dr gigi.. krna ceklabnya dipskesmas jdi cuma bayar 90 rbuan.. mngkin klo pake bpjs bisa gratis ☺☺ prnah tanya klo ceklab diklinik bisa biayanya sampe 500 rb 😅😅

Baca lagi

Ceklab ibu hamil cuma diambil darah dan urin aja bun. Kalo mau gratis ke puskesmas sesuai domisili. Kalau misal bayar mandiri ke puskesmas manapun pun jg ringan kok, saya cuma 75rb kemaren. Tinggal datang je puskesmas trus tanya jadwalnya hari apa, jangan lupa bawa ktp.

Baca lagi
VIP Member

ambil sample darah dan urin bun... kalo pake bpjs gratis.. saya pake bpjs gratis. kalo ga bpjs beda2 tergantung kebijakan daerah dan subsidi dari pemerintahnya... ada yg ga nyampe 50ribu ada yg nyampe kisaran 150ribu.. tapi kebanyakan masih d sekitar 50ribu..

Baca lagi
VIP Member

saya pake bpjs luar kota tetap bisa gratis tis bun. cek lab lengkap, urine, gigi, darah, sama psikolog. cuma selama kehamilan, gratis nya 1 kali aja. saran dari perawat di puskesmas, sebaiknya test lengkap nya pas masuk TM 3 gtu bun