MINTA SARAN BUNDA

Bun saat ini aku puasa tp anakku jd lemes rewel tiap mau tidur siang ngereog terus . Anakku 8bln, mpasi makanan utama 3x (homemade) dan 2x selingan (homemade/buah) . Ortu ku nyuruh sambung sufor bun sblmnya full asi, aku bimbang takut anak sembelit klo d ksh sufor sdngkn aku d haruskan puasa sm ortuku krna thn kmrn aku nggk puasa .

23 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

sama banget bun... Sekarang saya juha lagi menjalani Puasa. dan si dd usia 8Bulan. Alhamdulillah Full ASI dan makan nya kurang memang dari awal MPASI sudah susah makan. kalau saya Puasa. saya lihat kondisi si dd dan sayanya, ada keluhan atau Tidak. kalau Tidak. saya memilih untuk tetap Puasa. dan kalau si dd Tidak ada keluhan dan BB masih Aman. saya Lebih milih Full ASI Tidak seling Sufor. karena kalau diseling Sufor. takut si anak lebih kenal Dot dibanding nenen ๐Ÿ˜ coba kualitas ASI nya diperkuat lagi bun... kalau saya setiap Sahur selalu makan nasi, setelah itu ngopi/nyusu dan harus nyemil. pas berbuka puasa, saya makan Lontong, gorengan, atau nasi dan Lauk. tar jam sekitar -+21.00/22.00 saya nyemil atau makan lagi. ๐Ÿ˜… memang si.. pas diSiang hari PD seperti terasa kempes. tapi saya selalu berDoa, agar ASI yang diberikan tercukupi untuk si dd. jadi si intinya makan yang cukup jangan lupa nyemil. dan berDoa. yakin bahwa bisa. Alhmdulillah waktu Anak Pertama saya juga menyusui pas si dd usia 3bulan. Full ASI dan Alhamdulillah Puasanya Full dan si dd beratnya Naik terus... selama 2minggu sekali saya timbang. dan sekarang anak ke3 saya juga ingin mencoba. Alhamdulillah dari Awal Puasa sampai saat ini, masih aman. dan BB si dd masih aman.

Baca lagi
VIP Member

kenapa ortunya maksa ya harus puasa, apalagi dengan alasan tahun lalu ga puasa.. padahal ust. abdul somad aja kasih solusi.. di ceritanya ust somad malah 3 tahun ga puasa (hamil sampai menyusui 2th) di qada 1th berikutnya puasa senin-kamis.. dan menurutku pribadi agama adalah privasi.. gimana kita jalaninnya ya antara aku dan tuhanku.. selama apa yang aku lakukan tidak melanggar ya ga masalah.. apalagi puasa ini memang di ringankan bagi ibu hamil dan menyusui.. menurutku bener kata bunda, sebaiknya jangan tambah sufor.. sudah ada ASI yang cukup, ya ASI saja.. nanti ganti qada+ fidyah..

Baca lagi
VIP Member

Drpd ank yg harus mengalah dg minum sufor, mama sj sbg orgtuanya yg mengalah tdk puasa dlu. Lagipula sufor kn perlu biaya lg, blm nanti mslh nggk cocoknya, dll. Kl kita komunikasi sm orgtua seharusnya lbh nyaman ya, gak sungkan utk menolak tdk puasa dlu meskipun kdgkala kita harus ngeyel dan membuat mreka marah utk sementara waktu. Kl sy jd mama sy tdk akan bingung dan bimbang, sy utamakan ank dlu, mslh sm orgtua mau gmnยฒ perkara nggk puasa bs kita kasih pengertian pelanยฒ sampai mreka paham dan menerima keputusan kita๐Ÿ™

Baca lagi

maa sya'allah. dulu waktu aq hamil dkter tdk memperbolehkan sya puasa krna sering flek. sya sbulan full tdk puasa. thun berikutnya anak baru 3 bulan full asi. sya tdk puasa juga. ini anak udah 15bulan udh mpasi. kbetulan nggak bisa ngedot anknya masih ASI. sya juga tdk mengharuskan puasa trus loh bund. klo diliat ankku udh lemes minumnya kya kurang. udah aq stop puasanya. islam tdk memberatkan ibu hmil dan menyusui utk puasa. bisa diganti lain hari / byar fidyah. yg penting ksehatan & tumbuh kembng ank nomor 1.

Baca lagi
VIP Member

Bismillah... Daripada di kasih sufor mending jangan puasa dulu bun, karna gak ada susu yang sebaik ASI bun. Bunda tidak akan berdosa tidak puasa asal bayar fidyah, bukankah Allah SWT sudah memberi kita keringanan, masa kita ga mau ambil keringanan itu. Itu tandanya Allah SWT tahu kemampuan kita bun makanya kita di kasih keringanan apalagi ada sosok anak yang sangat bergantung pada kita. Ini bukan tentang perintah ortu bun tapi perintah Allah SWT.. Penting mana hayo...

Baca lagi

Bun anaknya sama usianya dengan anak saya 8bln, alhamdulillah saya puasa anak ga rewel, hari pertama puasa saya pantau pup sama pipisnya normal cuman badannya agak anget, besoknya alhamdulillah aman, coba bun pas buka sama sahur banyakin makan prohe sm sayur, buah2an kalau ada, saya tambah minum susu juga insyaa Allah asi lancar bun, kalau ada kurma juga bun 3biji aja setiap buka sama sahur, semangat bun insyaa Allah dimudahkan๐Ÿค—

Baca lagi

ngak usah pake sufor Bun.. bunda perbanyak minum & jaga nutrisi saat buka & sahur.. InsyaAllah Asi lancar.. Pantau pipis baby-nya juga sementara ngak usah pake pempres sehari berapa kali.. kalau emng ngaruh ke baby-nya ngak puasa ngakpapa Bun.. Tahun kemarin anaku usia 6bulan aku bisa puasa tpi tiap orang kondisinya beda2 juga sh Bun..

Baca lagi

Waduh kalau udah rewel gitu mending stop dlu bun puasanya, 8 bulan meskipun udah makan tp ttp 70%nya ASI, bisa jd anaknya kurang asi makanya rewel. Saya aja kmaren sempat 1 hari aja ikut puasa, sisanya ga ikut karna kondisi saya yg lemes, bayi jd lengket terus di nenen mungkin karna asinya jd agak seret. Kalo dh kondisinya gitu mending stop dlu bun.

Baca lagi

thn lalu aku jg masih full asi ke anak pertama dan aku coba puasa 4hari ternyata anak lgsung sakit panas dalam kata dedek susu mama gak enak gitu ๐Ÿคฃ terpaksa libur puasanya , giliran thn ini mau puasa gak jadi lagi karna hamil dicoba puasa 2hari ternyata dedek jarang gerak diperut dan terpaksa libur lagi karna gak diijinkan puasa sama suami ๐Ÿ˜ญ

Baca lagi

aq dl jg sering puasa sunah bun wktu si baby msh 3 blnan..aq genjot asupan wktu sahur bun,kyk mkn kurma,susu almond & minum cdr kl mau tdr mlm bun..alhamdulillah g rewel bun..mmg beda bun rasanya kl puasa agak bening gt asinya wktu pumping..kl udh buka puasa bnr2 kental..banyakin mnum air putih jg bun biar bunda g dehidrasi slm puasa..

Baca lagi