Sekolah KB anak usia 2,5 tahun

Anak saya umur 2,5 tahun udh sekolah KB. sebaiknya umur segitu disekolahin atau enggak ya? Karena baca² itu anak terlalu dini disekolahin malah gk bagus. Atau ikut KB 1 tahun aja ya? Bsk dilanjut sekolah usia masuk TK? Sebenernya tumbuh kembang anak saya bagus setelah sekolah, tapi ya namanya msh usia segitu kadang gk mau berangkat sekolah. Sebaiknya gimana ya, lanjut sekolah KB atau tidak ya??

14 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

umur segitu emang masih kecil bgt. klo mau disekolahkan ya gapapa klo anaknya mau tp klo kadang ga may berangkat ya jangan di paksa bund. anakku aja 3 thn 8 bln blm kumasukkin sekolah, baru kuajarin aja dirumah. belajar calistung. lagi pula esensinya masukin anak sekolah dini tuh apa sih sebenarnya, cuma mengasah motorik dan menjadikan anak aktif mudah beradaptasi ajakan, selebihnya ya main sama jajan. jd klo anaknya aktif dan mudah bergaul mah udh tinggal asah sama kita sbagai ortu. beda lg klo sama tk, esensinya tk kan emang persiapan anak untuk masuk sd, jd dia udh ga awam lg masalah belajar dan pembelajaran. jd ya tk itu bisa dikatakan penting. mending anaknya di kontrol dirumah aja bund, diajarin dirumah, dr mulai adab sopan santun aja deh dulu. trs klo muslim minimal udh diajarkan bismillah sama alfatihah, jd klo denger adzan tuh dia semangat buat sholat dan udh bisa baca alfatihahnya juga. anakku dr umur 3 thn udh menghafal surat2 pendek dirumah. apa2 kuajarkan sendiri. menurutku lebih efektif dan terkontrol dr pada harus masukin anak sekolah sedini mungkin tp hasilnya ya kita ga tau sampai mana.

Baca lagi

tergantung masing2. kesiapan anak, budget orang tua dan kesiapan orang tua sendiri menurutku.. misal anak sudah siap untuk sekolah boleh bgt dimasukan sekolah. atau misal org tua mikir anaknya kurang sosialisasi, jd butuh teman (dmn lingkungan ga mendukung) jd anak mau disekolahkan hanya untuk bersosialisasi ya ga masalah.. klo org tua nya mau dan merasa bisa memfasilitasi anak untuk stimulasi di rumah, mau dirumah aj ya ga masalah.. kalo org tua mgkin secara finansial kurang dan hanya mau anaknya dirumah blm sekolah usia segitu ya gapapa.. sekolah kb (kelompok bermain) setauku ga full duduk dikelas terus dan masuk hanya bbrp hari dlm 1 minggu.. 1x pertemuan hanya 1.5-2 jam. jd anak ga bosan juga. dan materinya ga kaya tk yg udah calistung baca dll.. hanya bermain bersama, melatih motorik or sensory jg. dan biasa nya tu ga banyak orang kaya sd yg 1 kelas isi 20 anak ke atas itu enggak. biasanya cuma 1 atau 2 guru pegang 10-15 anak.. dan masih bisa dipantau ko kegiatanya jd y disesuaikan kebutuhan aja.

Baca lagi
VIP Member

Menurutku bebas aja ya mom dan itu tergantung pilihan mu. Karna anak ku usia 2th sdh masuk preschool mom ( kidea preschool and kindergarten) dan masuk yang tdk terlalu intens. aku pilih memasuki anak ke preschool di usia 2th krn itu masa2 golden age nya, masa2 nya bermain, ber-interaksi, havingfun, ketemu teman baru, dan at least itu utk prepare/latihan kesiapan dia bersekolah nanti. Dan di usia segitu, anak lebih mudah menyaring/merekam kata2 jd ak ingin hr2 dia berada di lingkungan yg fun, better dan hitung2 utk mengisi wkt luang nya krn mrk menggunakan pembelajaran yg fun spt montessori. skrg anak ku usia ny sdh memasuki 3th dan msk ke tingkat nursery, so far dia happy dan udah bnyk bgt kata2 yg di keluarkan, hal2 yg positif, bs berhitung dalam subjek bhs inggris/bahasa, dan msh banyak lagi.

Baca lagi

kalau anak saya pertama sekolah usia 3,5 tahun bun, itu sekolah ngaji yaa. berangkat jam 9 pagi pulang jam 10. kenapa saya masukkan ke ngaji dulu karna menurut saya belajar ngaji, huruf Arab itu lebih sulit dibanding belajar abjad, alhamdulilah setelah di ngaji anak bisa mengikuti dengan baik, sekrang udah 5tahun, udah mau jilid 3. doa" surat pendek juga sudah banyak yg hafal. setelah di ngaji nya ada perkembangan yg bagus, saya mulai memasukkan anak ke BIMBA, berangkat cuma seminggu 3 kali, saya ambil yg jam 8 pulang jam 9. jadi pulang BIMBA bisa langsung ngaji. alhamdulillah di BIMBA anak juga udah bisa mengikuti dengan baik. karna metode belajar yg menyenangkan sehingga anak saya semangat sekali untuk berangkat sekolah.

Baca lagi
1y ago

anak saya masuk bimba waktu usia 4,5 tahun bun. karna saya mau mantepin anak di ngajinya dulu. alhamdulillah disekolah ngaji anak saya, gak ada syarat anak harus bisa huruf hijaiyah bun. jadi bener" nari nol, semua yg ngajarin nanti gurunya. 1 guru cuma pegang 6 anak, jadi insyaallah anak jadi lebih mudah memahami. setiap mau naik jilid ada semacam test bun.

TapFluencer

anak pertama ku malah sekolah dari 6bulan bun. awal suami under estimate, masih bayi kok disekolahin ( sensory class gt) tapi rutin. aku milih karena rumahku dijalan raya, dia jarang banget ketemu orang alhasil kalo keluar diliatin orang aja nangis. akhirnya aku memilih untuk sekolahin dia, makin kesini suamiku malah seneng efeknya keliatan bgt.. anakku skrg 4setengah tahun kindergarten A, skrg anaknya super friendly beda sama adeknya ( anak covid) yg dirumah doang bedanya keliatan sih menurutku dan suami. dan anaknya juga selalu semangat sih bun kalo sekoalh, malah kalo ga aku bangunin sekolah nangis2, tapi ini juga adeknya mau sekolahin 2tahun 2bulan.

Baca lagi
1y ago

oh kidea.. bagus laaah🤗👍🏻👍🏻👍🏻👍🏻👍🏻

kalo menurut saya sih tergantung ya bun, kalo bunda ga bekerja dan hanya di rumah saja, punya waktu buat temenin anak main dan ngajarin anak ya gpp ga sekolah, tapi kalo saya krn bekerja, ga punya waktu buat temenin main dan ngajar secara maksimal ya saya sekolahin biar bisa belajar dan bermain dengan teman2 di sekolah. setelah sekolah kelihatan perkembangan motorik, kosakata, anak jadi lancar bicara, anak jadi berani dan mampu bersosialisasi.

Baca lagi
VIP Member

klo aku prefer sekolah ya krna di skolah pun dia g bljr gmn" cm main" aja buat asah motorik kasar dan halus. mnrt ku klo skolah lebih terarah, byk temen bisa cpt lancarin ngomong. klo main tetangga ya kdg gt asal" blom lg omongannya g kesaring hehe tp ya tiap oeg tua ya beda" ya klp aku dlu sblm tk jg udh dimasukin skolah sma ortu ku plus masuk ke tmpt ngaji wkwk blajar iqro😅

Baca lagi
1y ago

@fm,,hehehhe bener bngetz,,,Drpa main" yg GK jelas kn mending d sklh in bun lbih trarah,,🥰

kalo aku si mau ku skolahin bun dr dini 😂 emng udh bikin planning udh ku niatin bun 2 tahun masuk paud 3 tahun ku ikutin english first yg kelas anak2nya trus 5 tahun tk ,,

klo sekolah nya BAGUS untuk tumbang anak sekolahin buuuun. cari sekolah yg ga ngajarin NULIS wkwkwk yg ngajarin bermaiiiiiiiiiin (dengan prosedur khas anak)

VIP Member

kalau anaknya mau ya gapapa asal jgan dipaksa. sekolahnya jga yg masih main2 aja biar nnti pas tk dia gabosen kecepatan masuk sekolah.