pro-kontra sunat saat bayi

adakah ibun-ibun yang udah sunat anak laki-lakinya saat bayi < 6 bulan? apa harus ada alasan medis dan bagaimana proses penyembuhannya? terima kasih

30 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Sy blm punya anak cowok. 😄 Semoga hamil yg skrg cowok ya biar bs melaksanakan sunnah khitan jg. Klo sy pribadi mgkin lbh baik nanti saat dy sdh agak besar. Selain sy gk tegaan,agar sy bs menjelaskan jg klo khitan itu sunnah. Sejarahnya gmn, kenapa harus khitan. Jd dy tw ilmunya dulu,mau bljr sunnah & ikhlas menjalankannya. Mslh drama stlh khitan, gk mslh. Cmn mslh proses. Biar dy lbh menghargai wanita jg. Klo khitan itu sakit, melahirkan itu lbh2 sakitnya. Pandangan org beda2, monggo yg terbaik aja buat putranya. Tp yg pntg niatnya lurus ya bun, mau menjalankan sunnah. Jgn smp niatnya ada ketambahan bumbu2 "klo khitan pas bsr ntr rewel bnyk drama" dsb.

Baca lagi

Anakku sunat bayi setelah pupak pusar. Awalnya dr klrga suami it udh dr dl sunat bayi, suamiku juga. Trus buat ngeyakinin diri ak search sendiri ttg sunat bayi. Dr hasil searchingku, ak mnemukan bnyak yg rekomen sunat bayi bhkan dokter luar negeri juga. Bbrapa argumen ttg klbihan sunat bayi : penyembuhan lebih cepat, minim perdarahan, tdk mnimbulkan trauma psikis pd anak

Baca lagi
3y ago

aduh iyaa sih bener emang harus bgt liat langsung, makasi yaa bund infonya 🙏💕

Anaknya adek sy udh d sunat usia 3bln bun.. emg sengaja cz klo ank cowok biasanya resiko trjadinya isk jd drpd nt2 ktny mnding pas bayi gak byk drama. Tp teknik sunatnya menggunakan metode smartklamp n bius lokal tanpa jarum. Dr awal anestesi smp tindakan alhamdulillah gak rewel. Stelah tindakan bius abis cm rewel2 dikit.

Baca lagi
VIP Member

Zaskia Adya Mecca pernah sharing pengalaman sunat brekata saat masih bayi Bun. menurut beliau labih bagus. Masa penyembuhan juga tergolong cepat baby tidak rewel yg berlebihan . Tapi biar lebih yakin ada baiknya bunda konsultasikan ke dokter yaa. Semangat bunda

Anak saya sunat umur 7hari, penyembuhan cepat hanya 3hari saja.. alasan saya sunatkan dari bayi sih agar minim trauma, kalo uda gede takut dianya ga mau, haha karena di agama saya ga wajib tp saya sunatkan untuk kesehatan dan demi kebersihan alat kelaminnya

3y ago

Bisa bun, tapi harus konsul dulu ke dokter apakah ukurannya sudah memungkinkan untuk di sunat apa belum.. nga kok bun, nangis cuma pas keluar dari ruang operasi aja, abis disusuin udah langsung bobo, bsok2nya juga ga rewel, diobati juga ga rewel

Dulu anak pertama saya gitu bund.pas usia 6 bulan ada penyumbatan saluran kemih.jadi harus di sunat.mertua si GPP,to saya kekeh ga mau.karna sya liat anak di suntik aja ga tega apalagi liat di sunat.akhirnya ga jadi.tp alhamdulilah sehat.

iya bisa kok. malah sekarang bayi baru lahir (kalau tidak ada kendala) sudah bisa di sunat. tapi harus di rumah sakit besar dan dokternya juga ahli saraf. aku ada rencana nanti melahirkan, langsung sunat sekalian di rs itu.

4y ago

sama2 🥰😘

VIP Member

anak saya sunat saat 2 tahun tapi ada penyebab medis yaitu fimosis.. pas itu udh step 41 derajat demamnya ternyata krn fimosisnya itu untung belum isk dulu habis 14 juta alhmdllh dicover bpjs full

Oh bru dnger sy.. Ponakan sy mah kls 1 SD bru dia mao d sunat itu pun kemauan sndiri krna biasa ny kn gitu jd nunggu anak ny mau dlu... Tp kaya ny gk tega sih bun klo msh baby d sunat mah

4y ago

iya itu enak kalo dianya mau bun haha tp makin gede udh bisa melas takut sayanya yang ga tega ahaha

Anak saya 20 hari setelah lahir langsung sunat bunda, seminggu baru kering tapi rewelnya cm sehari aja, waktu barusan sunat, setelah itu tidak rewel lg. Adat di tempat saya seperti itu.

4y ago

nah ituuu akunya mantep suami ga tega wkwk tp udah banyak info dr bunda2 yg bisa aku todongin ke paksu wkwk lengkap bgt lg duh bun makasih banyak yaaa :)