91 Tanggapan

VIP Member

Sudah ada hadistnya bun. Karena ari ari termasuk bagian dari tubuh si bayi dan harus dimuliakan. Maka sebaiknya dikuburkan. Tinggal dikuburkan saja gk usah dimasukin macem macem sih bun. Kalau lampu itu utk penerang biar gk di korek korek hewan seperti tikus. Mitosnya kalau ari ari dibuang sembarangan nanti bikin si bayi sakit sakitan. Karen kita gk tau nasib si ari ari itu setelah dibuang, entah dimakan hewan atau membusuk di tempat lain. Meskipun mitos, tetangga saya pernah mengalami ini. Dia membuang ari ari sang anak. Dan anaknya sakit sakitan. Demam tinggi gk tau penyebabnya apa. Akhirnya dia dtg ke org pinter gitu bun. Dan kata org pinternya itu suruh nyariin lagi ari arinya dan dikubur dengan layak. Akhirnya ketemulah ari arinya itu yg udh membusuk, dan udh tinggal setengah krna dimakan anjing. Setelah itu dikuburlah ari ari itu sambil di doain. Dan anaknya udh gk sakit2an lagi.

Ya betul bun , setuju bun

Sebenernya itu adat aja sih bu. Kalo penjelasan medisnya, perlu dikubur karena itu bagian tubuh manusia, kalo dibuang gitu aja bakterinya bisa nyebarin penyakit ke lingkungan sedangkan kalo dikubur dia akan decomposed oleh tanah. Ari ari anak saya juga ga saya kubur karena saya tinggal di apartemen. Jadi sama suami kantong ari ari dari rs dibawa pulang terus dimasukin tanah yg banyak supaya baunya ga nyebar dan cepat jadi kompos. Ditaro di balkon sampe 4 bulan setelah itu kami buang.

Waktu bayi saya lahir suami ngubur ari-ari di kediaman mamanya. Terus kata mama saya dikasih lilin selama tujuh hari biar nggak rewel. Eh saya baru sadar sekarang, emang newborn pastilah rewel 😂 saat benar-benar baru menjadi ibu hampir semua masukan ke bayi saya iyakan. Sampai saya merasa kok saya nggak ada bekal banget jadi ibu. Jadi sekarang karena banyak baca, banyak tahu. Ari-ari cuma perlu dibersihkan dan dikubur aja, bu. Itu identitas bayi kita.

Ari ari itu alat bantu bayi sewaktu didalam perut, setelah bayi lahir itu tidak diperlukan lg dan gaada sangkut pautnya sama bayi. Maksudnya dikubur biar ga dimakan sama kucing atau tikus, tapi sama sekali tidak dibenarkan dalam agama kalau pake2 lampu atau dipagerin. Saya pernah baca kajiannya. Saya lupa kalo dibuang boleh apa engga, cuma selagi buangnya ditempat yg aman jauh dari jangkauan hewan2 liar dan baca bismillah mungkin gpp. Allahualam

Waktu sy dlu yg ngurus kebetulan bapakku sih bun, termasuk orang tua yg masih pakai tradisi jawa gt. Jd dr RS ny itu ditaruh lgsg dikendi sm bpk dikubur dket rumah krn kebetulan pekarangan nya ga terlalu luas kalo jauh2 uda tanah milik orang (kena marah entar) 😄 ga dipakein lampu. Gapapa, jd itu gada hubungan mau kasi lampu apa engga. Cuma takut kalo ga dikubur dimkan binatang kan amis ya.

VIP Member

Saya pernah nonton ceramah salah satu ustad ternama katanya dlam syariat islam ga ada perlakuan khusus untuk ari2 jd kalau mau di buangpun ga apa, kemarin saya memang mengubur ari2 waktu lahiran bukan ngikut mitos atau yg lain cuma mikir kalau dibuang di tong sampah gt taktunya malah menimbulkan bau jd ya saya kubur aja dan ga ada perlakuan khusus.

Ari2 anak saya cukup dimasukan kedalam kendi dan dikubur saja bun. Gak pake lampu2an takut sirik. Kalo ari2 ade sepupu saya karena tinggal di luar negri dibuang aja bun. Gak ngaruh apa2 sama pribadinya. Alhamdulillah sehat walafiat ganteng udah remaja juga. Ku rasa masalah ari2 ini bedasarkan ajaran dan budaya orang tua kita aja nampaknya ya

Tega banget bun mau di buang itu organ kita. Itu harus dikubur, dicuci dulu dibungkus kain kafan terus didoain. Di lampuin biar gak digali hewan terutama anjing. Klo gamau pke lampu, ditarok dulu di wadah yg terbuat dari tanah liat itu (kendi). Gak perlu di pekarangan rumah bun. Perlakuan dg baik bun.

Iya bun. 😁✌️

klo punyaku dlu dicuci trz dikubur dan dilampuin bunda .. klo mau ngubur aja ayah harus ngendong ari2nya yg di dalam kendil trs di siram tiap hari .. kata simbah (karena aq orang jawa)itu sodaranya adik yg selama ini menjaga adik .. jadi harus diperlakukan dengan baik .. ini klo punya saya bunda . sebagai wacana saja .

Jangan dibuang atuh bun , dikubur aja , klo dikampungku suka dikasih kendi trus dibacain doa sm ayahnya bismillah selamat ddek sm ari2ny , klo kta mmahku itu tmennya ddek slma di kandungan jd klo kluar pun hrus dprlkukan kya dia wlwpun sdh ga brfungsi lg seenggaknya dcuci dlu dikafanin didoain .

sama mom mamaku jg bilang gini heuheu katanya itu kembarannya makanya mesti diperlakukan dgn baik juga 😁

Pertanyaan populer