akikah anak

bun,mau nanya apa hukum nya tdk akikah anak menurut agama islam.. apakah boleh atau tidak kalo suami dan istri blm akikah ,harus akikah dulu suami istri tersebut baru anak nya akikah mohon pencerahannya

20 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Setahu sy Aqiqah itu hukumnya wajib untuk ortu mengaqiqahkan anaknya. Untuk anak prmpuan 1 ekor kambing, untuk laki2 2 ekor kambing. Hukum aqiqah itu kewajiban ortu jika ortu mampu. jika smp dgn anak dewasa, ortu blm mengaqiqahkan anaknya, si anak tsb diperbolehkan mengaqiqahkan dirinya sendiri. Mungkin pd saat dewasa si anak sdh punya penghasilan, si anak tsb boleh mengaqiqahkan dirinya sendiri, dan otomatis kewajiban ortu sdh terbayarkan oleh anaknya. Untuk anak laki2 (2 ekor kambing) boleh dicicil bu. Misalkan thn ini 1 kambing, 2 thn kemudian 1 ekor kambing lg. Begitupun boleh. Islam selalu memberikan kemudahan bun. Bunda & suami tdk hrs aqiqah terlebih dahulu, krna aqiqahnya bunda merupakan tanggungjwb ortu bunda & ortu suami. Tanggungjwb bunda terhadap anak bunda. Jika ortu bunda (mhn ma'af ) blm mampu mengaqiqahkan bunda, bunda jg boleh mengaqiqahkan diri bunda sendiri untuk meringankan tanggungjawab ortu bunda. Demikian info yg sy tahu bun, smg bisa membantu. mohon ma'af jika ada yg kurang tepat, silahkan untuk dikoreksi. Lbh baik bunda mencari referensi ke ulama/ustadz supaya lbh afdol bun. Sudah Bunsay jawab ya!

Baca lagi

bund :) seorang anak masih tergadaikan sampai di akikahkan _ HR.Muslim. namun ,jika memang blm ada biaya tdk prlu sampai berhutang u/ akikah. akikah anak adalah tanggung jawab ayah (org tua nya ) jika bunda sudah ada biaya u/ akikah anaknya ,sedangkan bunda sndri belum di akikahi ,.maka dahulukan kewajiban bunda u/ meng _ akikahkan anak bunda. krna anak bunda adalah tanggung jawab bunda. dan akikah bunda adalah tanggung jawab org tua bunda. tapi ,jika setelah bunda meng akikahkan anaknya dan punya rejeki lg ,.maka bunda boleh membantu menyeleseikan kewajiban org tua bunda u/ meng _ akikahi diri bunda sndri barakallah :)

Baca lagi

Islam itu memudahkan bagi pengikutnya bun. Gini, kondisi finansial yang ada di masing² manusia ga bisa disama ratakan, mau yg katanya udah ngumpulin atau nabung dri awal hamil qodarulloh malah kepake terus utk keperluan yg urgent dn alasan yg syari lainnya. Aqiqah itu sunnah yg dianjurkan, jika tidak bisa akikah saat itu juga bisa diganti dlu dgn sedekah perak (dgn jumlah berat timbangan rambut bayi dihitung per gram nya). Memang walaupun aqiqah itu diutamakan, tapi ya itu tadi konsisi finansial orang berbeda². Lagi ga ada biaya banget, jangan dipaksain berhutang, karena justru dlm islam kita harus menghindari hutang.

Baca lagi

Eng.. Saya ga paham2 betul sih, tp setau saya ga apa kalo orangtuanya belum di akikah, selama mampu ya anak dulu karna kewajiban suami (bapaknya anak). Kalo kita yg belum akikah, bisa nyusul kapanpun dan masuk kewajiban diri sendiri, bukan kewajiban siapapun. Boleh koreksi kalo saya salah ya bunda2.

Setahu saya hukum aqiqah itu sunnah muaqad, kalau mampu sudah jadi kewajiban ayahnya untuk mengaqiqahkan anaknya sesuai ketentuan islam pada hari ke 7 atau 14 atau 21. Setelah lewat dari usia baligh kewajiban ayah untuk mengaqiqahkan gugur. Tapi kalau tidak mampu kewajibannya juga jadi gugur.

4y ago

So, kalau ortu.nya waktu kecil belum di aqiqahkan. G ada kewajiban untuk diaqiqahkan waktu dewasa. Setaymu saya seperti itu. Mungkin bisa ditanyakan lagi ke pemuka agama dilingkungan bunda biar lebih meyakinkan

Kalau setahu saya akikah itu untuk kendaraan kita kelak di akhirat, saya juga kurang paham wajib atau gimananya. Tapi ini saya juga mau rencana akikah anak saya, padahal suami saya belum akikah. Sebaiknya disegerakan bu karena akan jadi penolong kita di akhirat

Hukum aqiqah sunnah. Yg saya tau aqiqah itu afdolnya di usia 7 hari, jika sudah lewat maka tidak perlu aqiqah. Untuk orang tuanya yg blm aqiqah bisa untuk qurban aja bun jd ga perlu aqiqah. Agar lebih yakin bunda langsung aja konsultasi sama guru/ustadz.

Klo saya bagi yang mampu bun klo keuangan belum ada ya gak ppa dulu sodara saya anak pertama nggak di akikah in trus anak kedua lahir sekalian akikah kakak nya juga 😁 selagi kita mampu gak ppa bun tapi klo belum nggak usah di paksain 😊😊

VIP Member

Islam itu memudahkan bun. Sesuai kemampuan bunda aja. Kalo mampu aqiqahi anak monggo disegerakan, tapi jangan sampai berhutang ya. Kalo aqiqah utk diri sendiri sebenarnya tidak wajib, malah yg sunnah muakkad itu aqiqah utk anak.

Sesuai dengan pengalaman saya sendiri bunda, saya tidak aqiqah karena ekonomi keluarga pada waktu itu. Aqiqah itu sesuai kemampuan kok bunda. Jangan merasa bersalah ya. Boleh semampunya tidak mengikat.