Jaitan sehabis lahiran normal

Bun saya melahirkan anak pertama tgl 16januari lalu dan jaitanya obras luar dalam banyak sampai (maaf) anus, sampai sekarang luka jaitan yg di vagina masih terasa perih, kemarin kontrol ke bidan katanya benangnya sudah tidak ada,dan sedang proses penyembuhan luka jaitanya, lama sembuh karena kurang asupan proteinya jd luka jaitan yg seharusnya sudah rapet dan sembuh jd daging masih proses penyembuhan, saya jd parno sendiri takut jaitanya robek lg jd lama sembuhnya, tapi kata bidanya saya malah suruh banyak gerak jongkok berdiri dan beraktifitas seperti biasa, katanya 10hari lg sembuh tapi harus makan yg tinggi protein, adakah yg sama bun kaya saya?

43 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Bunda harus tetap memberanikan diri untuk belajar jongkok, apalagi kalo pas sdg BAB.. dulu saya jg parno seperti Bunda, tetapi semakin jaitan itu kita manja, semakin lama sembuhnya.. setelah lahiran 3 hari kmudian saya kebelet BAB & saya beranikan untuk jongkok, keluar darah banyak & saya khawatir jahitan robek, langsung saya bw ke RS tp ternyata itu darah nifas.. sikap jongkok itu jg membantu membersihkan darah nifas yg menempel dijahitan Bunda.. seminggu kemudian jahitan saya sudah kering & kurang dr 40 hr sudah menjadi daging..

Baca lagi
5y ago

sm setelah pipis & ganti pembalut, luka jahitan diberi betadine yg ditempelkan menggunakan kain kassa Bunda.. memang perih tapi itu mempercepat pengeringan jahitan jg..

Saya kasih tips ya bund,ak jg sama lahiran normal diobras luar dalem.. Ak nanya2 sama tmenku yg dlu lhiran dijait,klo mau cpet kering jaitannya..pake Betadine china..byk ko diapotik2.. InsyaAllah cpt kering, tetesin ke pembalut aja klo msh nifas,atau bisa tetesin ke tissu trs tempelin ke vagina qta yg ada jaitannya.. Emg perih dulu sbntr tp lama2 jg ngga,jd kaya anget.. klo ak bneran jd cpt kering/cpt pulih lg si vagina nya

Baca lagi

Saya tipe yg ga bisa nahan sakit kalo sakit dikit nangis Kalo disini disuruh makan Ikan Lencer biar luka jaitanya cepet sembuh/kering, ikan lencer mirip ikan lele tapi bukan ikan lele, kalo daerah laen nyebutnya ikan kutuk kalo ga salah tapi pas gugling ada yg nyebut ikan gabus ๐Ÿ˜„ bisa buat obat luka karna jaitan bund (kata orangยฒ sii) dulu saya abis kecelakaan juga dimasakin itu alhamdulillah cepet kering lukanya.

Baca lagi
5y ago

Enggeh bun sma2๐Ÿ™

saya dulu pas lahiran anak pertama juga gitu bund. jahitan 17 (dalam 9, luar 8) bener sih di kasih obat, tapi seminggu obat.nya habis masih sakit banget, buat jalan aja susah, buat duduk posisi.nya harus bener" di enakin, karena kadang kalau duduk.nya kelamaan masih kerasa cekit". trus suami tak suruh ke bidan.nya lagi buat beli obat.nya.. emang mending dibuat gerak" bund, biar cepet sembuh.

Baca lagi

iya bun sama saya juga . waktu kontrol ke bidan 2minggu pasca melahirkan katanya jaitannya masih basah. sama orang rumah di larang banyak gerak takut jaitannya lepas atau robek lg. tapi kata bu bidan aktivitas biasa aja biar pemulihannya cepet. saya ikutin saran bidan buat aktivitas alhamdulillah pulihnya cepet ke badan jg seger. tapi jangan sampe kecapean aja ๐Ÿ˜Š

Baca lagi
6y ago

bunda sudah sembuh bun jaitanya? tadinya saya jg takut jaitanya robek karena banyak gerak, konsultasi cek ke bidan katanya jaitan saya yg seharusnya sudah sembuh jd daging nggak sembuh2 karena makanan saya kurang protein yg tinggi bun, suruh bidan malah saya suruh jongkok berdiri jongkok berdiri gtu bun, tapi saya takut dan perih jg bun

Saya anak pertama lahir dgn BB 4.5kg Jait obras luar dalam + d sobek Gunting smpe anus karna BB nya gde, Alhamdulillah 2mnggu sembuh kering total gak basah. Trus lahiran kmren d bln october Juga sama BB 3.5kg jaitan bkas Lahiran dlu robek lg alhasil d jait obras lagi kurleb gak smpe 1 bln udh kering bun . Bnyakin mkn protein khususnya putih telur(rebus).

Baca lagi

saya termasuk Bun dijahit udah kaya ngobras aja apalagi pas di jahit ga di bius samasekali Alhamdulillah 2 Minggu udah sembuh katanya sih harus pantang makan nya ga boleh yg amis dan bikin gatel kalo telur rebus boleh Bun yg penting putih nya terus lukanya pake Betadine sering di bersihin biar cepet kering habis pipis lap Miss v nya Bun pelan-pelan aja

Baca lagi

klo saya dulu over gerak malah bun mamaku aja spe bilang jgn banyak jalan duduk yg bener takut jaitanya menyon.. tapi emg dasarnya gk bisa diem yaa alhamdulillah pas kontrol jaitanga bagus aja... tpi masi suka sakit klo berhubungan abis itu buat pipis agak perih,, gak tau mesti gimana ngatasinya

5y ago

48hari bun

aku juga sma bun nglhirin anak yg prtma di jait luar dlem 12jaitan tpi sminggu smbuh di bntu juga sma redoxon pas skrang nglhirin yg ke 2 cuma di jait 3 jaitan luar dlem 2 minggu bru smbuh itupun di bntu sma redoxon gk tau knpa rsanya suka ccok pke suplemen itu ..

bundaยฒ yg di sini ad gk yg ngerasa jahitannya kebuka q udh 1 bulan lebih 4 hari lah tpi udh gk ngerasain apaยฒ sih tp kadang masih ragu mau jongkok tkt aja.. sblmnya malah masih ngerasain nyutยฒan di bagian jahitan sebelum 1 bulan dan itu benrยฒ bikin gk nyaman..