Bolehkah asi kanan dan kiri dicampur?

Bun kalo asi di pumping, bolehkah asi kanan dan kiri dicampur atau kanan aja kiri aja si bun ?

62 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

"Hai Bunda, salam kenal! Saya coba jawab yaa bolehkah asi kanan dan kiri dicampur. Kalau kata dokter saya sih boleh-boleh saja. Tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, misalnya: - kondisi bayi yang cukup bulan - tangan, alat pompa, wadah penampung asi yang steril - asi diperah dihari yang sama - asi yang digunakan untuk bayi Bunda sendiri, bukan bayi orang lain Nah, Bunda tidak boleh mencampur asi kalau bayi Bunda lahir secara prematur, Bunda tidak berada di lingkungan yang bersih, asi diperah dihari berbeda, dan asi ingin didonorkan untuk bayi lainnya. Semoga jawaban saya membantu yaa Bun! โค"

Baca lagi
VIP Member

Hai Bunda, salam kenal! Saya coba jawab yaa bolehkah asi kanan dan kiri dicampur. Kalau kata dokter saya sih boleh-boleh saja. Tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, misalnya: - kondisi bayi yang cukup bulan - tangan, alat pompa, wadah penampung asi yang steril - asi diperah di hari yang sama - asi yang digunakan untuk bayi Bunda sendiri, bukan bayi orang lain Nah, Bunda tidak boleh mencampur asi kalau bayi Bunda lahir secara prematur, Bunda tidak berada di lingkungan yang bersih, asi diperah di hari berbeda, dan asi ingin didonorkan untuk bayi lainnya. Semoga jawaban saya membantu yaa Bun! โค

Baca lagi
VIP Member

Bolehkah hasil pumping asi kanan dan kiri dicampur yaa? Kalau kata suster yang ngurusin lahiran bayi saya sih boleh bun. Tapi, dgn syarat asinya harus dipompa di waktu yang sama, ya. Jadi, saya suka gabungin asi kanan dan kiriku ke dalam satu plastik asi. Alhamdulillah sih anakku sehat-sehat aja. Cuma karena kondisi setiap bayi beda-beda, sebaiknya Bunda konsul dulu yaa ke dokter untuk masalah ini. Karena takutnya nggak semua bayi bisa minum dari asi perah yang dicampur. Misalnya ada kondisi2 tertentu seperti bayi yg lahir prematur. Jd baiknya dikonsultasikan dlu sesuai kondisi masing2.

Baca lagi
VIP Member

Iyanih, sebenernya bolehkah asi kanan dan kiri dicampur ? Karena jujur, produksi asi kanan saya kadang lebih sedikit dibandingkan asi kiri. Jadi kalo bisa dicampur, saya sih pengennya dicampur aja gitu biar nyimpannya lebih gampang dan gak banyak butuh banyak tempat. Saya sih sempet baca-baca, katanya boleh-boleh aja selama diperah di hari yang sama dan semuanya dipastikan dalam kondisi bersih. Bener gak sih buibu? Mohon pencerahannya yaa hehe ๐Ÿ™

Baca lagi

Saya juga pernah tanya ke dokter saya Bun tentang bolehkah hasil pumping asi kanan dan kiri dicampur. Kalo kata dokter saya sih boleh bun, tapi emang ada beberapa hal yang harus benar-benar diperhatikan. Seperti waktu perah asi, kebersihannya, dan kondisi bayi. Karena kan asi itu cukup sensitif dan sangat mudah terkontaminasi. Jadi kita harus benar-benar hati-hati kalau mau mencampur hasil pumping asi kanan dan kiri.

Baca lagi
VIP Member

Iya sebenernya bolehkah hasil pumping asi kanan dan kiri dicampur gitu bun? Denger-denger sih boleh, tapi setelah saya coba tanya-tanya lagi katanya jangan... Katanya busui lebih dianjurkan untuk menyimpan asi di tempat yang terpisah untuk mengurangi risiko kontaminasi. Tapi kalaupun Bunda mau campur asi untuk menghemat tempat penyimpanannya, katanya harus langsung diberikan gak disimpan dulu di kulkas.

Baca lagi
VIP Member

Hmm bolehkah hasil pumping asi kanan dan kiri dicampur yaa. Boleeh kok Bun selama bayi bunda lahir cukup bulan. Dulu saya juga kadang kalo pumping suka di campur asi kanan dan kirinya karena kadang banyakan yang kanan daripada kiri. Tapi emang harus hati-hati banget siih. Saya bener-bener perhatiin waktu pumping dan kebersihannya. Kalo ada yang bilang nutrisi atau kualitasnya beda, ini juga mitos kok.

Baca lagi

Boleh... Tapi... Biasanya dicampur jika suhu asip sama dgn yg kanan dan kiri. Secara teori siih kayak gitu praktek nya siih saya campur aja. Misalkan mompa menggunakan 1 corong yg sebelah kanan duluan, selang 10 menit mompa yg sebelah kiri. Suhu asip yg sebelah kanan dan kiri kan sdh berbeda Tapi saya gabungin aja biar ga ribet

Baca lagi
VIP Member

Setau saya sih boleh bun untuk bayi yang lahir cukup bulan, tapi dilarang buat bayi yang lahir prematur. Selain itu, lebih baik campur asi yang diperah di jam yang sama yaa Bun. Jangan dicampur dengan asi yang kemarin.

VIP Member

Boleh bund, aku dulu pas awal aja diperah pake tangan aja n campur, itupun kalo aku mau tinggalin ke pasar gtu๐Ÿ˜Š lebih suka dbf..tp dr umur 5 buln anakku udah gak mau pake dot..