Bayi 9 bulan apakah normal belum bisa duduk dan merangkak

Bayi sembilan bulan

Bayi 9 bulan apakah normal belum bisa duduk dan merangkak
35 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

pengalaman anaku yg terapi motorik di hermina wejangannya sbb : anak ibu klo sudah bisa loncat fase perkembangan sebaiknya di arahkan ke step yg dia blm lancar bu karena klo dia udh mau jalan otot kakinya akan sakit dan tidak akan kuat di kemudian hari padahal anak blm lancar bolak balik dan duduk mandiri tau ga bu, kenapa ibu merasa aneh.. kok anak saya bisa ya berdiri pegangan. kenapa hayo?? karena udh di ajarin diri diri diri diri diriiiiiiiii terooos otomatis anak seneng diri padahal kekuatannya dr tangan badan panggul belom kuaat persanan bangga pun muncul anak udh bisa berdiri loh padahal blm mampu duduk dan merangkak fase perkembangan motorik ga bisa AKSELERASI kaya anak kelas 2 bisa loncat ke kelas 5 heheh di lupakan dlu aktifitas dia yg seneng diri ya bun kata dokter rehab medik di hermina dr. Ida Narulita Dewi, Sp.KFR motorik anak tuh kuat dr kepala, leher, tangan, badan, pinggul baru kekaki ga boleh di lewati begitu saja karena setiap hari nya ank perlu memperkuat otot2 nya dr atas ke bawah jangan di loncat ya bu stop biasakan MENGIYAKAN berdiri yuks balik lagi ke latihan bolak balik lanjut stimulasi duduk anak mampu duduk dengan sandaran anak mampu duduk mandiri baru merangkak (BUKAN MERAYAP yaaaa) dan bukan NGESOT juga baru berdiri dengan pegangan berdiri tanpa pegangan merambat jalan lariiiiiii mohon maaf ibu klo ada kata2 saya yg tidak mengENAKan banyak ibu2 yg sudah paham dan masiiih banyak bgt ibu yg belum paham perihal LONCAT FASE PERKEMBANGAN ini tidak menyalahkan bu saya puuuun awam bgttt buuun awalnga klo ga silahturahmi ke DSA dan ga nyetuh TERAPI MOTORIK ga akan paham heheeh parah lagi anak saya nyentuh fase ngesot duuuh ga ada ya buunda2 Fase ngesot harus dialihkan ke merangkak cara nya niiiii : pas dia ngesot kan posisi duduk ya terus, bunda lipat kaki kanan ke belakang kaki kiri rapetin telapak kaki kiri ke dekat selangkangannya abis bitu kedua telapak tangan anak, letakan di lantai di depan seperti posisi merangkak kan tuh ya pancing deh pake mainan, makan, di deoan nya suruh maju dorong pantatnya sedikit2 pelan pelan lebih aman saat stimulasi pakai play mate ya salam sharing ya bun sehat2 selalu dede bayiiii

Baca lagi
Post reply image
12mo ago

makasih bu ilmu gratisnya semoga jadi ladang pahalaaa

TapFluencer

Sebaiknya konsultasi ke dokter yah, Bun. Karena red flag duduk mandiri adalah usia 9 bulan, jadi kalau belum bisa duduk mandiri di usia 9 bulan berarti perlu konsultasi ke dokter. Sebenarnya merangkak bukan termasuk perkembangan yang krusial, tapi tetap perlu perhatian. Biasanya batasan anak bisa merangkak sampai usia 12 bulan. Namun, jika anak melewatkan fase ini pun, Bunda tidak perlu khawatir, kecuali ada keluhan lain, seperti keterlambatan perkembangan lainnya, bayi cenderung bergerak hanya di 1 sisi, dll. Bunda juga bisa baca artikel berikut : https://id.theasianparent.com/tahapan-cara-membantu-bayi-merangkak https://www.alodokter.com/seberapa-penting-merangkak-pada-bayi#:~:text=Biasanya%20bayi%20akan%20mulai%20merangkak,merangkak%20ke%20berbagai%20sudut%20rumah.

Baca lagi

Kalau anak saya belajar duduk itu di usia 5 bulan bun otw 6 bulan jadi pas mulai mpasi dia udah bisa duduk walaupun belum duduk mandiri.... kalau merangkak anak saya termasuk telat juga bun awal masuk 8 bulan baru bisa merangkak .... awalnya khawatir juga sama mau 8 bulan belum bisa merangkak .... selama 2 minggu di stimulasi aja bun setiap hari .... sehari 3 kali gak usah terlalu sering alhamdulillah lama lama bisa bun dan sekarang 1 tahun pas lagi mulai belajar jalan ..... kalau masih tetep belum bisa .... coba kontrol ke dsa biasanya di suruh terapi gitu bun .... terapi perkembangan

Baca lagi
VIP Member

bayi q dlu 9 bulan juga blum bisa merangkak dan tengkurap bun,, duduk juga didudukin nggk bisa duduk sendiri,tpi pas 10 bulan jalan ke 11 dia bisa duduk sndiri dan tengkurap bolak balik jalan ke 12 mulai ngesot 14 bulan mulai bsa merangkak dan sekrng 15 jlan 16 bulan masih rambatan, blum brani jln sndiri, mngkin perkembanganya lambat seperti anakku bun tpi ank bnda kalau di dudukin dia bisa duduk sndiri nggk bun atau emg sama sekali belum bsa duduk meski di bntu?

Baca lagi
1y ago

klo ga bisa duduk sendiri jangan didudukin bund, apalagi blm bisa tengkurap. nanti efeknya pas agak besar pasti terasa. Harus stimulasi lebih lg biar si dede nya aktif dan lincah. Harus runtut dr tengkurap, duduk, merangkak, rambatan, baru jalan.

Cek dsa bund. Klo lemes khawatir ada penyakit serius. Klo anaknya kuat berarti cuma kurang stimulasi aja, atau anknya yg males dan kurang lincah entah efek bb nya yg gemuk atau hal lain, kan setiap bayi itu beda2 yaa bund. tp klo lemes dan blm bsa tengkurap kayanya harus cek ke dsa bund, kasian udh tertinggal bgt. minimal tengkurap sendiri trs duduk udh mandiri. klo merangkak mah okelah ga masalah, ada jg yg setaun baru merangkak.

Baca lagi
1y ago

tengkurap nya udah bisa cuma kalau didudukin tuhh kayak males gitu

Anak saya merangkak 11 bulan bun duduk mandiri juga kurang lebih 10 bulan jalan. Sekarang usia anak 14 bulan udah jalan meski masih oleng2 dan masih doyan merangkak soalnya pas 8 bulan dia ngesot. Awalnya saya juga worry bun, karena udah lewat masa redflag tapikan perkembangan anak beda2 juga tapi tetep harus distimulasi kalau perlu ke DSA aja biar kasih penjelasan dari ahlinya.

Baca lagi

SAMA BGT BUN 😆 Sekarang bayiku 9bln 22hr blom bisa duduk n merangkak. Distimulasi merangkak masih malesan bgt bayiku xixi mungkin mau ngasih waktu ibunya utk bersantai sejenak sebelum nanti capecape ria kemanamana 😁 Mau ke DSA harus nempuh perjalanan 3-4 jaman dulu. Rumah pelosok banget, susah kendaraan. sedih bgt kan bun :((

Baca lagi
12mo ago

skrg anaknya gmn bun

udh cb konsul ke dsa blum bun? ankku juga sma,skrg usia 1thun tp blm bisa merangkak n duduk mandiri,tp ankku udh aku bwa ke dsa bun..dan skrg lg tahap terapi,alhamdulillah stelah terapi ad sdkit demi sdkit perkembangan,skrg udh bisa ngesot2 udh mau merangkak sdkit2..cba konsultasikan ke dsa bun biasanya akan disaranin utk terapi..

Baca lagi
12mo ago

bun tanya.. ke dsa nya yg khusus tumbuh kembang gak ya

jangan anggap sepele ya bun. perkembangan anak beda2 tp ada jeda waktunya dimana dia harus bisa melewati setiap tahapnya. sering2 ditengkurapin/tummy time dan didudukin. kalau bisa diterapi sendiri bun atau istilahnya baby spa biar saraf dan ototnya tdk kaku, peredaran darah lancar.

tiap anak perkembangannya berbeda ya bund... anak saya yang 1... 10 bulan udah jalan Bun... anak saya yang ke 2... 10 bulan... masih kayak tentara gitu Bun... dibilang merangkak... tapi dadanya nempel... hehehe.... dinikmati saja Bun... asal sering2 kita stimulasi...