Contributor

Liliana, Indonesia

loading

About Liliana

Posts(24)Replies(3645)Photos(0)

Sharing Perlengkapan Mandi Newborn

Sedikit mau sharing perlengkapan mandi dede yang saya pake waktu newborn. • 1 Baby bather Buat saya yang awal2 masih takut mandiin bayi ini sangat membantu. Dede tinggal ditaro sambil pegangin kepalanya mandiin deh. Ga takut jatuh hehe. Pas diangkat pastiin sabun dede udah bersih biar ga licin :) • 2 buah Handuk Handuk harus sedia minimal 2 karena bisa aja kena pipis or pup dede waktu abis mandi. Kotor satu ada cadangan • 4 buah washlap Saya sedia washlap buat mandiin, atau buat lap lap waktu dede ga mandi karna dingin hujan atau pas lagi anget badannya abis imunisasi • 8 buah sapu tangan Kenapa 8? Karena biasanya 1 set isi 8. Sapu tangan kepake buat lap dede kalo gumoh, sisa sisa asi abis nenen dll. Kepake banget daripada pake tissue tiap hari boros. • Sabun top to toe Sabun yang sekalian sama shampo praktis untuk bayi newborn. • Baby oil Baby oil dipakai buat pijit cinta sama si dede :) • Minyak telon Buat saya minyak telon wajib biar dede anget. Tapi sekarang banyak macam minyak telon baik cair, balsem, cream dll. Pilih sesuai kebutuhan aja. • Paket sisir sikat Terutama kalo dede rambutnya lebat hihihi • Set manicure Anak bayik mudah banget panjang kukunya. Peralatan ini wajib banget biar ga kenain muka waktu cakar cakar • Kacamata berjemur Sebenernya ga terlalu penting karna bisa diakain dengan bagian kepala jangan sampe kena cahaya matahari • Bak mandi Saran saya pilih yang besar sekalian. Biar awet hehe. Kalo kecil bayik mudah nendang2 hehhe. Pengalaman punya yang agak kecil kepake bentar banget karna udah gamuat :D

Read more
Write a reply

Sharing Perlengkapan Pakaian Bayi Newborn

Sebelumnya saya pernah tanya2 soal kebutuhan newborn apa aja hehe. Karna saya udah melewati fase itu saya ingin sharing dikit2 yah tentang pakaian bayi newborn 🤗 Kalo dengerin kata orang tua dulu, beli baju kalo udah 7bulan aja. Sepertinya emang ada benernya sih. Di umur segitu, usg bayi udah ketauan jenis kelaminnya . Heheuu. Tapi saya lebih memilih warna netral. Pernak pernik dede masih banyak kok nanti, tapi daripada nyesel kan hasil usg beda? Selain itu di usia segitu juga udah mulai ketauan si bayik bakal keluar gede (lebih dari 3.5 kg) atau biasa aja sekitar 3kg. Jadi tau kita mesti beli yg ukuran apa hehe. Nah ini dia versi saya 😁 • 3 stel baju + celana pendek newborn • 3 stel baju + celana pendek 3-6 bulan • 3 stel baju + celana panjang newborn • 3 stel baju + celana panjang 3-6 bulan 6 baju pendek dan panjang cukup kok asal rajin cuci hehehe.. percayalah anak semakin gede godaan beli baju masih panjang 🤣 • 6 pcs gurita • 6 pcs kaos dalam Gurita dipakai sebelum puput pusar, biar ga serem gitu hehehe. Tapi kembali lagi ke masing2 yah • 1-2 lusin popok kain • 6 buah bedong Ini kalo mau pake popok kain dulu yah. Saya pakai popok kain sampai anak 3 mingguan, soalnya belum nemu diapers yg cocok waktu itu. Saya sih sampai beli 4 lusin popok kain dan 1 lusin bedong soalnya males tiap hari setrikanya. Tapi kalo niat pake popok cuma sampai puput pusar 1-2 lusin saya rasa cukup begitu pula dengan 6 bedongnya. • 3 jumper pendek Saya punya jumper uk 3-6 bulan, soalnya menurut saya untuk ukuran newborn terlalu bentar pakainya dan bayik merah masih lebih enak pakein baju kancing depan aja • 1 jumper panjang Sebenernya jumper ini ga penting. Kalo saya cuma buat foto2 doang, bayi saya kurang nyaman dipakein ini. Lebih nyaman pake stelan baju panjang celana panjang biasa. Baru dipake sekali udah gamuat lagi. Bayi cepet banget gedenya hehe. • 6 set kaus tangan kaki Kenapa 6? Karna dede udah mulai masuk2in tangan ke mulut otomatis cepet basah dan cepet gantinya deh. Jadi sehari butuh 2 minimal. • 3 celana pop uk 3-6 bulan Kalo pake diapers ga perlu banyak2 beli celana. Kan udah ada yg stelan sama baju diatas hehe. Asal rajin cuci setrika aja kuncinya. • 3 kaus kaki bayi Setelah anak gedean, bisa dipakein kaus kaki. Ga perlu pake sarung tangan lagi buat melatih fase oral anak hehehe • 3 topi bayi Beli topi ukuran newborn dan yg agak besaran ya. Bayik cepet gede :)

Read more
Write a reply

Sharing Ukuran Perut - Pentingnya Pemeriksaan Kehamilan

Hallo bundaa. Saya kembali lagi dengan sedikit cerita kehamilan saya :) Jika bunda liat foto saya, bunda bisa menebak saya hamil berapa weeks? Hehe. Itu foto diambil saat saya uk 27w5d. Atau udah masuk 7 bulan, TM3 awal. Menurut bunda perut saya besar atau kecil? Saya tidak butuh jawaban bunda. Orang orang sekeliling sudah banyak memberikan tanggapannya. Tapi sebenarnya bukan itu yang ingin saya ceritakan. Mungkin kalo bunda liat saya seperti tidak hamil atau misal hamil pun usia masih kehamilan awal ya? TM1 atau TM2. Saya pribadi ga pernah ambil pusing dengan ukuran perut saya. Tapi ada hal yang membuat saya pusing ! BBJ DEDE KEBESARAN !!! Alhamdulillah saya tiap bulan diberi kesempatan untuk periksa kehamilan rutin ke dokter. Bulan oktober pertengahan saya cek darah. Gula darah puasa saya untuk pengecekan glukosa 2 jam termasuk tinggi yaitu 151 dari normalnya 70-140. Seminggu kemudian saya kontrol ke dokter obgyn saya. Waktu itu BBJ dede masih normal. Dokter menyarankan saya untuk mengurangi yang manis manis karna hasil lab gula darah saya tinggi. (Jujur saya sebagai anak Jogja susah ngurangi manis, kalo yang pernah ke Jogja pasti tau kan masakannya gimana hehe). Tapi saya tetep berusaha kurangi manis dikit dikit. Sekitar satu bulan kemudian saya periksa lagi dan USG. Ternyata BBJ DEDE KEBESARAN !! Dari yg seharusnya uk 26w, BBJ dede udah masuk uk 28w. Saat itu dokter nyaranin saya untuk diet manis dan diet karbo. Dua minggu dari USG pertama saya diminta USG lagi dan 2 minggu kemudian juga disuruh cek gula darah. Jika gula darah saya tinggi saya bisa diresepkan suntik insulin. Sekarang saya sedang diet manis dan karbo, sebisa mungkin untuk menghindari suntik insulin. Mohon doanya ya bunda bunda disini ? Bisa sharing juga kalo yang ada pengalaman BBJ kebesaran atau ada diabetes gestasional dietnya gimana? Jujur saya sekarang mudah lapar ?? **cerita saya ini sekedar untuk mengingatkan bunda disini yang masih sering menggalaukan omongan orang sekitar. Jujur saya bodo amat dibilang hamil ga keliatan, hamil kecil lah. Tapi ketika saya melakukan pemeriksaan dan tau BBJ dede kebesaran serta saya harus diet manis dan karbo itu yang saya pikirkan. Semoga cerita saya bisa dijadikan pelajaran untuk bunda disini ya terutama yang masih suka galau ukuran perut. Perut kecil belum tentu janin kecil kok, banyak yang normal tapi malah ada yang kebesaran seperti saya. Untuk tau normal tidaknya gimana? Periksa kehamilan ?

Read more
Sharing Ukuran Perut - Pentingnya Pemeriksaan Kehamilan
Write a reply

Anemia Defisiensi Zat Besi - Infus Venofer

Hallo bundaaa.. Disini saya ingin sedikit sharing tentang kehamilan saya. TM1 saya susah makan. Semua yang masuk keluar lagi. Makan rasanya ga enak, mana saya ada maag jadi tambah tambah rasanya. BB saya sebelum hamil 45kg waktu TM1 turun jadi 40kg. Alhamdulillah nikmat. Saya kurang tau, apa ini berdampak pada kondisi kesehatan saya termasuk zat gizi saya menjadi tidak terserap. Tapi menurut saya iya. Saya waktu TM1 dan masuk TM2 badan saya sering lemes, lesu, ga bertenaga, mudah lelah, sering sesak nafas (agak bingung juga soalnya saya ada asma), kulit pucat, kadang jantung berdebar lebih cepat sampe dada nyeri, kaki dingin, kuku saya menghitam. Kalo saya sercing di google, itu ciri ciri anemia defisiensi zat besi, tapi karna hamil jadi semua dianggap wajar. Mungkin ini bawaan dede. Awalnya saya sudah cek lab di puskesmas (biar hemat). Memang HB saya rendah waktu itu 11.1. Tapi sudah naik daripada saya pas 2w cuma 10.6 (saya tau soalnya saya masuk IGD jadi cek darah juga). Saya sudah mengkonsumsi tablet penambah darah tapi gejala itu belum berkurang. Sudah banyak makan bayam dan daging dagingan. Nah pas saya kontrol ke dokter obgyn, saya disuruh cek lab ulang yang lebih lengkap. Yaudah nurut. Hasilnya ferritin saya rendah. Ferritin merupakan protein dalam tubuh yang mengikat zat besi. Sebagian besar zat besi yang tersimpan dalam tubuh terikat dengan protein tersebut (copy dari hellosehat.com). Hasil cek ferritin saya cuma 9.8 dari normalnya ibu hamil minimal 30. Setelah itu dokter nyaranin saya untuk infus venofer karna kalo dengan makanan dan tablet penambah darah paling ga butuh waktu 3 bulan untuk naik dan itu belum tentu signifikan. Yaudah nurut lagi. Kemudian saya cari info, rata rata untuk infus venofer 1 ampul 500ribuan, saya diresepkan 2 ampul. Jadi sekitar 1jutaan. Karna saya punya BPJS saya coba minta rujukan biar hemat hehe. Ternyata BPJS tidak bisa mengcover infus venofer saya karna HB saya masih diangka 11. Infus venofer memang diperlukan untuk saya tapi sebagai preventif atau pencegahan saja. BPJS akan cover jika HB saya sudah turun di bawah angka 10.5. Karna BPJS sifatnya untuk "orang sakit parah" bukan untuk pencegahan. Setelah dipikir antara infus atau tidaknya. Serta dampak kekurangan zat besi untuk janin, suami saya memilih untuk biaya sendiri saja alhamdulillah dapat sekitar 800ribu setelah survey beberapa RS dan klinik yang bisa menangani infus ini hehe. Oh ya kenapa saya milih infus, salah satunya untuk mencegah saya transfusi darah waktu saya lahiran nanti. Karna bisa beresiko pendarahan. Saya mencantumkan harga disini bukan maksud untuk pamer. Kali aja ada yang butuh referensi juga, termasuk kasus saya ini yang tidak di tanggung BPJS. Soalnya saya dulu juga cari cari info ini termasuk soal biaya hehe. Semoga bermanfaat ? Mohon doanya ya bu semoga saya sehat dan diberi kelancaran sampai persalinan nanti ?

Read more
Anemia Defisiensi Zat Besi - Infus Venofer
Write a reply