Mama Syahdu profile icon
PlatinumPlatinum

Mama Syahdu, Indonesia

Kontributor

About Mama Syahdu

wanna be a good mom

Posts(8)
Replies(1398)
Articles(0)

Hidup bertetangga

Cuma ngluarin uneg² aja bun. Sya pendatang, ada nenek tetangga yg cucunya seumuran dg anak sya (lahirnya duluan anak sya 2 bulan). Sering bgt wkt nyuapin cucunya terus sya lewat pasti anak sya disuapin tuh. Sya tolak dari cara halus sampe kasar. Krn udh keterlaluan, cucunya batuk tetep nekat nyuapin anak sya pake sendok yg sama. Sya udh menghindar disamperin, udh gak keluar rumah juga sengaja main di depan rumah. Saking sebelnya, sya hadepin, wkt mau nyuapin tuh sya bilang 'gak usah' sampe anak sya mulutnya sya dekep pake tangan. Tetep aja sendoknya disodorin, malah bilang gpp, ini udah tinggal akhir²an aja (bubur cucunya udh habis, jd anak sya disuapin sisanya). Sya kekeh gak mau, sampe anak sya nangis. Besoknya pas anak sya sama ayahnya eh tetep mau disuapin lagi, Astaghfirullah. Apa gak sadar itu tetangga. Ntah motivasinya apa, anak sya udh makan pun tetep aja gitu. Sya jd gak respek gitu bun, pdhal pengen bertetangga dg baik. Apalagi, misal anak sya main di pinggir jalan, ambil bunga² kecil gitu. Langsung ditegur dg nada tinggi 'eh jangan main disitu nanti banyak semut' 'eh jangan duduk disitu nanti kotor bajunya', dll. Dalam hati, sya aja gpp mau anak kotor²an toh sya yg nyuci bajunya, hemt greget bgt. Pdhal sya udh sebisa mungkin menghindar, tetep aja ketemu krn masih satu gang. Sya gak mungkin negur beliau dg nada tinggi krn udh sepuh (tua), posisi sya juga pendatang, baru 4 bulan di sini. Ada yg sama gak bun? Punya drama dg tetangga. Note: anak sya baru 15bulan, sya blm bisa ngajarin dia nolak pemberian orang, sudah bisa berkomunikasi tp bingung ngajarinnya gimana ya bun? #seriusnanya #bantusharing

Read more
Hidup bertetangga
 profile icon
Write a reply

Anak mengarang cerita (bohong?)

Moms, #seriusnanya wajar gak sih anak 5th sering mengarang cerita? Apa ada fasenya kayak gitu ya? Jadi sya punya tetangga, anak laki² 5th, dia kalo ngomong tuh kayak yg polos gitu sampe² org pada percaya. Yg lumayan gempar kemarin pas qurban. Dia bilang udah lihat sapinya, ditanyain pun bisa jawab dari jumlah sampe wrna sapi, besar kecilnya. Dia bilang ke orang2, ternyata ngarang semua, tp masuk akal 😆 Nha kemarin anak sya pinjam vespa mainan sodaranya, dia bilang 'itu si hsna nyariin vespanya lhoo, td nangis nanyain vespanya dimana'. Itu juga cuma ngarang. Sya bener2 penasaran #ingintahu, hal2 kayak gitu wajar gak sih moms? Apa bisa terbawa sampe dia besar? Makasih yg sudah mau berbagi ilmunya 🥰

Read more
 profile icon
Write a reply

Gagal merantau (5-8-2021)

Moms, #pleasehelp #bantusharing . Ada yg berpengalaman membawa anak 10bulan merantau?? Suami di rantau, sya sejak melahirkan sampe skrg di kampung (rumah ortu). Sudah 2x ini kami gagal menyusul suami krn faktor eksternal 😭 kondisi tdk berpihak ke kami, ada sja hal² diluar kendali. Ditambah lagi wkt mendekati rencana pindahan kali ini, hati sya gak tenang, rasanya berat, ragu². Satu sisi ingin kumpul dg suami, sisi lain gak tega sama anak (harus pisah dg org² yg sudah akrab). Atau jangan² krna saya yg belum siap mental ngurus baby sendiri, sya jd merasa bersalah ke suami 😔 Sya orangnya kalo ragu² mending ditunda dulu, takut nanti anak kaget gak bisa adaptasi. Krn buat sya yg terpenting itu faktor psikologis anak. Menurut moms gimana?? Saya butuh sharing pengalaman dari moms biar hati saya mantap tanpa beban jika sewaktu² keadaan membaik dan suami jemput untuk pindah. Kira² apa yg perlu diperhatikan atau disiapkan agar anak merasa nyaman saat pindahan? Makasih yg sudah mau berbagi cerita. #seriusnanya #firstbaby

Read more
 profile icon
Write a reply

Nursing strike (anak ngambek bikin gemesh)

Sharing yukk bundaaa, siapa yg anaknya pernah tiba2 mogok nyusu (DBF)?? Terus gimana cara bunda mengatasinya?? #seriusnanya #ingintahu Jadi td malem tiba² anak sya mogok nyusu, ini yg ke 3 kalinya. Skrg usianya mau 10 bulan. Pertama kali mogok nyusu di usia 4 bulan, anak sudah aktif bermain, alhasil ada suara dikit atau ada orang lewat langsung nengok. Nyusunya jd sebentar² bgt bahkan menolak, PD sya sampe penuh dan bengkak. solusinya kalo mau nyusuin kudu nyingkir ke kamar yg sepi. Kedua kali wkt anak 7 bulan, sudah tumbuh gigi. Wkt itu belum banyak ngemil, baru makanan utama 3x dan asi. Pas jadwalnya asi, anak menolak krna mau main, sya sedikit memaksa tp malah digigit. sya sounding gak boleh malah mogok gak mau nyusu sampe 4 jam lebih. Itupun harus saya rayu, "iya, gpp kalo adek gigit, ibu gpp" baru mau. Disitu sya mulai lebih sering memberinya camilan dan mengurangi asi di siang hari.😂 Nha, td malem lumayan drama, berawal dari anak tiba² gigit wkt dbf. Sya kaget bilang 'aduh' terus anak lihat sya tp sya diam sja. Eh malah mogok lagi 😭 terakhir minum maghrib dan semaleman gak mau dbf sampe jam 8 pagi baru mau. asi full sampe sakit 😂 sya pompa habis subuh, anaknya mau minum tp dbf gak mau, sedihhhh rasanya. Sya sounding terus 'ibu gpp kalo adek gigit', sya searching info malem2 ttg nursing strike sampe gak bisa tdur 😆 Oya, ini ada artikelnya, semoga membantu bunda kalo mengalami hal yg sama 🤗🤗 https://id.theasianparent.com/nursing-strike-mogok-menyusu-penyebab-cara-mengatasi/amp https://www.sehatq.com/artikel/penyebab-bayi-tidak-mau-menyusu-dan-cara-mengatasinya Post. Senin, 12 Juli 2021

Read more
Nursing strike (anak ngambek bikin gemesh)
 profile icon
Write a reply