Galauuuu bun

Usia kehamilan 37w..tpi blm masuk panggul...kepala udah dibawah...jadi disarankan sc.karna nunggu normal akan berbahaya. Ada yg sama gak yaaa?? Sumpah galau jadinya...pengen normal sebenernya..

39 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

Dari pengalaman nganter adik saya kontrol di 39 weeks kepala bayi belum masuk panggul dan dokternya blm menyarankan SC. Tapi dokter menyampaikan kalau sampai 40 weeks blm ada tanda2 melahirkan diberikan pilihan induksi atau SC. Ini prosedurnya sama dgn dokter kandungan saya sewaktu hamil, ditunggu sampai 40 weeks. Nah kembali ke case adik saya, malam sepulang dari kontrol ternyata adik saya kontraksi. Besok paginya muncul flek, dan saya antar adik saya ke IGD sudah bukaan 3. Kepala bayi jg blm turun. Kata bidan nanti kalau kepala turun ditandai dgn ibunya mengejan BAB. Jam 16.30 adik saya sudah bukaan 9 dan siap mengejan. Proses mengejan memakan waktu sekitar 1 jam krn adik saya kehabisan energi dan sempat tertidur di tengah2 mengejan (krn tidak tidur semalaman, dan tidak makan apa2 dari malam). Pukul 17.30 bayi lahir, alhamdulillah sehat semua. Silahkan dipertimbangkan mom.. Kalau mom ragu dengan keputusan dokter, coba cari second opinion Saya dulu di kehamilan 35w ganti dokter krn dokter pertama menjadwalkan SC krn bayi saya sungsang. Saya tidak yakin, saya merasa bayi saya msh bisa berputar. Saya memutuskan ganti dokter 2x, dan dokter ke-3 support saya untuk melahirkan normal. Di 38 weeks kepala bayi saya sudah di bawah. Sayangnya sampai 41 weeks tidak ada tanda melahirkan. Sehingga saya memilih SC kondisi ketuban sudah hijau.

Baca lagi
7mo ago

betul bund hrz pnya pgangan bbrp dokter jng cm 1 dokter..cz aku bgtu..cari dokter yg nyaman bwt qta..

aku dulu case anak pertama gitu bun hamil 37 week belum masuk panggul disaranin SC sam dokter aku coba cari alternatif lain karena pingin banget normal.. disaranin sama kakaku ke bidan senior ditempatku.. kata bu bidannya masih bisa masuk panggul terus diajari beberapa gerakan senam untuk baby bisa masuk panggul karena posisi baby jg kepala udah dibawah.. pas mendekati hpl aku usg lagi tapi ke lain dokter.. Alhamdulilah.. bayi posisi sudah bagus dan sudah masuk panggul tinggal nunggu lahir tp karena sudah dekat hpl dikasih waktu kalau dalam 1-2 week lagi gk kontraksi disaranin induksi... Alhamdulilah 3 hari dari situ kontraksi dan lahiran normal deh bun... semoga bunda jugga dimudahkan ya... Semangat Bunda..

Baca lagi
8mo ago

makasih bun...saya coba kedokter lain utk konsul...soalnya pengen lahiran normal...

pengalaman aq pas masuk panggul diatas usia 38-39w . 39w6d baru dh lahiran normal(vbac) . itu aq dh usaha Cek transvaginal buat mastiin keadaan mendukung buat lahiran normal. dan aq jg bawel ke dokter kl aq minta waktu sampe 40w buat keputusan sc/gak nya. ikhtiar usaha belajar & doa, alhamdulillah h-1 hpl kontraksi dr pagi, lahiran malem. sengaja nahan kontraksi sampe di waktu yg tepat buat pergi ke RS, pas bgt dh pembukaan 5 pas sampe igd. Dan lahiran di igd deh di temenin suami + free krn pk bpjs. semangat bund

Baca lagi

nurut kata dokter aja gpp bun . lahiran SC juga pilihan terbaik . ada yg bayinya belum masuk panggul karena lilitan , jadi bayinya gabisa ke bawah . ada yg bisa masuk panggul tapi kepalanya mendongak hadap ke atas , itu juga harus SC , adaa yg udah masuk panggul tapi gabisa lahiran normal bahkan udah buka'an 1 seminggu , induksi 2 kali stuck buka'an 3 karena panggul sempit . kalo dokter sudah menyarankan untuk SC ya ikhlaskan bun . toh jalan apapun lahirnya kita tetap seorang "ibu"

Baca lagi
8mo ago

gpp bun buat sharing . karena sayapun awalnya pengen lahiran normal , dan siap di segala sisi bahkan mental . udah ngebayangin nanti ngedennya gimana . tapi akhirnya ikhlas dengan jalur sc karena sudah induksi 2 kali dan ga mempan karena pinggul sempit

Dokter tuh mba sebenarnya ada yg pro SC ada yg pro normal, tergantung mba nya mau normal kah SC, dokter yg pro normal biar 40mgg juga tetap diusahain normal, dgn induksi, begitupun dokter pro SC, biar gada indikasi medis tetap di suruh SC dgn berbagai alasan.. kalau masalah blm masuk panggul ya masih bisa diusahay, masih 37mgg itu masih ada brp minggu buat usaha, asalkan gada indikasi medis yg membahayakan, tunggu aja dulu mb, semua pilihan ada di tangan mb.. Semangat!!!

Baca lagi
8mo ago

iyaa bun..yg lain normal...hanya saja blm masuk panggul...makasih infonya bun

VIP Member

aku malah pas anak pertama usia kandungan 36 37 week masih keadaan sungsang udah ketakutan suruh SC Alhamdulillah usia 38 kepala udah dibawah dan 39 week masuk panggul dan gak lama melahirkan tapi dokter gak langsung memvonis suruh SC malah aku dikasih semangat sama dokter nya dan bilang kalo bisa diusahakan lebih baik lahir normal aja, dari situ mulai semangat dan lakuin tips dari dokter sering sujud, sering jalan pagi, rajin HB, makan kurma

Baca lagi
7mo ago

BB Janin ku 2,7 bund

VIP Member

Bun, kalau gaada indikasi medis yang berbahaya mending ditunggu aja Bun sampai hpl, soalnya Eman" yaa, mending normal ga ribet urus luka pasca SC dan SC kan biayanya juga lumayan. soalnya saya juga SC karena indikasi PE, abis SC jadi malah kayak ada penyesalan, Kepa ga nunggu hpl aja yaa, kenapa, kenapa pokoknya banyak kenapanya. tapi lama" saya juga udah nrimo kalau memang udah jalan dari tuhan, yang penting saya dan bayi sehat selamat.

Baca lagi
VIP Member

Masih jauh buu, deadline SC kalau tanpa indikasi itu bisa ditunggu sampai week 42. Lain kalau misalnya udah 37 week trus ada indikasi, misal ketuban udh berkurang bangett, keruh, placenta nutup jalan lahir, bayi kelilit tali pusat, dsb. Saya aja masuk panggul, seminggu sebelum lahiran. Santai aja bu jgn buru2 ambil keputusan, coba cari dokter yang bisa nenangin, yang ga bikin panik.

Baca lagi

case anak pertamaku juga gitu bun, menurutku kalau semuanya masih dalam kondisi baik bunda cari second opinion, dan kalau memang mau normal cari dokter/bidan yg pro normal. aku SC di 37w6d karna belum masuk panggul dan anak pertama. aku diskusi dgn suami dan keluarga. kalau memang harus SC ya sdh disegerakan saja drpd sakit 2 kali.

Baca lagi
8mo ago

aq dlu jg gtu. case anak pertama iya2 nurut aja sm dokter dsuruh sc. alhamdulillah pas hamil anak ke2 belajar memperbaiki Dan qodarullah aq sukses normal di anak ke 2 (vbac) . jd ga trauma.

bund... sedikit cerita ya... anakku pertama malah ga masuk panggul. ternyata kelilit tali pusar. alhamdulillah lahir dg normal padahal udh tanda tangan mau SC. anak ke 2 sampai usia 39 ga masuk panggul. sama kasusnya kelilit juga dan bs lahir normal. coba cari opsi dr lain bund. karena dokter itu ada yg pro SC ada yang pro normal. semangat bunda...

Baca lagi