Galina profile icon
PlatinumPlatinum

Galina, Indonesia

Anggota VIPKontributor

About Galina

Super mom, super wife, super tired

My Orders
Posts(31)
Replies(3550)
Articles(0)

Saya harus gimana?

Moms saya punya mertua dan kakak ipar yang super duper baik hati. Tapi saya sampai bingung harus gimana. Maaf ya bakalan panjang. Ceritanya lagi libur panjang kan skrg. Ibu mertua, dan keluarga kakak ipar liburan dan nginep ke rumah tempat tinggal saya & suami selama kurang lebih seminggu. Saya punya anak usia mau setahun msh MPASI dan punya alergi makanan, kakak ipar saya punya 2 anak usia 4 tahun dan 10 tahun. Anak-anak kami laki-laki semua. Setiap pagi selesai sholat subuh ibu mertua selalu menyapu atau mengepel rumah kami. Pdhl di rumah mertua mereka ga pernah bebersih rumah krn udah ada ART. Jam segitu saya masih di kamar, krn anak saya akan ikut bangun kalau saya bangun. Sejak masuk usia 11 bulan anak saya selalu kebangun dini hari atau subuh jadi total jam tidurnya selalu kurang. Subuh saya bangun tp ga keluar kamar krn jagain atau nidurin anak lagi kalau anak kebangun. Saya dan anak baru keluar dr kamar selalu jam 6 ke atas. Kakak ipar saya juga begitu, jd yg bangun hanya mertua saya. Mertua saya ga pernah protes atau gimana2 dgn kebiasaan bangun saya. Emang orgnya buaik bangetttt. Saya malu, dan bingung mesti gimana. Biasanya saya & suami bebersih rumah malam hari pas anak udah tidur. Jadi paginya anak bangun rumah sudah bersih dan aman buat anak mainan. Tp tetep aja paginya paling gak masih disapu lagi sama bu mertua, katanya semalam kan jg masih ada debu. Ya gpp seneng2 aja ya rumah bersih. Tp saya jadi gak enak sama bu mertua. Saya bangun lgsg siapin makan anak, masak tinggal cemplung2 krn udah disiapin bahan2 malamnya. Nah bumer dan kakak ipar ga cocok dgn masakan saya krn kata mereka masakan saya lebih ke manis. Memang iya saya dan suami lebih suka masakan yg manis. Contoh sederhana kyk sambal, saya dan suami suka sambal bajak, sedang keluarga mertua suka sambal bawang (saya & suami ga suka). Jd intinya saya masak pun ga dimakan sama mertua dan ipar. Saya ga masalah. Tapi bumer dan ipar jadi beli di luar. Mereka suka ke pasar dan jajan dan mereka selalu beliin saya dan suami jg. Saya jd ga enak, di rumah makanan jadi berlimpah, bersisa ga habis. Bumer tipe anti buang makanan. Jd tiap malam selalu ada makanan masuk kulkas. Kulkas jd penuh bgt. Makanan yg udah masuk kulkas ga ada yg mau makan selain saya dan suami. Jd saya tiap pagi udah ga masak, cuma masak buat MPASI anak. Saya dan suami makan makanan kmrn yg di kulkas. Tp bumer dan ipar beli lagi makanan. Aduh.. kyk kualahan saya lihat makanan sisa di kulkas. Dari pengalaman dulu2, tiap mertua dan kakak ipar balik ke kotanya saya dan suami ga mampu ngabisin makanan di kulkas dan ujung2nya jadi buang2 makanan. Ini liburan panjang dan saya khawatir seperti itu. Saya ga mgkin buang makanan (yg rusak) pas ada mertua msh di rumah. Tp ga ada yg mau ngabisin makanan di kulkas selain saya dan suami. Suami dari kakak ipar serta anak-anaknya sangat picky soal makanan, dan suka mengkritik makanan, ini jg salah satu penyebab kalau ada mereka harus beli makanan banyak macam. Dan mereka makan selalu ga habis. Misal mereka pgn nasi goreng mintanya masing2 1 porsi. Kakak ipar saya tau tabiat mereka, jd cuma dipesankan 2 porsi. Beneran ga diabisin katanya, krn ga sedap, ga enak. Nyisa tuh makanan, suami akhirnya yg ngabisin. Begitu trs lah pokoknya masalah makanan. Soal beli makanan, selalu keluarga mertua yg keluar uang. Krn saya dan suami ga ikut pesan/beli krn sudah tau pasti akan ada makanan bersisa. Jd kita selalu beralasan ngabisin makanan di rumah dulu. Tp bayangkan seminggu ke depan ngabisin makanan sisa, pengen dong sesekali saya dan suami makan yg kita pengen. Apalagi ini liburan masa iya mau makan makanan sisa terus... Kalau maksain beli apa yg kita pgn, siapa nanti yg ngabisin makanan sisa mereka, kalau buang makanan jg ga bs. Gimana ya baiknya moms?

Read more
 profile icon
Write a reply