kesehatan

Tahnik adalah imunisasi ala Rasulullah (Memasukan sedikit kurma yg telah di kunyah abinya ke langit2 bayi), awalnya saya Tdk percaya tp setelah mengetahui hadisnya shohih, saya percaya, karena Tdk ada perkataan Rasulullah yg meragu kan, dan dizaman Rasulullah setiap bayi yg baru lahir selalu di tahnik terlebih dahulu Adakah disini yg sudah di tahnik anaknya?

33 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

HUKUM TAHNIK Aku bertanya kepada syeikh kami yaitu Syeikh Rabi' hafizhahullah tentang mentahnik (mengunyah kurma lalu dimasukkan ke mulut) bayi yang baru dilahirkan apakah ini khusus untuk Nabi shallallahu alaihi wasallam ataukah umum bagi setiap yang dikaruniai anak ? Maka beliau menjawab : Apabila tujuan darinya adalah tabarruk (mencari keberkahan) maka ini khusus bagi Nabi shallallahu alaihi wasallam dikarenakan ini khusus bagi ludah beliau, baju-baju beliau dan semisal itu (dimana ludah, keringat, baju beliau dan semisalnya mengandung keberkahan, pen). Maka aku bertanya : apakah boleh baginya untuk melakukannya jika tidak bermaksud untuk tabarruk ? Maka beliau menjawab : aku memandang bahwa yang lebih utama ia menjauhinya. 📅Dialog ini terjadi pada tanggal 23 Dzulqa'dah 1435 H. Ditulis oleh Abu Ubaidah Isytawi Al Makki. @aboobaida_alMakki سألت شيخنا ربيع السنة -حفظه الله- : عن تَحنيك الطفل عند ولادته هل هو خاصٌّ بالنبي ﷺ أم هو عام لمن رُزق بمولود ؟ . - فقال : إذا كان الغَرضُ منه التبرك فهذا خاص بالنبي ﷺ ﻷن هذا خاص بِريقه ، وثِيابه ، ونحو ذلك . فقلت : له إذا لم يقصد التبرك ؟ . - فقال : أرَى الأولى أن يُبتَعد عن ذلك . وكان هذا . ٢٣ / ذو القعدة / ١٤٣٥ هـ . أبو عبيدة إشتيوي المكي.

Baca lagi
5y ago

Khilafiyah sih bund, saya ikut yg rajih saja

Kalo anak aku juga di tahnik tpi pas umur 4 apa 6 bln gtu😁 soal nya ps msh hamil aku bilang sama suami biar aku yg tahnik tpi suami bilang harus ayah nya aku ngotot pengen nya aku karna gigi paksu bnyak tambelan akhir nya dia ngalah ehh pas lahir aku lupa tahnik karna saking bahagia nya jdi ibu😁😁

Anak saya tidak di tahnik tapi setiap kali nangis tidak bisa di tenangkan sama mertua suruh kasih kurma yang dikupas kulit keras/kulit arinya, jd dia hisap manisnya kurma baru tenang.. Awalnya saya ragu karna anak di bawah 6bulan dikasih kurma GT tapi setelah konsultasi ke DSA ternyata gapapa...

https://id.theasianparent.com/mirip-tahnik-gel-gula-untuk-bayi-prematur/?utm_source=question&utm_medium=recommended Kyknya orang kita saja yg salah paham maksud tujuan tahnik Rasulullah, tampaknya bukan sebagai imunisasi..

Bunda itu caranya dikunyah abinya dulu sampai lembut gitu bun? Sya akan mencoba besok pas kelahiran anak kedua ,

5y ago

Dari baru lahir bun

ya allah aku baru tau ... dan aku blom cobain ... anak aku skrng dh 3 bln ... terimakasih infonya bun ...

Saay tahniknya pas anak saya umur 6 bulan. Jadi makanan pertamanya ya dengan cara tahnik.

Anak saya waktu brojol lngsung d takhnik, tapi d kunyah nya sama ibu saya,, D kasih cuman seoles saja

Alhamdulillah anak sy di tahnik pas 5 hr lahiran lnjuuut imunisasi sbg ikhtiar keheatan masa depan

Alhamdulillah anakku baru lahir langsung di tahnik bun, ga diazanin, azannya pas mau solat aja hehe

5y ago

🤗🤗