mertua

saya org jawa dan suami sy org sunda sewaktu sy nginep dirumah mertua, ibu mertua sy ngomong gini ‘biasanya orang sunda sm jawa kurang cocok apalagi perempuannya yg jawa, ibu punya tmn orang jawa nikah sm laki2 sunda eh cerai, namanya jodoh gaada yg tau kan ya’ knp mau ibu mertua sy menikahkan anaknya dgn sy, dr awal pdhl udh tau kalo sy org jawa, suka kepikiran bun, apalagi sy lg hamil gini, mamah sy sering ingetin sy supaya sy ga mikirin, tp ttp aja kepikiran bun

134 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
TapFluencer

Sebetulnya nih mnrtku, lebih baik kita yg anak muda😄😄 ga usah ambil pusing dan mending lbh legowo memahami paradigma lama dr ortu2 kita dl yg sgt mungkin referensinya ga sebanyak kita yg muda2 (walau ga semua ya. Byk ortu kita yg pikirannya lebih moderat dr kita2 yg muda). Aku orang Palembang, suamiku orang mBantul-Jogja. Menjelang nikah dl camerku mention kami berulang kali. Bahkan tanpa sepengetahuan suamiku, saat moment aku berdua sm camer mesti ditanya lagi, beneran mba Diana mau nikah sm anaku?, yakin bakal dampingi anaku apapin yg terjadi?. Mnrtku waktu itu, itu sungguh2 weird question deh. Usut py usut ternyata ada paradigma lama yg beredar di kalangan ortu2 kita dl khususnya (maaf) dr Jawa Tengah bahwa cewe Sumatra itu byk tuntutanlah, ego lah dsb (selain ada faktor lain yg tempo hari aku tulis panjaaang bgt soal kelakuan suamiku) yg seblmnya saat pacaran aku kurang ngeh. Ya seiring waktu kan terbukti bahwa aku ga seperti yg dibayangkan camerku dl, ternyata aku di anggap istri yg setia, ceria, dan tangguh di segala medan. Eeeh skr malah camerku jd duta promosi bahwa wanita Sumatra itu asyiik2 lo😂😂. Nangkep pointku kan ya bund?

Baca lagi
VIP Member

saya jugaa. tapi kebalikannya, saya sunda suami jawa 😅 sering juga dibilangin kaya gitu entah dari keluarga atau tetangga. karena saya ga kuat dibilang kaya gitu terus, kalo ke tetangga saya bilang gini, "pak, bu, mohon maaf kalo terkesan mengajari. hati hati dengan lisan dan hati hati jangan sampai hal tersebut berbalik pada anda." kalo yg super duper ngeyel, "baru dah di labrak." 😆 kalo keluarga, intinya juga sama, tapi kalo udah keterlaluan saya bilang gini, "ga setuju dengan pernikahan kami? kalo ga setuju kenapa dulu malah direstuin? kenapa ga ditentang pernikahan kami?" dan selalu saya akhiri, "doakan yang terbaik bagi kami. entah itu berakhir di JannahNya atau berakhir di meja hijau keduanya adalah jalan terbaik dari Allah buat kami."

Baca lagi
4y ago

Sama aku juga

Wk sabar bun.... mertua laki jg perna ngomong dl gak tll suka sm suku x taunya dpt menantu suku x 😅 bingung jg nanggapin nya pdhl semua2 sy yg suka repot ngurusin dan back up. Bwat sy semenjak itu ud ckp tau lah bahwa beliau gak bs dianggap kek bapak sendiri dan biarkan dia dgn pikiran negatifnya, sy menghormati dia krn sy menhormati suami sy aja... suami sy tau ttg hal ini dan paham. Klo jd pikiran sih engga osah dipikirin krn kita mang gak bs bikin semua org happy, rugi n buang energi, dijadikan pelajaran aja dan diingat2 nanti klo ud jadi ibu mertua utk lebih bijak dan jgn pait gt bun :)

Baca lagi

Suami sy sunda. Sy jawa. Gada masalah kok, asal kita mengimani apa yg digariskan sm Allah itu pasti yg terbaik, sembari ikhtiar buat ngejalanin segalanya atas dasar ibadah. Itu sebenernya sejarah kerajaan jaman dulu, sunda dan jawa berebut kekuasaan dan jawa dinilai sangat berkuasa. Makanya di pulau jawa, orang2 sunda itu minoritas. Sejarah itu dibawa sampai skrg, dinilai nanti kalo nikah sm orang jawa bisa2 rumahtanggnya dikuasai sm salah satunya. Pdhl semua ya tergantung pribadi pasangan masing2. Suami sy pekerja keras kok, dan ga pelit spt stereotip masyarakat ttg org sunda.

Baca lagi
VIP Member

jangan d fikirin.. saya org sunda juga.. apalagi saya besar di desa, pas SMP pindah merantau dan mulai tau dunia itu luas.. itu sebenernya bukan mitos.. hanya saja dari zaman kerajaan dulu kerajaan padjajaran dgn kerajaan yang dari jawa gak bgtu akur karna masalah jodoh atau apa saya lupa itu .. nah karna sangat kental nya adat dulu, akhirnya d turun kan k anak cucu nya, tp kan gak semua real dan semua org jawa dan sunda gak bisa berjodoh.. buktinya Almarhum Kakak nya nenek ku, menikah dengan orang Gresik.. nah sampai mereka meninggal tetap berjodoh..

Baca lagi

Disaya Jawanya Keras, Weton aja dipermasalahin pdhal udh saling cinta🙄 Akhirnya saya kabur ke jkt (merantau) Suka sama orang jkt (ortunya asli Brebes) tp udah menetap lama di jkt dan ga pulkam lagi, ya intinya jd orang jkt. Pas pulang ke Solo pake drama dulu, untung calon suami ga pantang menyerah wkwkwk Alhamdulillah dpt restu, kadang kasian sama suami spt ga dianggep dikeluarga saya karna ga bisa ngmong Jawa juga. Makanya saya kalo dikampung ga lama, sekedar silahturahmi aja, paling sering tlp aja sih.

Baca lagi

mertuaku yg cewe jawa, yg cowo sunda tapi udah cerai dari pas suamiku didalem kandungan. itu katanya sih karena orang tua bapak mertuaku yg masih percaya mitos itu jadi mereka melakukan segala cara supaya bumer dan pamer bercerai termasuk guna guna gtuh jadilah mereka cerai padahal masih cinta gtuh, yg kasian anaknya jadi anak broken home, karena masih percaya mitos rumah tangga anaknya berantakan..sekarang pakmer jadi kayak orang linglung gtuh dari setelah cerai katanya efek guna gunanya😢

Baca lagi
VIP Member

Ini mitos turun temurun Bun dulu sering baca artikel di google kenapa orang Jawa sama Sunda ga boleh menikah itu cuma gara² peperangan kerajaan Majapahit dan Pajajaran 😅😅 Kalo sekarang mah udah ga ada yang kaya gitu Bun masing² orang nya aja😅😅 Saya orang Bogor walaupun ga bisa bahasa Sunda tapi masuk nya tanah pasundan ya Bun suami orang Jawa Alhamdulillah jarang cekcok Bun kalo berantem² kecil sih sering namanya juga pernikahan yang penting bisa mengendalikan ego masing²

Baca lagi

Kaya saya hahaa Saya asli jawa , suami sunda campuran belanda Alhamdulillah kami baik baik saja Semua tergantung pikiran masing2 org Dlu keluarga saya juga menentang Keluarga besar terutama Karena takutnya saya kenapa kenapa .. Sebab udh ada kejadian sama sodara yg pidah gara2 nikahin org sunda Tpi suami sama saya yakin kita baik baik ajah trus buktiin sama keluarga yg pikiran buruk ke ssya dan suami Alhamdulullah 6th berjalan semua menerima

Baca lagi

Mertua tuh dalang dr semua masalah ya . Ada aja gitu kelakuan nya , padahal ortu kita yang d mksd mertua suami kita, ortu kita sndiri aja ga gmn2 ke anak nya(suami mu) . Sm kek mertua saya, dlu awal2 manis makin kesini sudah kelihatan asli nya . Kdg ga harus yg muda ngalah sm yg lebih tua, kalo sprt itu terus harga diri bs di injk2 pdhl ortu kita yang ngurusin kita, kenapa kita harus patuh dn hooh bae ke mertua yang kurang baik buat kita.

Baca lagi