Adakah bunda yg pnya pcos berhasil hamil?

Riwayat pcos

20 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

saya bun, lean pco. dr remaja emang kacau siklus haidnya sampe pernah ke spog waktu single tapi ga didiagnose sbg pco. tp saya udah ngerasa ada kecenderungan kesana. akhirnya 2bln stlah nikah, saya lgsg promil ke dokter A. cuma dikasih obat hormon biasa yg bwt ngontrol kadar insulin sama atur siklus haid. ga maksimal emg selama 1thn lebih promil disana karena di daerah saya itu, di pulau kecil luar jawa, ga ada fasilitas cek hormon. dokter cm diagnose pco brdasar riwayat dan hsl usg rutin.. akhirnya 1.5thn promil dsna sia2 dan dokternya dah bilang ga sanggup nanganin lg.. lalu saya pindah ke surabaya, dsna promil lagi di klinik fertilitas. mreka pake prosedur cek hormon dlu sama hsg.. sama cek sperma jg. ketahuan klo trnyta penyebab pco saya bukan resistensi insulin, tp lebih ke ketidakseimbangan hormon. akhirnya dokterpun memberikan terapi ssuai kndsi saya tsb: obat pembesar sel telur, pengendali hormon androgen, sama vit D dosis tinggi krna saya emg defisiensi vit D jg.. alhamdulillah sel telur bereaksi dan sempat matang pecah di pemberian pertama.. pemantauan bulan berikutnya saya minta HSG dan karena itu, saya ga dikasih obat hormon utk siklus tsb. saat hsg emang dokternya sambil bersihin rahim kita sih, karena ada sisa2 darah haid yg ga bersih. FYI, saya kambuh gerd sampe opname bbrp hr stlah hsg krna efek antibiotik dokter. sebulan kemudian, saya ngerasa tanda2 aneh dan saya pikir kambuh lg nih gerdnya.. tp kok ada tambahan sensitif sama bau2an. saya ga pikirkan soal telat haid bbrp minggu krna emg udah biasa apalagi saat itu ga dikasih obat hormon sama dokter pasca hsg. googling2 kok hslnya ke arah gejala kehamilan. akhirnya beraniin diri testpack, masyaallah baru pertama kali saya liat lgsg garis dua.. dan skrg lagi menunggu tanda2 gelombang cinta dari baby.. jangan patah semangat bun. nikmati dlu prosesnya, tapi jgn lupa terus ikhtiar dan berdoa.. krna semua ini tetep ada di dlm kuasa Tuhan. klo promil ke dokter, siapkan mental dan dana pastinya, dan ikuti saran mreka.. klo promil mandiri, lakukan dengan disiplin.. insyaallah kelak perjuangan ini akan membuahkan hasil yg ga sia2.. jgn terlena dgn pikiran2 buruk, tetaplah berpikir positif bahwa pco itu mudah kok penanganannya dan sangat bisa banget bwt hamil💪semangat bundaa

Baca lagi
9mo ago

ok ka trimaksih infonya

Aku PCOS kak,, dari gadis memang punya kendala haid gk lancar dan bb berlebih,, bbrp bulan setelah nikah aku dan suami ke dokter karena pengen tau apa masalah nya pas di usg transvaginal ternyata sel telur nya kecil2 dan jumlahnya banyak,, sama dokter baru di kasih obat hormon sama pembesar sel telur aja sambil diet atur pola makan dan nurunin bb blm masuk tahap promil gk ada cek lab dsb nya karena blm 1 tahun nikah,, masuk usia 1 thn nikah baru lah cek lab cek sperma cek hsg dsb nya,, alhamdulillah suami normal,, organ reproduksikh juga normal cuma memang kendalanya di sel telur ini.. udh cape ikhtiar ke dokter blm ada hasil dan haid pun masih harus ttp minum obt hormon supaya bisa haid tapi aku sambi ikhtiar alternatif sambil tetap terus berusaha untuk nurunin bb,, alhamdulillah 3x pertemuan dan bb pun blm sampe turun ke bb target minimal akhirnya aku hamil bln oktober thn lalu setelah penantian 4 tahun pernikahan,, tapi qodarullah janin ku harus di kuret karena gk berkembang akhirnya aku ikhlasin untuk di kuret akhir november thn lalu.. Blm sampe bb ku turun lagi pasca hamil yg pertama bb ku balik ke awal,, alhamdulillah masyaAllah tabarakallah bln april kmrn aku tau kalo positif hamil lg dan skr lg hamil uk 20w doakan sehat selalu ya kak insyaAllah di tahun ini tahun ke 5 pernikahan bisa momong bayi.. Semangat kak tetep ikhtiar kita yg pcos ttp bisa hamil kok.. Ada 1 lg cerita dari temenku yg sama2 pcos juga,, dia malah gk lama habis nikah langsung hamil dan di kasih anak,, kebetulan kakanya perawat pas dia lahiran sc kakanya ikut di dlm ruangan op dan dokternya nunjukin sel telurnya kalo memang betul temenku itu pcos tapi masyaAllah dgn mukjizat dari Allah temenku itu bisa langsung hamil.. Tetep semangat jgn pantang menyerah,, tutup telinga rapat2 jgn dengerin apa kata orng.. Semangat pejuang pcos💪🏻

Baca lagi
9mo ago

Nah ini juga gk paham aku cuma dari cerita tmnku gitu,, walau gk produksi mungkin masih ada sisa telur yg lama yg memang kecil2 gitu?

aku bund.. anniversary pernikahan ke-3 anakku lahir, sekarang umurnya mau 11 bulan. Aku hamil pas berhenti promil. Jadi tahun 2019 sebelum menikah saya diet dari 50 kg jadi 43 kg karena ingin langsing. Habis menikah saya udah ga diet karena kata orang2 ga usah diet kalo mau punya anak. 3 bulan setelah menikah (Januari 2020) saya periksa ke dokter A, didiagnosis PCO karena ketika usg sel telur kecil2, tidak diberi resep apa2 hanya suruh turun BB karena BB saya melesat ke 51 kg. Bulan Maret 2020 saya pindah ke dokter B karena pandemi, sel telur saya masih kecil2 padahal sudah turun BB dan haid sudah normal, diberi resep vit E dan metformin. Bulan Juni 2020 saya pindah ke dokter C karena tidak ada perkembangan juga. Di dokter C, saya di usg dan hasilnya sel telur saya masih kecil2 dan diberi resep metformin lagi. Pandemi semakin parah jadi saya istirahat dulu, gak kemana2 karena lockdown dsb. Bulan September 2021 saya pergi ke dokter D, saat di usg memang sel telur saya kecil2 tapi dokter D tidak meresepkan metformin tapi obat pembesar telur dan jadwal untuk HB juga surat pengantar untuk cek sperma. Saya ke dokter D, 2x siklus haid (September/Oktober 2021) tapi tidak ada hasilnya juga dan hasil sperma suami normal. Akhirnya saya pasrah pada Tuhan. Saya selalu berdoa sama Tuhan, kalo saya mau diberi anak saya bersyukur, kalo tidak pun saya ingin diberi hati yg ikhlas dan kuat saat orang2 nanya : Kapan hamil? Udah isi belum? saya juga mulai rajin puasa Senin - Kamis dan suka ngemong keponakan2, bikin bingkisan kecil2an buat dibagikan ke keponakan atau anak tetangga dengan niat kalau tahun depan mau bagi2 atas nama anak. Puji Tuhan Januari 2022 saya positif hamil. Saya doakan semoga bisa jadi #PCOSfighter dan segera hamil. Jangan minum kopi, jangan minum2an manis.

Baca lagi

saya pcos bun,alhamdulillah bisa hamil dulu pas msih gadis siklus haidnya mundur kdg jg ga haid bisa d blg 2 bln 1x haidnya prnh konsul dokter kty gpp d usg jg ga ada pnyakitnya...stelah mnikah bbrpa bln sya mlah ga haid"d tespek jg negatif...trus sya konsul lg k dokter spog trus usg lg ktauan klo sya pcos...dan siklus haid sya mundur stelah pngobtan bbrpa bln k dokter tpi ga ada hasil smpe smpet down...tpi tmen"sya ksih support klo d sruh tanamkan dlm pikiran sya klo sya bisa hamil,tnya dokter pun blgnya bsa hmil...mlah sya down nya itu cz pas d ksih obt pmbesar sel telur,sel telurnya ttep kecil stelah itu sya memutuskan buat off dlu pngobatan k dokternya...alhamdulillah d recomendasiin tmen mnum obt herbal dan setiap kali ada org ngmong mnum apa gtu sya ikhtiarin aja ikutin sran orang",trus sya jg sering mnum jus alpuket tnpa gula,mnum madu,sma konsumsi kurma..alhamdulillah stelah 1 bln mnum obt herbal sya haid lg...stelah itu sya lgsung hamil...sya ga tau sih itu drmna apakh cz obt herbal/mkanan yg sya konsumsi...tpi ttep hrus positif thinking bun dan ikhtiar trus jgn lpa berdoa dan mnta doa jg k orangtua...sma jgn terlalu byk mikirin apa kt orang...d los aja bun jgn byk d ambil hati cz itu jg bisa jd sebab kta ga hmil"...ttep semangat pkoknya bun...ttep positif thinking yakin klo pasti bisa hamil😊😊

Baca lagi
VIP Member

akuuu bun, aku penderita PCOS alhamdulillah bisa hamil.. jadi pas setelah nikah sekitar 2 bulan aku dan suami udh periksa ke SPOG supaya tau ada masalah infertilitas atau gak.. alhamdulillah suami normal tapiii aku nya yg PCOS.. syok? pasti tp aku yakin selama aku masih punya rahim masih ada kemungkinan buat hamil.. jadi aku ikhtiar mulai minum obat hormon, pembesar sel telur, menjaga pola makan dan rajin olahraga bahkan aku yg BB nya 45 kg HARUS turunin BB lagi menjadi 42 kg.. karena menurut dokter BB ideal aku 42 kg.. alhamdulillah ada perubahan dan sel telur sudah kembali normal tapi qadarullah aku program ke dokter selama 4 bulan blm positif jg cuma alhamdulillah nya sel telur ku jadi normal ukurannya.. karena udh capek minum obat hormon dan obat pembesar sel telur akhirnya aku memutuskan untuk istirahat dulu buat ke dokter.. pokoknya udh bener2 ikhlas dan gk mau pusing masalah momongan tapi walupun aku udh gk minum obat dokter aku ikhtiar dengan minum ramuan JSR setiap bangun tidur sambil berdoa dan berserah kepada Allah.. alhamdulillah setelah minum ramuan JSR selama sebulan, rajin olahraga dan ttp jaga pola makan akhirnya dpt garis 2 🥰 untuk resep JSR nya bisa banget tonton video ini https://youtu.be/JuRfyAy8Ruk SEMANGAT YA BUN, inget selama kita punya Rahim pasti akan dapat 2 garis 🥰🥰

Baca lagi
9mo ago

tinggi 149 cm bun wkwk aku aja kaget sekurus itu masih aja di suruh turunin bb 😅

Aku PCOS dan penymbatan 1 tuba, suami juga lifestylenya kurang bagus karena makanannya suka yg fast food dan jarang bgt olga. Umur udah 30an jd gak bisa lama-lama berharap normal. Akhirnya nyoba insem, pertama kali insem langsung hamil. Tapi qodarullah kegugran di 11 week karena janin gak berkembang di 9 week. Gak kuret tapi induksi jd keluar sendiri. Habis itu 3 kali insem gagal dan akhirnya di operasi laparaskopi karena ada miom juga 1-2cm. Ditunggu bbrp bulan ttp gak bisa normal. Akhirnya inisiatif bayi tabung karena umur gak bisa nunggu bun, makin kesini kualitas sel telur juga gak bagus. Akhirnya bayi tabung thn 2023, sempet kehambat karena kena covid. Baru mulai lg pas lebaran syawal. Akhirnya hamil di bln Mei. Masuk 2 embrio, bertahan satu karena qodarullah yg 1 gugur yg seharusnya kembar. Sekarang sudah 10 week, bismillah semoga yg ini lancar sampai lahiran dan sampai bayinya dewasa. Aamiin. ps masih ada stok embrio, akan coba program lg setelah kakaknya disapih 🙂

Baca lagi
9mo ago

Kalau fresh transfer embryo bisa lebih murah, kalau frozen transfer bisa 80jtan di Bandung. Itu belum sama obat-obatnya habis transfer embryo, kontrol dokter, dan tes lab sampai beres tm 1 kita akan dipantau. Total bisa sampai 90jtan.

Aku di diagnosis PCOS tahun lalu, memang sebelum menikah bbrp tahun belakangan terakhir suka telat mens/ tanggal nya pasti lewat jauh.. jadi mutusin buat cek ke klinik.. dan aku jg riwayat BB nya melebihi ideal.. jujur aku makan / olahraga masih ga teratur banget setelah tau, tapi sy jg kaget April ini dikasih momongan sama Tuhan pas 7bulan pernikahan (belum setahun menikah).. Tapi lebih baik jaga pola makan,tidur yg cukup,olahraga teratur juga,dan jangan terlalu di stressin/pikirin..oh sama aku minum I-folic dari sebelum hamil.. mungkin itu juga yg micu hormon aku.. ini mnrt pengalaman ku ya, dan stp org pasti beda2..

Baca lagi

Aku pcos bun, Alhamdulillah berhasil hamil alami 4 kali , walaupun setelah nikah gak langsung hamil sempet nunggu beberapa bulan, dan hamil pertama dan ke 3 BO, aku ikhtiar makan sehat aja sama minum ramuan detox rahim.. tapi di kehamilan selanjut nya aku udah makan sembarangan lagi.. sekarang lagi hamil ke 4 anak ke 2.. setelah kuret hamil ke 3 bulan depan nya saya sudah hamil lagi, meskipun saya belum haid beberapa bulan.. Di mindset saya pokoknya bulan ini belom hamil, wah bulan depan Insya Allah saya hamil pasti..

Baca lagi
9mo ago

Aamiin smoga diberikan yg terbaik ka

sya jg pcos bun. d tahun ke 7 br hamil tp BO akhirny dkuret bun. 5bln pasca kuret alhamdulillah hamil lg. skrg ank sdh 2. yg kcil br 4bln. cba diet ngurangin gula ato yg mnis2 bun. g mkn malam. bnyakin mkn syur sma buah. sya kmrn jg gtu bun. alhamdulillah brhasil. g program dokter jg krna sdh lelah.

9mo ago

sayuran ny bebas bun .seadany aj yg biasa dmasak. klo buah biasa ny sya mkn apel.pear.pisang. yg gmpang dcari aj. sarapan kdg cma mkn pisang cavendis sma mnum susu uht yg plain.kdg quaker out sma susu .kdg cma omelet telur 2bji. mkn siang bebas.mkn mlm mkn buah pear sma apel. mngurangi gula n mknn mnis bun

aku PCO juga bun, penantian 3 tahun, haid lancar, gapernah sakit saat haid, bb normal. Periksa ke 3 rs. Pola hidup sehat dan olahraga, tapi Lama-lama capek, pasrah aja Akhirnya minum jsr konsisten sebulan eh alhamdulillah hamil. Semangat ya bun insyaAllah tahun ini Allah kasih hadiah hamil aamiin

9mo ago

selama hamil janinnya berkembang dengan baik bun?