26 Tanggapan

setiap anak memang tumbuh kembangnya berbeda Bun. anak bunda masih bisa ngomong apa sama buss. anak pertama saya dulu, sama sekali gak bisa ngomong, dia ngertinya cuma nunjuk sama geleng, gak ada satu kata yg keluar bun, dan itu berlangsung sampai dia umur 21 bulan. baru di bulan ke 22 dia bisa keluar satu persatu kata. sempat membuat saya khawatir juga, krn anak pertama dan belum punya pengalaman sama sekali, ditambah dgn tuntutan dr orang sekitar yg beranggapan bahwa anak saya kurang normal. puji Tuhan, sampai saat ini dia tumbuh menjadi anak yg normal, sehat dan juga cerdas sesuai umurnya. saya percaya, asal dia tidak menunjukkan gejala stunting, bisa merespon meski hanya lewat gelengan, dia normal dan memang agak lambat saja dibanding teman yg lain. semoga pengalaman saya bisa membantu, dan tidak membuat bunda jadi terlalu khawatir. intinya asal nutrisi, gizi dan tubuhnya sehat, anak bunda akan tumbuh juga dgn luar biasa. kita sbg orangtua bisa mendidik, tp tidak bisa mengatur kapan dia bicara, berjalan dll

coba terapkan "kontak mata 3 arah". screentimenya stop total aja. tiap pagi ajak nyeker diluar rumah. temani anak bermain tapi ibu lebih banyak diam sampai anak yg meminta bahasa. kalau ibu nyerocos aja anak ga akan fokus. konkritnya kontak mata 3 arah tu gini misalkan anak main alat2 dapur, ibu ada didekat anak memperhatikan, trus si anak lagi megang sendok lalu anak menatap mata ibu (semacam konfirmasi ingin menunjukkan sesuatu yg dia pegang), nah saat kontak mata itulah ibu harus bilang "iya.. itu sendok, yg dipegang dede adalah sendok, sendok itu alat untuk makan" sambil ttp jaga kontak mata. saat anak memegang/menunjuk sesuatu lalu kemudian menatap ibu, saat itulah anak meminta bahasa. jadi kalau bisa ibu optimalkan waktu bermain bersama anak.

bener2 di stop screentimenya bun. biarkan anak eksplor sendiri dan jangan banyak perintah,biasanya anak lebih suka belajar dari pengalaman nyata di sekitarnya. biar mereka yg mengajukan pertanyaan saat mereka menunjuk atau memberitahu sesuatu ke kita lalu kita beritahu namanya. kontak mata jg di rutinkan karna bahasa gak hanya disalurkan lewat telinga tp jg mata. percuma kita bawel tp anak fokusnya kmn2. gak usah pakai perbandingan dengan anak org lain, kalau kita masih sering membandingkan dengan anak org lain artinya kita gak percaya sama anak kita, makanya hasilnya gak maksimal, tiap anak kemampuannya beda2, lihat dan fokus ke prosesnya aja.

coba metodenya diganti, bunda jangan langsung ngasih tau 'itu buku', tp didahului dg bertanya, 'itu apa yaa?' (kita ambil perhatiannya), kalo anak merespon, baru kita bilang 'itu buku'. jd kita bangkitkan juga rasa ingin tau anak. bunda harus aktif mengajukan pertanyaan², tentunya juga ngasih tau jawabannya. kalo di anak sya efeknya dia jadi yg aktif tanya 'apa' sambil tangannya nunjuk². memang sebaiknya no screentime sampe anak 2 th. asalkan kita gak mengenalkan gadget, anak pegang atau lihat pun pasti cuma sebentar (gak tertarik).

Ngajarin bicara harus pake bahasa yg benar bund, jgn pake bahasa bayi atau apapun yg gak jelas. Kalo ada kucing yaa kasih tau “itu kucing” jgn puss atau meong. Anakku dulu juga kalo di ajarin bicara yaa diem aja gak pernah ngikutin, tapi selalu aku ajarin pake bahasa yg bener, mobil, kucing, dll waktu 18 bulan baru bisa bicara dengan kata2 yg jelas bahkan langsung bisa ngomong “R” tanpa cadel. 24bulan udh bisa gabungin 3kata dengan jelas. Intinya harus bicara jelas dan rajin diajak bicara.

dri yg aku baca diprofilmu, km terlalu fokus sma anak orang lain, makanya ketika anakmu blm bisa begini tp anak orang lain bisa begitu km bingung km merasa kok anakku blm bisa sedangkan anak dia sudah bisa. stop banding2kan anakmu dg anak orng lain.. mulai skrg fokus sma anakmu sndiri, kalo anakmu blm bisa banyak kosa katanya sdngkan anak orng lain udh banyak kosa katanya, km sbg ibu gmna ngajarinnya? udh crewet blm di depan anak? udh distop belum screentime nya?

crewet banget bun. sampek anaknya gak mau memperhatikan

Anakku 14bln. Juga masih belum lancar. Anak mereka ya biarin mau udah bisa bicara, bisa baca bodoamat. Aku fokus ke anakku. Ga usah di bandingkan, tiap anak perkembangan berbeda. Anakku jelas ngomong "papa, ayah, mama, mbah, emoh" kalo ditanya in "ini topi siapa?" dia jawabnya "yayak" mungkin maksutnya "saya" Sering dilatih aja dengan pertanyaan sederhana. Tapi jangan diajarkan kalo ada kucing panggil nya puss. Ajarin "itu namanya kucing".

Iya mak, intinya jgn pake bahasa bayi. Pake bahasa yg benar.

VIP Member

bu perbandingan nya kan pake kpsp atau apalah itu namanya yg di buku kia/pas posyandu. Bukan anak orang lain ya. kita aja ga suka lo klo di banding2kan sama org lain. anak saya 15 bulan. kosakatanya juga masih dikit bgt. saya udah planning mau konsul dokter tpi entah kapan waktunya. klo saya cek di kpsp sih normal. tpi saya lebih mantab kalo dipantau langsung sama ahlinya alias dokter. kalo bunda khawatir coba konsul ke dokter.

anak sy 14bln jga klo mslah niruin kdang² bun prnh sy blng "dadah teteh" dgn jelas dia ikutin "dadah teteh" itu pas 12bulan . skrg 14bln dsruh niruin malah gamau. kyk sabun ini sabun. stiap mndi sy blng gtu tp ga d tiruin sama anak. ayah nya lg kerja suka dicariin "yayahhhh ayahhh yaaaah'' smbil jlan ketok² pntu. udh bsa blng " mah, ayah, nee, teteh, ini" ngoceh ga jelas nya kyk dadada, tatata, lalala, tetetete, dll..

setiap anak perkembangannya berbeda" bunda. ttp semangat dampingi sikecil jgn terlalu dipikirkan nanti malah bkin bunda frustasi dan berdampak ke si kecil. anak sy yg ke 1 , 10 bulan sdh bs mulai bicara. setiap ada org bicara dia menirukan berbeda dgn adiknya, usia 2,5th baru mau nirukan org bicara. Alhamdulillah. yg penting anak sehat dan ceria bun

Pertanyaan populer