Setuju Atau Tidak

Kalo saya punya pendapat perempuan lebih kuat diabdingkan laki2. Setelah menikah istri mau meninggalkan orang tua dan keluarga yg disayangi demi suami. Ikut suami tinggal dirumah mertua, ngrasain yg namanya capek karna kerjaan rumah, stress, ngurus anak, belom lg dengerin ucapan mertua yg kadang menyinggung, dll. Tapi suami masih banyak yg suka ngetek diketiak orang tuanya. Diajak ngontrak banyak alasan. Diajak tinggal di rumah ortunya istri ngga mau. Rumah sendiri belom punya. Ngga ngrasain tinggal sama mertua yg bawel, toxic, julid, jahat dll.. Itu menurut saya, kalo menurut bunda2 gimana?

33 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Sbnrnya kalau menikah itu bukan pihak perempuan saja yg meninggalkan ortu nya tapi juga pihak suami juga ... Yaaaaa tapi kan kebanyakan org yg menikah meanggap wanita lah yg harus ikut suami "meskipun ikut mertua " lahhh kalau ga siap mandiri ngapain nikah bawa anak org buat dijadiin istri dan numpang dirmh ortu kalau saya sih malu ya masa numpang drmh ortu sedangkan notabene ny cowok gitu lebih gentle lah.... Saya dan suami tinggal di rusun murah meriah paling krmh mertua seminggu 1x aja walaupun mertua saya baik bangetttttt tapi ya tetap aja pengen belajar mandiri.

Baca lagi

Bisa jadi iya kalo tipe suaminya kayak suami yg Bunda ceritakan. Tapi kalo saya pribadi, bersyukur nggak dapet suami kayak gitu. Jadi saya nggak sependapat. Setelah nikah langsung mandiri, di rumah sendiri, ada apa-apa di rumah kami, baik mertua maupun ortu nggak ada yg tau. Semua diselesaikan berdua. Baik suami maupun istri, dua-duanya punya kekuatan yg berbeda sesuai porsinya. Saling menghargai aja, Bun. Kecuali suaminya kayak cerita Bunda, harus dinasihatin biar ngerti tanggung jawabnya sebagai suami. Seharusnya udah nggak kayak bujang lagi.

Baca lagi

Gak mau banding2in ah. Orang kadang juga masih butuh bantuan suami. Kecuali kalo hidup sendiri gak butuh bantuan siapa2, lagian setelah menikah seorang istri meninggal kan "dunia ternyamannya" ya bukan tuntutan suami. Itu kesadaran diri aja. Kalau gak ikhlas menjalani kehidupan sama suami ya gak perlu berumah tangga. Kalau di banding2kan ya brarti masih mau mentingin ego. Menurutku loh bun ya. Maaf kalau salah. Lagian juga cari masalah kalo sampek ada pikiran begitu. Ntar pasti ada gejolak hati buat berontak. Maaf lagi kalau salah omong 🙏

Baca lagi
4y ago

Terlalu naif

Kalau dulu suami sempet di zona nyaman tinggal dirumah orangtuanya. Tapi aku gak nyaman, aku minta kontrak tapi gak diizinin. Qodarullah waktu saya sumpek, terus jalan sendirian. Ketemu sama rumah rusun. Nah dari situlah saya diam2 urus adm untuk tinggal di rusun. Setelah acc, baru saya bilang ke suami. Saat itu saya kasih dua pilihan "kamu ikut saya ke rusun, atau saya tinggalkan kamu." Alhamdulillah sekali suami pilih ikut saya ke rusun dan mulai hidup mandiri meski hanya ala kadarnya

Baca lagi

Ya gimana yaaa. Aku rasa suamiku sebelum dan sesduah nikah ga ada perubahan banyak. Tetep kerja, pulang main game. Kalo aku? Dulu kuliah repot tugas, sekarang repot ngurusin anak, nyuci, ngepel, beres2, mau main gabisa. Bukan masalah kuat ngga nya sih, tapi itu yg suka aku iriin. Dia masih bisa ngkrong, aku engga. Dia masih bisa tidur nyenyak, aku engga

Baca lagi

Perempuan dan laki laki punya porsinya masing masing bun, bukan untuk dibanding bandingkan. Mungkin disini bunda ngomong gitu karna kondisi rt bunda. Harusnya bunda bicara tegas dengan suami apa yg bunda alami dan juga bunda coba dengar dan pandang dari sisi suami gimana Karna menikah itu tentang "kita " bun

Baca lagi

Tergantung gimana keduanya bun kalau kataku. Bisa juga sama2 kuat, kalau keduanya sama2 bertanggung jawab buat keluarganya. Si ibu bertanggung jawab sebagai ibu dan istri. Si suami bertanggung jawab sebagai suami dan ayah. Pada dasarnya istri/suami sama2 manusia juga. Yang bedain cuma kualitas dirinya aja.

Baca lagi
VIP Member

Alhamdulillah stlh menikah saya dan suami udah ada rumah sendiri walaupun berdekatan dg mertua, dan saya memang membatasi waktu saya bertemu dg mertua kalau kdg denger suara gaenak gaprnh saya masukin hati. Yaa saya pikir, yahh namanya juga orang tuaa😅😅😅 julid udah biasaaa

4y ago

Sama, Bunda. Persis. Hehe. Semoga hubungan kita dengan mertua tetap terjaga dengan baik, ya.

Setuju bangt bunda... Awalnya udh oke tinggal d kostan ku (karena sebelum nikah saya anak rantau d kota suami) tpi setelah rumah yg saya ajukan acc saya d ajak k rmh mertua🤦‍♀️🤦‍♀️ pikirnya ngurangin pengeluaran byr kostan tapi malah bengkak bngt

Iyess betul.. Tiap bahas soal pisah rumah wlopun dgn alasan mandiri, selalu jwban suami "berarti kamu ga bisa terima ibu aku". Hmm.. Mending langsung pindah dl dr dekat suami dari pada dibahas jadi panjang.. 😪😪