Jarak imunisasi

Jarak imunisasi boleh kurang dari satu bulan ga ya moms? Bayik terkahir imunisasi di tanggal 21 februari lalu, niatnya tanggal 13 maret besok mau ku bawa imunisasi selanjutnya, karna tanggal 15 aku udah mau pulkam. Di kampung ga bisa pake bpjs karna faskes ku di kota ku sini. Kalo nunggu balik ke sini ntar tanggal 20 april, udah kelewat 1 bulan jadinya. Update: Karena katanya tergantung imunisasinya, bayik bulan lalu imunisasi DPT 1 PCV 2 Rota 3 sama polio 3, bulan ini harusnya DPT 2 sama polio 4.

13 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Jika DPT terlambat diberikan, maka pemberiannya boleh di lanjutkan tanpa harus mengulang dari awal. Ikatan Dokter Spesialis Anak Indonesia memberikan penjelasan terkait tatacara melengkapi maupun mengejar imunisasi dasar pada bayi atau balita. Apabila imunisasi DPT terlambat diberikan, berapapun interval keterlambatannya, jangan mengulang dari awal, tetapi lanjutkan imunisasi sesuai jadwal. Bila anak belum pernah diimunisasi dasar pada usia kurang dari 12 bulan, lakukan imunisasi sesuai imunisasi dasar baik dalam jumlah maupun intervalnya. Oleh sebab itu, anda dapat mengejar pemberian imunisasi DPT 2 pada usia bayi 7 bulan (atau saat ini) dan DPT 3 pada usia 8 bulan ( atau berjarak sebulan setelah pemberian DPT yang ke dua). Hal ini tidak akan mempengaruhi pemberian DPT pertama dan tidak akan mengubah efektifitas dari imunisasi yang pertama diberikan.

Baca lagi

tergantung jenis imunisasinya kyknya bun.. soalnya ada yg hrs jarak 4minggu, ada yg skian bulan, tp ada jg yg bisa dicombo.. mending sih amannya lebih dr 1 bulan gpp pas tgl 20 itu.. di buku KIA jg ada petunjuk waktu2 yg dibolein sama dilarang bwt masing2 jenis imunisasi di tabelnya bun. coba dicek lagi karena beda2 rentang jaraknya tiap jenis imunisasi. klo ragu dan bingung, bisa tanya dlu ke faskes yg bwt imunisasi itu bole ga diundur..

Baca lagi
3mo ago

perkiraan saya,anak bunda usianya skitar 6bulan atau kurang ya kyknya.. sebaca2 saya sih, jarak minimal pemberian vaksin DPT itu 4minggu. klo kecepetan mlh dilarang.. sedangkan klo telat gpp, lgsg dilanjutin aja tnpa perlu ngulang lg dr awal. mgkn bisa baca2 ini bwt referensi https://www.alodokter.com/komunitas/topic/vaksin-dpt-1-dpt-2#:~:text=Jika%20DPT%20terlambat%20diberikan%2C%20maka,dasar%20pada%20bayi%20atau%20balita.

Post reply image
VIP Member

Betul maa jarak imunisasi tergantung jenis vaksinnya. Ada yg boleh minimal 2 minggu, ada yg boleh barengan, ada yg harus jaraknya min. 28 hari atau 4 minggu. Nah utk DPT jarak pemberian imunisasinya min. 28 hari ya. Gak boleh dimajuin, kalau lebih dr 28 hri malah gpp maa, tinggal dilanjut utk jdwlnya konsultasi dg dokter atau bidan atau posyandu atau puskesmas?

Baca lagi

DSA ku info jarak min 4 minggu. Jadi bela2in pagi vaksin posyandu, malam DSA buat vaksin yg belum krn masih 24jam. Soalnya di posyandu vaksin DPT abis pdhl bulan lalu ready. Dr pd nunggu 4minggu lagi buat DPT, trus posyandu belum tau ready kapan mending sehari aku full aja PCV (posyandu ) DPT (DSA)

Tergantung jenis imunisasinya bund. Kemaren pas anak ku imunisasi d blg dsa nya tergantung imunisasi apa. Ada yg boleh dilakukan secara bersamaan, ada yg boleh setelah 2minggu dan ada boleh setelah 4minggu.

kl aku kmrin minimal 28hri kt dsaku..tp kl yg combo kmrin dpt dan teman2. itu 2bulan jaraknya..

Anak saya dulu harus pas atau lebih dari 1 bulan setelah imunisasi terakhir bun.

tidak boleh harusnya bun. lbh baik telat drpd kecepetan.

Amannya mending lebih dari sebulan daripada kurang bun

gabisa mom, lebih bole, kurang gabole