Clara's Mommy profile icon
PlatinumPlatinum

Clara's Mommy, Indonesia

Kontributor
My Orders
Posts(5)
Replies(6968)
Articles(0)

KONTRAKSI KARNA KEPUTIHAN SAAT HAMIL

Assalamualaikum bun, aku mau sharing tentang keputihan ya. Keputihan saat hamil memang hormon ya bun, semua ibu hamil pasti mengalami. Tapi diperhatikan ya, keputihan yg bunda alami itu normal/tidak. Ciri ciri keputihan normal adalah, yg berwarna bening/putih yg tidak berbau & tidak gatal. Aku itu keputihan sudah dari TM1, awal TM1 keputihan yg normal, tp memasuki akhir TM1 lumayan abnormal, karna sudah kuning bahkan kadang kuningkehijauan, disertai bau, gatal kadang kadang aja, padahal udah jaga kelembapan&kebersihan juga, udah sering gonta ganti celana dalam. Nah keputihan ini keluarnya setelah pipis, kaya ngucurrr aja gitu bun (foto slide 3), nah dikeputihan ini aku ngerasain perut keram tp hanya sesekali. Akhirnya aku kontrol, dikasih Antibiotik & sabun Lactacyd Feminine Hygiene. Tapi gak ngaruh bun😵 dikarenakan aku masih punya obat keputihan yg dimasukkan lewat vagina, ini obat sisa aku kontrol diawal TM1, karna dari awal hamil memang keluhannya pasti keputihan. Aku ngerasa cocok jadinya aku pake lagi, alhamdulillah membaik walaupun hanya beberapa hari yaa. Perut keram memang ada beberapa faktor ya bun, bisa karna pembesaran rahim karna bayi makin besar, ada juga keram karna keputihan. Bedainnya gimana? Kalo sekiranya kita lagi keputihan yg abnormal (kuning/hijau berbau&gatal) itu berarti keramnya karna keputihannya ya bund. Nah di tgl 5 Juni aku kontrol (dgn dokter utamaku, karna aku punya 2 dokter di rs yg sama) aku konsulin lagi masalah keputihanku itu, dari bulan lalu sampai kemarin beliau cuma menyarankan "ceboknya sampai kedalam ya, caranya masukkan 1 jari ke vagina, tp sebelumnya kukunya dipotong dulu, abis itu dicuci, baru dimasukkan, karna itu keputihannya mengendap di vagina, cebok kaya gitu ga akan membahayakan janin ko, jaraknya ke rahim jauh" Dari bulan lalu aku mau coba pun takut, dan kadang masih bingung takut salah lobang ahahhaa🤣 yaudah akhirnya mlmnya aku coba bun, bisa lah dikit dikit tapi ga masuk bangetttt. Tapi, setelah kontrol itu, perutku malah keram selama 1minggu (hilang timbul), akhirnya aku mutusin buat ke dokter lagi (dokter kedua ku) ditanggal 12 Juni. Padahal saat itu ada jadwal dokter utamaku, tp aku gamau kalo cuma sekedar disuruh cebok lagi, namanya kontrol udah bayar mahal ya bun, maunya ada hasil. Akhirnya dokter kedua ku menyarankan untuk CTG, gunanya utk melihat berapa persen tingkat kontraksi (perut keram itu), normalnya 10-20% kalo 50% udah disuruh rawat inap, karna bahaya, bisa prematur😭huuu. Alhamdulillah, tingkat kontraksiku hanya 10% dan ga perlu rawat inap. Keputihan abnormal jangan dispelekan ya bun, bisa menyebabkan kontraksi, bahkan lahir prematur. Sehat semua untuk bumil pejuang keputihan, semoga keputihannya bisa kembali normal & dilancarkan sampai lahiran pada waktunya🥰

Read more
KONTRAKSI KARNA KEPUTIHAN SAAT HAMIL
 profile icon
Write a reply