NO LAYAR.!!! or Screen Time

Jaman Now memang ngga bisa kalau harus lepas dari yang namanya gadget. Tapi ingat semua itu bisa dicegah n dikendalikan agar tidak kecanduan. Tergantung POLA ASUH orang tuanya gimana? Jangan biarkan anak nonton TV dan pegang HP sebelum umur 1,5tahun. (Ngga usah dikenalkan pun nanti dia akan ngerti sendiri) Kalau sudah kenal yang ber'LAYAR (bukan kapal ya) batasi jam mainnya, misal : 20-40menit saja. Alihkan dengan mainan lain, terutama yang mengedukasi seperti buku balita. makanan, mewarnai/ tulis menulis, Bermain di luar rumah, bersepeda, mengajarkan anak untuk bersosialisasi dg lingkungan sekitar adalah lebih baik. โ˜บ

NO LAYAR.!!! or Screen Time
19 Tanggapan
Tulis tanggapan

Belajar dr tetangga sblhku dlu bund,, Masyaallah anaknya nurut2,, dr kecil gk dikenalkan hp/tv sampe skrg udah pd masuk sd. Gak pernah juga sklipun dgr emaknya teriak2 ngomel2. punya tv tp gk dipake buat nonton tv hanya disetelin murotal anak ,,jd anak asik bermain sambil dgrin murotal tnpa mreka sdari lama kelamaan jd hapal sndri yg paling kecil 3th sudah hapal juz 30. Mungkin dr sini bs belajar untuk lebih memprioritaskan anak dbnding kesenangan sndri bisa mengalah sm menahan sbntr demi perkembangan anak kdpan. Anak balita msh blm tau kegunaan sguhnya hp gk ada manfaatnya yg ada rugi ngasih sedini mungkin ke anak krna blm bs diajak bertangg jwb,, masih bnyk hal lain slain hp & tv yg bisa kita berikan ke anak sprti mngjak bermain,menggambar atau membiasakan membaca sejak dini, itu lebih bermanfaat dan membuat anak kreatif,,kritis dan aktif krna interaksi lgsg akan menstimulus otaknya krna menciptakan komunikasi 2arah sdgkn gadget & tv kebalikannya komunikasi hny searah jd hny mendgrkn dan melihat tnpa bs merespon hal itu selain menghambat pertumbuhan otak juga memperlambat tumbuh kembang anak sprti (keterlambatan koginitif, gangguan dalam proses belajar, tantrum, meningkatkan sifat impulsif, serta menurunnya kemampuan anak untuk mandiri ) belum lg bhya dr radiasi elektronik2 tsb,, yuk be smart mom,, sblm terlmbat & menyesal ๐Ÿ˜‰!!

Baca lagi
9mo ago

bunda anonim_ ky gt sbnrnya ksadaran dr masing2 ortu bund.. kalo pengen yg terbaik untuk anak ya hrus mengalah. Sblm bunda edukasi anak mungkin bisa edukasi suami dlu buat kesepakatan biar bisa kompak dlm mendidik anak.

Maaf bunda sefikit melenceng ๐Ÿ˜ Ayuuk bunda ikutan daftar dan klik link nya, lumayan buat tambahan beli susu dedek ๐Ÿ™๐Ÿ˜.. Aplikasi scroll baca berita, tadi dapat info dari bunda di group ini juga.. ๐Ÿ˜Š๐Ÿ™ Langsung link nya ya bun ๐Ÿ˜Š App gratis untuk dibagikan dengan Anda, Cashzine! Jangan tinggal di rumah dengan uang tunai gratis, membaca berita, membuat penawaran, menghasilkan uang. Penarikan tunai harian! Masukkan kode undangan saya: 11675495, Anda akan segera mendapatkan 8000 koin! Klik tautan di bawah untuk mengunduh Gratis: https://usercenter-vmd7lf2czq-an.a.run.app/download.html?ggc=11675495%7C3&t=1

Baca lagi
9mo ago

Bisa di masukkan ke rek tab atau ke aplikasi dana bun

biasanya klau yg ngasih anak hp itu yg gk mau ribet pngennya anak diem jdi d kasih hp bun... sya alhamdulillah skrng anak usia 3,5 th gk d kasih gadget yaa.. kdang d kasih sih klau lg kumpul keluarga trus liat anakanak lain main gadget anak sya melongo kasian diem sndri.. jdi saya ksih tp gk lama jdi klau udh 1jam sya bawa sya lbih memilih anak ngamuk nangis dripda trustrusan main hp... mnurut sya lebih baik tv dripda gadget soalnya klau tv kan gk melulu film kartun.. anak sya gtu.. tau jdwal kartun klau udh gk ada jdwal kartun dia main anteng main lego atau yg lainnya..

Baca lagi
9mo ago

iyah bun kalau nnton tv dia suka tdr siang.. tp klau hp prnah dlu smpe tengah malem blum tdr gk prnah tdr siang.. maknya sya lngsung gk kasih hp jdi d biarin aja nangis nnti jga brhnti sndri.. sya lebih suka rumah berantakan krna anak mainmain dripda liat rumah bersih anak anteng hp๐Ÿ˜ฉ

VIP Member

Pengalaman temenku yang baru nikah dan tinggal dirumah mertuanya.. disana jg kebetulan ada sodara suaminya dan keponakan2nya.. kemudian pas malem ke berapa dy tinggal dsana dy kaget dengerin suara pintu digedor2 dan liat jam udh jam 1 malem.. dikirain maling dy tengoklah dr jendela.. karna kamar dy diluar jd kayak dluar rumah gitu.. ternyata keponkan suaminya gedor2 pintu tengah malem minta hape mau main๐Ÿ™„ kesel kali temenku itu tp gk dilarang sm mamanya anak itu dibiarin aja

Baca lagi

Puji Thn... ak dan suami udh komit no screen time smp ankku 2 thn, skrg ankku 8+ dia ngertinya main doank, sesekali dia liat tv tp screen nya sllu beritaaa krn emaknya suka nonton berita ๐Ÿ˜…, dan yg lucu dia jd suka senyum2 sendiri klo dgr jingle iklan yg riang atau enerjik, mis. Iklan shampo rejoice 3in1 tar dia suka senyum2 sendiri tuh sambil lempar pandangan nya ke tv tp habis itu dia sibuk lg main ๐Ÿ˜…๐Ÿคฃ

Baca lagi

Semua balik ke ortunya , jgn cm "biar anak anteng" msh YouTube apalagi nntn tv Anak usia segitu mah BS kok d ajak main keluar , biarin jalan dan main sesuka dia ... Miris kalo lihat bayi jalan aja blm BS udh ngerti YouTube ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ bener2 ga setuju aku , Alhamdulillah anakku 14 bulan ga dong tv , aplagi HP . TW nya hp itu teether kaya e.. comot dan banting ๐Ÿ˜…

Baca lagi
9mo ago

Anakku rung iso d tinggal Mak... Pager rmh buka aja langsung ucul, kalo motor anak kost sekitar rmh sliwar sliwer banter.. Blkng rmh sungai ...wes komplit Ra ISO d tinggal

Anakku lihat hp utk vc sm atok neneknya aja,kadang2 dia suka sih pencet hp ku terus keluar deh foto dia krn dijadiin wallpaper gitu ehh dia senyum2 lihat fotonya ๐Ÿ˜‚selain itu ga boleh. Kalo tv,tv cuma nyala malam aja.. itupun dia lihat cuma iklan yg ada lagu2nya (iklan sosis favoritnya ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ) sisanya dia lebih suka merangkak sana sini,atau jerit2 di depan pintu

Baca lagi
9mo ago

Sama bund anak saya juga gitu, pegang hp kalo pas vc sama omma dan oppa nya aja, untuk tv alhamdilillah dia ngga terlalu suka hehe

Sy juga niatnya nanti kalo punya anak jangan main hp dulu, ponakanku ada yang sampe di panggil puluhan kali ga nengok2 gara2 asik main gawai. Ade iparku yang masih 4taun juga dulu kecanduan main game tapi alhamdulilah hpnya rusak jadi ga mainan lagi, anaknya sekarang juga jadi ga emosian. Dulu apa aja pasti marah tiap liat youtube gara2 iklan ga bisa di skip.

Baca lagi
9mo ago

Kalau anak saya main HP lama dikit saya cabut internetnya bun. Pake wifi soalnya dirumah ๐Ÿ˜

Masing2 anak ada ketertarikannya sendiri2.. Ada juga yg ga suka mainan tp dia lebih tertarik gadget/komputer..ga selamanya gadget itu buruk semua tergantung cara menyikapinya aja.. Gadget bisa jadi media pembelajaran.. Media itu kadang suka lebay.. Utu mah tergantung dari pengawasan ortu asal jgn kebablasan..semuabya juga ada plus minusnya

Baca lagi

Anakku usia 1,5 tahun, kalo kepepet bgt saya kasih nonton youtube di tv, paling lama cuma 30 menit, soalnya tinggal ngontrak, jauh dari orang tua, ga ada yg bantu momong, tp kalo ngga benerยฒ kepepet mah gapernah aku kasih nonton bun, seharian main diluar atau main mainannya sendiri ๐Ÿ˜

Baca lagi
9mo ago

Iy bun, kalau kita lagi bener2 sibuk aja ya. Habis kerjaan kelar, kita ikut main lagi โ˜บ