MPASI dini

Bunda2 disini ada ga yang baby nya dapat MPASI dini di usia 4 bulanan??? Apa ada syarat dan ketentuan yang mengharuskan baby MPASI dini bun??? 'SHARING PENGALAMAN NYA BUN' Anakku keliatan lapar kalo liat orang makan, eyang nya suruh kasih bubur trus. Tapi aku nya masih ragu, pengen nya di usia 6 bulan nanti bun

MPASI dini
23 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

halo bun, aku seorang bidan, aku bantu jawab ya. Ada 4 syarat pemberian mpasi yang harus terpenuhi. 1: bayi sudah mampu duduk tegak tanpa bantuan, kalau bayi belum mampu duduk tegak sendiri akan beresiko tersedak (makanan bukan masuk ke saluran cerna, malah masuk ke saluran nafas) yang bahkan bisa menyebabkan kematian. 2: reflek ekstruksi menghilang. reflek ekstruksi adalah reflek menjulurkan lidah saat kita suapin. Jadi anak yang siap mpasi saat disuapin pake sendok ya mulutnya otomatis terbuka lebar, bukan melet melet ngeluarin lidah. Reflek ini harus sudah terbentuk dulu karena artinya bayi sudah mampu mengontrol lidahnya untuk mencegah tersedak. 3: bayi mampu menggenggam dengan baik. Saat bayi mampu menggenggam dengan baik, itu tanda bayi sudah mulai mampu mengontrol tangannya, jadi kalau kita kasih finger food dia mampu memasukkan makanan ke mulut dan mengontrolnya. 4: bayi tampak tertarik saat ada orang yang makan disekitarnya. Harus ada 4 tanda diatas ya bun, ga boleh cuma salah satu doang. Nah, 4 tanda diatas rata² sudah muncul pada anak usia 6 bulan, karena alasan itulah Ikatan Dokter Anak Indonesia merekomendasikan pemberian mpasi di usia 6 bulan. Ada juga bayi usia 5 bulan yg sudah menunjukkan 4 tanda diatas, ya monggo kasi mpasi. Untuk pemberian mpasi lebih awal, harus dipastikan ke dokter spesialis anak langsung ya, jadi dokternya bisa memastikan 4 tanda diatas secara langsung. seperti itu bun.

Baca lagi
2y ago

trimakasih bu bidan, setelah ini saya bisa kasih tau ke eyang nya 🙏 semoga eyang nya bisa mengerti

TapFluencer

MPASI di usia 4 dan 5 bulan itu bukan sekadar dilihat dari tanda kesiapan secara fisik, tapi juga perlu sesuai indikasi, saran, dan pengawasan medis, Bun. Karena ada kesiapan pencernaan dan enzim yang sulit dinilai dari fisik. Setahu saya, kesiapan pencernaan dan enzim baru bisa diketahui setelah mulai makan. Makanya jika tidak ada keluhan, tidak ada indikasi dan saran dari dokter, secara umum bayi yang sehat da cukup bulan memulai MPASI di usia 6 bulan. Pencernaan biasanya juga siap di usia 6 bulan. Biasanya indikasi pemberian MPASI di usia 4 dan 5 bulan adalah gangguan pertumbuhan yang tidak bisa diperbaiki dengan koreksi manajemen laktasi, atau pemberian suplementasi sufor. Jika hal ini terjadi dan sudah tampak tanda kesiapan fisik untuk mulai makan, dokter yang akan menyarankan pemberian MPASI meski belum berusia 6 bulan. Ini pun tetap dengan pengawasan dokter. Jadi memang bukan atas inisiatif sendiri.

Baca lagi

anak usia tsb keliatannya memang tertarik ngeliat makanan orang lain. sabar2in aja dulu tunggu 6 bulan. nanti pas udah waktunya makan dan dikasih makanannya sendiri belum tentu dia mau. pun misal bunda masih merasa "anak saya perlu makan skg nih", silakan konsultasi ke dokter anak biar beliau yg menilai dan melihat tanda kesiapan makan anak bunda. karena ga mudah mengadviskan anak bisa makan atau belum. harus ada indikasi medis. oia, kalo mau join WAG MPASI, tulis no WA bunda ya atau DM aja no nya ke IG saya @leligustiani biar lebih aman.

Baca lagi
VIP Member

Syarat MPASI dini : 1. Di perbolehkan atau atas saran dari DOKTER SPESIALIS ANAK 2. jika belum konsultasi ke dokter spesialis anak, maka HARUS KONSULTASI KE DOKTER SPESIALIS ANAK karena HANYA DOKTER ANAK YG BOLEH MENYARANKAN. 3. syarat no.1 dan no.2 harus di lakukan. Jadi,kalo anaknya seneng ngeliat anak makan dan suka memasuki tangan ke mulut, bunda bisa kasih ASIP (jika memang ASI) atau sufor yg di suapi pake sendok. tapi bun,memang usianya sedang memasuki fase oral. Jadi wajar kalo kayak gtu.

Baca lagi

ankku jg gtu bun dari usia 3bln udh mulai antusias klo liat orang mkan, aplgi klo skrng udh 4bln lebih. klo orang mkan brsa dia yg ngunyah mkanan 😂😂 nces nya pun ngalir gtu aja smbil masukin mainan atau tngan k mulut. ortu ku jg bilng buat di cobain mkanan, latian mkan kta orang2 mah. tp aku bilng ntar tunggu 6bln, Puji Tuhan mma ku ikut aku. gk mksa2 gtu kek kbnykan emak2 yg rada kolot dgn kata orang dulu.

Baca lagi

anakku dri 3 bulan klo ada orng makan langsung rusuh, ikut nelen😂 sma mulutnya kya ngunyah, tpi aku ttep kkeh biar smpe 6 bulan, wlopun sana sini nyuruh kasih mkan, sekarang udah 6 bulan, udah mulai maem, mlah ribet sekarang kudu nyiapin tempat makannya, menu nya dsb, mmpung masih full asi nikmatin dulu bund😁 masih simpel tinggal buka bh😁

Baca lagi

syarat nya sperti tanda kesiapan makan dan perkembangan motorik nya lgsg di cek sama dsa mams.. klo gaada indikasi mendg tgu 6 bulan.. keliatan lapar tu mgkin bukan lapar beneran mams.. bayi itu keponya tinggi. .liat org makan dy pasti kepo itu apa ko dimasukin ke mulut. dy jg pasti pengen coba apalagi dy lg fase oral apa2 di masukin mulut

Baca lagi

masyaalloh cantik dan lucu bgt..hrus kekeh sama pendirian bun..nnti aja 6 bulan..amit amit soalnya bnyk kjdian yg gk gk yg nyoba nyoba mpasi dini..anak skrg kan beda sma dulu..yg bru smgguan aja di kasih pisang..menjaga kan lebih baik..kasih pengertian aja sma.kelurga

jangan bu, nanti kerasanya bukan sekarang tp anak sudah menjelang besar, bisa kena banyak penyakit yg berhubungan dengan pencernaan, kaya maag, asam lambung tinggi dll, kasian. soalnya usus anak belum siap nerima makanan selain asi, jadi sabar aja bu tunggu 6 bln.

dulu anak pertama saya mpasi dini 5 bulan lebih 2 minggu.. itupun karena bb naiknya dikit terus anak saya full sufor.. itupun minta izin dulu sama dokter pas imunisasi.. anak saya 4 bulan juga gitu keliyatan laper, ngeces mulu, saya kasih teether z..