Full asi apakah harus sufor?

Bun kan aku mau full asi karna Alhamdulillah asi aku cukup banyak, tp sodara aku yg suka urus bayi bilang cobain pake sufor biar nen nya lebih sering.. Case nya anak aku tidur trs kalo siang tp aku suka susui 2jam sekali. Katanya anaknya kurus coba pake sufor. Pdhl asi aku aja over sampe sering kebuang apalagi kalo tambah sufor mungkin pd aku sakit ya gk di susui. Trs katanya bdan bayiku kecil karna mungkin asi nya gak enak makanya katanya coba tambah sufor, pdhl aku sama suami maunya full asi. Bun emang kalo pake sufor bb nya cpt naik? #ingintahu #SeriusTanya #bantusharing #bantujawab #Sharing_dong_Bund #firstmom

53 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Halo Bun, terima kasih sudah berbagi cerita dengan kami. Memang ada anggapan bahwa dengan memberikan sufor, berat badan bayi bisa naik lebih cepat. Namun, sebaiknya tetap konsisten dengan memberikan ASI saja karena ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi. Jika ASI yang Bun berikan cukup banyak dan bayi sering tidur, sebaiknya terus lakukan pemberian ASI sesuai kebutuhan bayi. Jika bayi sering tidur dan tidak mau menyusu, coba bangunkan bayi setiap 2 jam sekali untuk menyusui. Ini dapat membantu meningkatkan frekuensi menyusui tanpa perlu menambahkan sufor. Tetaplah percaya diri dengan ASI yang Bun berikan, karena ASI merupakan makanan alami yang sangat baik untuk tumbuh kembang bayi. Berat badan bayi akan naik sesuai dengan kebutuhan dan pertumbuhannya. Jika masih ragu, konsultasikan dengan bidan atau dokter anak untuk mendapatkan saran yang lebih spesifik mengenai kondisi bayi. Semoga jawaban ini membantu, dan tetap semangat dalam memberikan ASI eksklusif untuk bayi ya, Bun! #bantusharing #Sharing_dong_Bund #firstmom

Baca lagi

1. ga ada hubungannya tambah sufor -> anak jd lebih sering DBF 2. anaknya usia brp bun? kalo newborn dan dia tidur terus ada kemungkinan bilirubin nya tinggi. wajib dibangunin 2 jam sekali utk menyusui 3. anak BB nya kecil kok asi ibu nya yg dibilang gak enak? emg ASI itu ada varian rasa nya? semua ASI rasanya sama. kalo BB nya kecil ada kemungkinan proses pelekatan saat menyusui blm sempurna jd si anak juga blm maksimal menyusui nya ASI mu cukup bun. jgn mau dijebak sm org minim literasi buat ganti sufor. emgnya sufor murah? boleh pake sufor ya kalo terpaksa dan sesuai kebutuhan. lah wong ibu nya ASI akeh mantul. kita sbg busui yg punya kapasitas ASI cukup harus byk2 bersyukur. dah besok2 sodara km tuh jgn suruh deket2 anakmu deh. ngeri di kasih makan sebelum umur 6 bulan hiiii~

Baca lagi

Jangan salah anak asi gak bisa gendut gak ada cerita nya. Anakku sebulan naik 1.5kg full asi. Tapi badan nya emang kecil karena bbl cuma 2,3kg. Kuncinya bunda mesti happy banyak2 makan protein. Tiap hari cemilin tahu-tempe murah meriah ketimbang asi booster macem2 merk. Dan yg terpenting anak sehat itu patokan nya bukan yg gembul ginuk2. Bayi kurus juga bukan berarti penyakitan. Tapi cerita nya kalo emang bener kenaikan bb nya gak sesuai sama KMS mending ke posyandu atau DSA jangan ujug2 kasih sufor cuma karena disuruh sodara Inget ya bund, bukan mau menghujat sufor tapi sufor semahal dan sebagus apapun gak bisa menandingi bagusnya nutrisi asi. Bersyukurlah bunda bisa kasih full asi buat bayinya.

Baca lagi

emang anak bunda beneran kecil ? maksudnya BBnya kurang ? kalok masih rentang normal mah lanjut ajah ASI bun. udah lengkap nutrisinya dan gratis pula 😊tapi kalok misal BB bayi bunda memang kurang, mungkin saya bisa saran kalok bunda hiperlaktasi atau ASInya sangat berlimpah bisa dipompa dulu bun 10 menitan baru disusui ke bayi. karna untuk yg hiperlaktasi biasanya kebanyakan foremilk. bayi bisa kenyang duluan minum foremilk padahal yg bikin BB nambah itu bagian hindmilknya. semoga membantu kalok saran saya sekiranya sesuai kondisi bunda 😊semangat mengASIhi ya bun

Baca lagi

ga perlu sufor kalau memang asinya mencukupi. dan jawab aja tegas bun "iya gpp sy sm suami sepakat mau full asi aja,kecuali kalau asi sy ga mencukupi dan dokter bilang butuh tambahan baru sy tambah sufor." atau "o kecil ya? gpp, alhamdulillah di grafik nya tergolong normal kok. full asi aja dulu" gausah terlalu dipikirin bun,yg punya keputusan terhadap anak itu bunda dan suami,orang lain selain nakes gausah digubris. kecuali jika bb bayinya stuck atau dibawah batas normal,bunda bs konsul ke dokter. dan apa benar pake sufor bb cpt naik,jawabnya visa ya bisa tidak,tapiii tetap sebaik2 makanan bayi adlh asi mau anaknya gemuk mau kurus selama di kurvanya normal dan anaknya sehat udh biarin aja

Baca lagi

Gendut belum tentu sehat Bun. Yang penting anak Bunda BBnya sesuai kurva di KMS aja. Sayang banget ASI Bunda banyak, kenapa harus ditambah sufor? Anak sufor cenderung lebih gendut karena kandungan gula di sufor lebih tinggi dibanding ASI. Daripada uangnya buat beli sufor, mending buat beli makanan yang padat gizi Bun. Dalam ASI ada kandungan antibodi yang bagus banget buat kekebalan tubuh bayi yang tidak ada di sufor Bun. Bahkan DSA tempat saya konsultasi bilang ASI itu obat alami untuk bayi. Betapa sayangnya ASI Bunda yang sudah begitu bagus malah diganti sama sufor. Menggunakan sufor tidak salah kalau memang dibutuhkan. Tapi selagi masih ada ASI tentu jauh lebih baik ASI Bun

Baca lagi

tapi kalau mix sufor pun belum tentu anaknya suka sama sufor nya bun. saya asi mix sufor. anak saya lebih suka asi. bahkan pernah bikin sufor, gak disentuh samsek. maunya nete. saya sih seneng2 aja kasih asi. cuma karena omongan ibu dan kakak saya suka nyinyir, dibilang abak saya kecil lah blablabla. jadinya kepikiran kan stress. asi jadi seret. anak minum sufor juga ogah2an. plus lagi pas kontrol ke dsa, eh naik nya cuma 400gr. jadinya makin gak pede sama kualitas asi saya... padahal kalau nete, anak saya lahap bgt. jadi gak semua anak akan suka sufor bun. kalau masih ada asi pasti anak lebih pilih asi ketimbang sufor.

Baca lagi
3w ago

@ana: mungkin sufornya gak cocok bun

VIP Member

aku 3x ganti dokter anak semuanya pro asi sampai support saya full asi 2th. badan kecil asal naiknya sesuai KMS gapapa, anakku juga sama badannya langsing karena orangtuanya juga langsing (turunan sampe kakek dan buyut aku dan suami ga ada yg berisi). ga semua yg pake sufor BB nya juga gede, kalau cocok ya BB-nya naik kalau ga cocok resikonya banyak salahsatunya diare dll. saranku pribadi fokus aja sama asinya, apalagi sampe melimpah dan keuangan, aku juga pas mengasihi sampe di pompa dan di buang karena sering penuh. kalau ada kulkas yg freezernya nganggur di stock aja buat MPASI lumayan.

Baca lagi

kaakkk plis jgn kasih sufor 🙏🏼 apalagi asi nya deres, huhu jgnnn🥹 asi itu yg paling bagus buat bayi. aku ibu asi dibantu sufor, susah bgt kak apalagi kalo sampe bingung puting, trs bisa lama lama maunya dot aja ga mau nenen. belum lagi ribet cuci dot + keluarin dana lebih buat beli sufor yg gk murah. asi udah yg terbaik + gratis dan gak rempong. gk usah denger kata orang, bayi kecil kalo beratnya sdh sesuai ya gapapa.. lagian masih bayi.. kenapa harus buru buru mau gendut besar. semoga kaka ga terpengaruh kasih sufor ke anak yah🥹🥹🙏🏼

Baca lagi

Kalo kenaikan BB nya bagus, yaa gempur ASI aja bun,, ngga perlu sufor.. Jangan dengerin kata orang yaa bun, ngga ada ASI gak enak bun, justru ASI itu nutrisinya lebih lengkap dibanding sufor.. ngga ada yg bisa ngalahin ASI.. Bunda Alhamdulillah dikasih ASI cukup, jadi manfaatin yg ada aja bun.. pake sufor palah nguras kantong.. 😁 tinggal bundanya aja makan dg gizi seimbang..

Baca lagi