kuliah TINGGI-TINGGI tapi jadi IRT

Bunda disini ada gak yang kuliah sampai sarjana tapi milih jadi ibu rumah tangga setelah memiliki anak, dan banyak dinyinyirin orang, dinyinyirin tetangga? Emang salah kalo perempuan kuliah tinggi tapi milih jadi IRT ngurus anak, suami, ngurus rumah?

399 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Saya bund alhamdulillah pendidikan sampai S1 ilmu pemerintahan setempat menikah hamil cuti saat usia kandungan 36w dan setelah melahirkan menyusui dan saat itu anak say full asih dan akhirnya saya memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan saya saya berkerja di pemerintah kota tanggerang saat itu dan suami pun sangat sangat menyetujui saat saya memilih untuk menjadi IRT padahal saat itu saya sudah menjadi PNS dan saya tidak menghiraukan nya apa pun perkataan orang cibiran orang sampai istri abang saya sendiri pun ngomongin saya ke tetangga tetangga karena abang saya dan istrinya tinggal bersama ibu saya dirumah ibu saya sedangkan saya dan suami misah karena alhamdulillah suamipun sudah menjadi pns dan sudah memiliki rumah sendiri dan rumah saya dan ibu saya gak begitu juah jaraknya setiap saya pulang kerumah ibu saya untuk menengoki ibu saya semua tetangga saya membicarakan saya dari yang bilang percumalah sekolah sampai s1 ujung-ujungnya jadi ibu rumah tangga gak kasian apa sama orang tuanya dari kecil sampai besar di sekolahin tinggi-tinggi mahal-mahal bukannya kerja ngebahagiain orang tua malah nikah dan menjadi irt tapi dengan senyum lebar saya tanggapinnya bahkan ada yang bilang orang tua nya mati-matian jadiin sarjana eh ujung-ujungnya ngurusin anak suami tapi alhamdulillah ibu saya pun tidak pernah keberatan dengan keputusan saya dan walaupun saya sudah menjadi irt saya tetap berbakti terhadap ibu saya bahkan saya tetap selalu berusaha untuk membahagiakan ibu saya karena saya pun saya ibu saya mati-matian menyekolahi tinggi saya sampai s1 dan saya hanya berkerja 5 tahun dan memutuskan untuk menikah dan menjadi irt,, semua karena mulut kakak ipar saya yang lemes tapi saya tidak pernah ambil pusing untuk soal ini yang saya pikirkan yang penting saya bahagia dengan keluarga saya dan saya bisa tetap berusaha untuk membahagiakan ibu saya yang membesarkan saya seorang diri

Baca lagi

Saya aja sarjana bun. Abis kuliah nikah. Kadang ada tetangga yang nyeloteh "sekolah tinggi2 cuma jadi ibu rumah tangga ya". Menurutku pernyataan seperti itu lumrah bun. Biasa aja. Jangan tersinggung. Kita sekolah tinggi-tinggi yang notabene kebanyakan memang akhirnya jadi wanita karir. Orang pasti mikirnya sayang uangnya. Udah sekolah tinggi-tinggi tapi nggak jadi apa-apa. Ujung-ujungnya cuma dapur kasur sumur. Kadang mereka berkata seperti itu hanya sekedar celotehan ataupub bertanya bun. Nggak ada maksud lain. Bukan maksud nyinyir dll. Kadang kitanya aja yang baperan. Orang cuma nanya tersinggung, orang cuma ngomong tersinggung. Harusnya kita santai aja bun. Kita berpendidikan. Punya wawasan lebih dari mereka. Jika kita nggak bisa menerapkan ilmu yang kita dapat didunia kerja, kita bisa menerapkan ilmu kita dalam berumah tangga dan mengurus anak. Kalau perlu jelasin sama mereka sambil tersenyum. Nggak perlu lah kita tersinggung, kalau mereka ngomong ini dan itu. Karena memang pada dasarnya jika wanita sarjana memilih menjadi ibu rumah tangga, pasti ada aja yang nanya "kok jadi ibu rumah tangga aja? Kok nggak kerja" wajar bun pertanyaan seperti itu, lumrah. Tinggal jawab "Alkhamdulillah rezeki saya mengalir lewat suami dan lebih Alkhamdulillah anak saya diberi kesempatan dirawat dan dibesarkan oleh ibu yang sarjana" sambil senyum bun jawabnya. Kelar deh. Kita santai, yang nanya juga paling diem sambil cengar-cengir. Intinya dalam hidup itu gampang, jangan tersinggungan, jangan baperan. Tapi itu saya bun. Semoga bunda bahagia selalu ya bun 😊

Baca lagi

Maaf bund, aku sarjana teknik dan magister teknik dari institut teknologi nomor satu di Indonesia (tahun ini sih begitu, hehe). Sempat kerja jadi engineer di perusahaan multinasional selama 5 tahun. Sekarang statusnya sbg ibu rumah tangga yg menunggu kelahiran anak pertama, dan berencana dlm dua tahun ke depan akan berkarir di rumah. Apakah keputusan berat? Buat internal aku sendiri sih nggak ya. Tapi buat orangtua berat bgt. Anak perempuan yg dibanggakan krn prestasi akademiknya malah "cuma" berakhir jd ibu rumah tangga. Tapi aku lantas mikir lagi, ibu rumah tangga bukan "cuma" loh. Dengan latar belakang pendidikan yg tinggi, awareness kita terhadap sesuatu (harusnya) makin tinggi juga, rasa ingin tahu, keinginan utk terus belajar, terus mengeksplor pengetahuan baru. Sikap mental tersebut menurutku sangat diperlukan dalam mendidik anak dan menciptakan generasi yg lebih baik. Mohon maaf sekali lagi, bukan bermaksud memandang rendah bunda bunda yg blm berkesempatan untuk mengenyam pendidikan yg tinggi, tapi sebagai orang yg memiliki kesempatan tersebut, sudah sepatutnyalah kita bisa mendidik anak kita dengan lebih baik lagi, jadi generasi yg lebih baik lagi, agar bisa membawa manfaat bukan hanya bagi diri dan keluarganya, tetapi juga demi masyarakat luas dan negara ini. MERDEKA...!!!! (Maaf, jadi antiklimaks. Hehehehe 😁😁😁😁)

Baca lagi
2y ago

ahh sama banget dgn caseku bun, nikah trus bbrapa bulan kmudian lulus magister, lgsung hamil, dan belum sempat kerja (pernh kerja dulu pas S1) ..dilema sih, bukan dilema karna aku kepengen kerja, tp karna tuntutan kluarga trutama ortu dan sodara dan ipar, tp disatu sisi aku berat ninggalin anak, dri awal hamil sudah punya citaΒ² pengen mendidik anak begini begitu, tp kalo aku kerja gak mungkin citaΒ² itu terlaksana.. trus skarang gimana kehidupan bunda?

Jawab aja : Ya gpp donk kuliah tinggi2 jadi IRT. Justru bagus kan. Emang nti yang didik anak siapa? Bilang klo ibu itu memegang peranan penting dlm pendidikan anak. Jd mau di rumah apa kerja, klo pendidikan nya bisa sarjana ya syukurrrrrr. Anak itu di didik dr awal sm orgtua.. malah bagus kalo ibu nya sarjana. Lagian sarjana juga buat ngimbangin pola pikir suami yg sarjana juga. Tar dia ketemu rekan bisnis. Rekan kerja. Trus kita biar di rumah juga tetep konek sama lingkungan dia krn pola pikir kita seimbang. Mank mau kita malas2 sekolah cuma mau jadi ibu rumah tangga ga mikirin pendidikan, ya ga bs juga. Tar kalo dpt suami lbh tinggi pendidikan dr kita, kita nya ga bisa ngimbangin. Tar kl dia ketemu cewe pinter ehhh kita nyaa cemburu. Ga pede. Dsb. Kuliah bukan cuma buat ngejar ilmu doank kali. Bukan cuma biar dpt sertifikat. Kuliah juga mendidik cara pikir. Pengalaman2 selama kuliah itu membentuk pola pikir kita utk bisa melihat sesuatu scr lbh baik. Jd bersyukur lah kalo msh bs kuliah.

Baca lagi

Aku bun..ibi smpet kcewa.tp pelan2 aku kasih pnjelasan ibu bs trima.tetangga jg byk yg pd nyinyir.cuek aja.. Aku bangga sekolah tinggi jd IRT.aku pun uda niat klo ank cweku nnti boleh sekolah tinggi tserah..tp klo sdh nikah usahain drumah ga kerja.pndidikan pertama di org tua terutama ibu.gpp klo ibu bekerja ap lg bs bagi waktu.tp mnurutku klo ibu drumah lbh maksimal deket sm ank n suami.pantau perkembangannya, pantau bljarnya, jd Temen buat anknya curhat berbagi dll ky yg aku jalani skrg.qt punya byk waktu buat mereka tanpa ada cpe n beban kerjaan dr luar..ga usah kawatir biaya kehidupan sehari2 mahal.takut ga tercukupi klo istri ga kerja..Tuhan kasih rejeki buat qt itu cukup.alhamdulillab suamiku jualan makanan malam.anaku 2 skrg lg hamil lg..tp alhamdulillah tercukupi.memang bukan yg berlebih tp alhamdulillah.bhkan ankku yg sd bs skolah dsekolah yg bagus.dg biaya yg fantastis tp bisa kebayar.klo qt yakin sm Tuhan qt akan liat keajaiban..

Baca lagi

udah resiko terlahir jadi perempuan mah gosah dengerin.. tapi saya ga sampe kuliah, ngalah sama ade laki" saya biar dy yg kuliah, tapi sekolahnya saya pun udah mahal si karna d kesehatan.. Alhamdulillah bisa kerja d RS.. nah pas mau nikah resign karna ikut suami d rantau.. ee abis nikah ternyata ga boleh kerja, duu keluarga merasa sayang banget sekolah mahal" cuma jadi irt tapi saya nurut suami meski awalnya stress.. apalagi ibu saya yg berjuang banget buat nyekolahin saya.. mamer juga lama" ga ikut campur meski awalnya dukung banget saya kerja.. akhirnya semua ngerti kemauan suami setelah suami buktiin mampu bahagiain saya dan Alhamdulillah masih bisa bantu finansial keluarga saya.. malah suami nawarin kalo mau sekolah lagi dan mau biayain, tapi saya ga mau wong ga boleh kerja buat apa pikir saya.. hehe.. nah kalo prinsip suami beda, anak" berhak punya ibu yg cerdas.. jadi saya setuju dengan prinsip suami.. ga usah dengerin orang lain..

Baca lagi

Aku S1 psikologi bun... Sempet kerja sampe baby umur 6 bln trus resign, skrg baby udh 2 tahun... Ya yg nyinyir mlh kluargaku sendiri, bukan nyinyir sih tepatnya nasehatin, sayang ktnya kuliah tinggi2 ga dpke ilmunya, yakin ga dipake? Ilmuku kpake bgt buat ngedidik si baby, Alhamdulillah dgn aku resign baby keurus dgn maksimal, baru umur 2 tahun udh bisa ini itu, mandiri anaknya... Sedangkan sepupunya (cucu ortuku yg lain), udh 5 taun apa2 masi diurusin sama org2 dirumah ortuku... Ga mandiri blasss... Skrg mreka liat sendiri hasil didikanku ga ada yg protes lg soal aku milih jd IRT full 😁 anakku jg jarang bgt sakit karena makannya ga sembarangan, beda klo misal kutitipin d rumah ortu mungkin dia dikasih apa aja juga aku gtau, ponakan2ku 2 org tinggal dirumah ortuku sakit2an mulu soalnya (ortunya itu anak kerja dua2nya) Gausah minder dan musingin omongan orang bun, kita yg plg tau gmna kondisi kluarga kita

Baca lagi
5y ago

^ Yeppp, tos bunnn, kita pasti udh pertimbangkan banyak aspek juga dalam rumah tangga kita sendiri kan Aku juga berani resign karena buatku penghasilan suami aja pun udah cukup untuk menghidupi keluarga kecil kami, mlh pas aku masi kerja rasanya boros banget bun gajiku habis buat aku sehari2 di kantor aja, ya buat jajan, buat ongkos, dll... jadi kupikir ya kalo aku kerja ujung2nya duitku ga banyak membantu perekonomian kami buat apa? Mending aku di rumah, anak keurus, suami bisa fokus cari uang, rumah juga keurus... mamaku sempet rewel "nanti cukup ga kalo suami doang yg kerja?" Alhamdulillah sejauh ini selalu dicukupkan karena kita juga gada kredit apa2, gada beban cicilan ini itu, dan suami juga karena ada aku di rumah, makan gaperlu beli diluar, lbih irit soal biaya dapur dll... Yg pnting sebagai istri doain terus suami supaya makin lancar rezekinya ☺️

Yaaa begitulah bun.. Saya juga IRT, pdhal sblumnya juga kerja sudah 3 tahun sebelum menikahdan penghasilan saya bisa dibilang cukup tinggi. Tapi saya bangga kok, anak saya dididik lgsg oleh ibu yg berpendidikan. Dan itu ga ada ruginya, malah kita harus ambil positifnya. Jangan meremehkan pekerjaan ibu2 yg drmah, bagi seorang wanita kesuksesan tidak bisa diukur dri seberapa penghasilanny atau dia bekerja diperusahaan apa. Tapi bisa diliat dari seberapa sukses dia mendidik anak2ny dan mensejahterakan suami dan rumah tangganya, dan itu butuh pengetahuan, kerja keras, kasih sayang juga pengorbanan yg tidak mudah. Jangan berkecil hati sama sarjana yg jdi IRT, bagi saya IRT pekerjaan paling mulia dan dihormati. Karna tidak segampang itu mnjdi seorang IRT.. Semangat bunda2 yg mnjadi IRT πŸ€—πŸ’ͺ

Baca lagi

Aku dari awal dibilangin bapakku. "Bapak nyekolahin kamu di sekolahΒ² bagus dan kuliahin kamu, bapak itu punya harapan. Bapak ini cuman lulusan SMP, tp bahagianya Masyaallah bisa sekolahin anakΒ²nya sampai kuliah. Nanti kalo udah lulus, mau kamu kerja atau mau dirumah urus suami nggak masalah. Yg penting kamu punya ilmu, bisa jadi kebaikan dan berguna. Bisa jadi contoh baik buat orang yg lain" Terharu banget bapakku bilang kaya gitu, sekarang aku masih kuliah tp udah menikah, lagi hamil dan otomatis belum kerja. Bapakku bahagiaa banget aku udah nikah, anak pertamanya udah lepas dr orang tua. Melanjutkan hidup yang benarΒ² kehidupan. Sebegitu percaya nya bapak ku sm aku. Hehe maaf jd curhat, soalnya ikut gemes kalo ada yg dihina kaya gitu.

Baca lagi

Itu bagus Bun berpendidikan,, maaf y jd ngomongin tetangga,, soalnya saya gemes bnget,,dia cuma lulusan SD dan anaknya maaf y kena polio dari lahir sebenernya ada bidan yg mau nolongin mau usahain biar anaknya bisa normal kaya anak yg Laen tapi si ibudan suaminya gk mau dh dibujuk2 tetep gk mau jg akhirnya bidan angkat tangan dan marah2 gk mau lh berurusan sakit pun gk mau nolongin,, sekarang usianya udh 3 thn blum bisa apa2 dan tiap hari d kasih makannya cuma nasi pakek krupuk d parut sedih bnget Bun liatnya,, saya pernah tawarin saya kasih serelac anak saya yg gk suka rasanya maksud saya buat cemilan kasian anaknya gk ada gizinya, eh malah dg sombong nya nolak katanya anaknya udh mkan nasi gk perlu mkan itu,, sedih bnget deh liatnya bnyak yg peduli tapi gk pernah d tanggepin

Baca lagi