Anak terlambat bicara

Bun anak saya yg prtama udh umur 3thn tp msh blm bisa bicara,tp dia bs mndengar bun,klo di suruh2 dia ngerespon Kira2 bunda punya pengalaman jg?

4 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

halo bunda.... persis anak saya yg nomer 3, anak saya jg Agustus ini pas 3 th blm bisa bicara. Segara ke DSA tumbuh kembang anak ya bunda... cari DSA yg menang menangani Tumbuh kembang, karena tdk semua DSA expert dlm bidang masalah wicara ini. ( pengalaman DSA anak2 saya memberikan rujukan ke DSA tumbuh kembang, karena beliau bilang konsentrasi nya berbeda dg beliau ) Alhamdulillah..sebetulnya anak saya sudah terapi dari lama ada perubahan tapi step by step bertahap. Untuk tahun ajaran baru kemarin ini saya masukkan play group khusus hafalan Al Qur'an,, jadi di sekolah dia main sambil belajar menghafal Al-Qur'an ( sambil di terapi Al Qur'an juga) Btw nanti anak bunda akan di screening sama DSA nya, saya sempat di rujuk jg ke psikolog anak sama DSA trus balik lagi dr psikolog ke DSA nya untuk screening lagi...kemudian jika memang dibutuhkan akan dilakukan test pendengaran juga, tapi kalau bunda bisa memastikan anak ini pendengaran nya berfungsi baik, dokter ga melakukan test tsb ( kalo pake test pendengaran panjang lagi ceritanya, kita harus ke RS besar, nggu kondisi anak tidur juga, dll) dan tidak semua anak yg terlambat bicara itu butuh terapi wicara, ada banyaaaak bgt macam nya terapi untuk merangsang si anak memproduksi kata. #btw anak saya tidak tertarik pada gadget, tapi lebih ke kegiatan fisik seperti manjat, suka eksperimen nuang2 air, suka gambar, ga tertarik YouTube wkwkwkk aneh juga kadang ponakan full YouTube lancar2 aja ngomong, ini anak saya yg no gadget malah begitu. kunci nya sabar sabar....karena anak itu berpikir hanya kita yg bisa dia percaya dan tempat untuk meminta pertolongan perlindungan serta kenyamanan.

Baca lagi

buk anak sudah 3th sebaiknya konsultasi ke DSA ya dan ikut terapi wicara. bisa kok pake BPJS anak aku dulu saat usia 18bulan aja bisa minta rujukan karena aku rasa dia speechdelay. Jangan dibiarin ya buk. Stop screentime juga, gpp nangis. semangat. kalo anak aku akhirnya aku sekolahin di umur 2th 2bln, tapi cari sekolahpun yg kurikulumnya sesuai usia anak.

Baca lagi

konsultasikan ke DSA bunda.

segera ke dsa ya ma