anak blm bs bicara 1 kata

bun anak sy umur 16 bln tp blm bs bicara satu kata. cmn bs bicara yayah, yah, dah, gitu aja bun. sdgkan anakknya kakakku yg seumuran udh bs bicara mama, mbah, maem, yayah, dll dgn jelas. apakah anak sy termasuk redflag ? sy tiap hari sy ajak komunikasi dan belajar nama2 hewan kok bu. #bantusharing #seriusnanya

5 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

jangan samakan anak dengan anak orang lain . karena tumbuh dan berkembang nya anak itu beda" , kalau cuman mau di sama"in nih anaknya ria ricis umur 16bln bisa berenang anak orang lain emang ada yang bisa??๐Ÿ˜‚ ya menurut ku sih untuk ibu" yang lagi hamil jika usia kandungan udah 30minggu ke atas lebih baik kita putar suara" yang bisa buat janin tenang, karena kata dokter nya janin juga bisa mendengar apa saja yang kita dengar, agar tumbuh dan kembangnya juga baik, mangkanya saya setiap malam selalu dengerin ayat" atau instrumen yang lembut , kadang kalau pagi sering dengerin lagu yang gak berisik dan enak di dengar

Baca lagi
VIP Member

jgn smakn ank qta dgn ank org lain bun..klo mw smakan..sma kn sma pola asuhny..mungkin qta yg lalai yg tdk prnh stimulasi ank...mungkin qta yg lalai yg keseringan ngsih screen time lupa mengajak ngobrol ank.. dr situ jd qta memprbaiki diri qta sndiri jgn hny menutut anak bisa ini itu krna tmenny udh bisa ini itu..tp trnyta ortu tmen ank qta tlbih telaten dlm mengasuh..sdngkn qta acuh tak acuh..tp qta mnuntut ank untuk bisa sma ma tmenny..

Baca lagi
TapFluencer

kenalin red flag kemampuan berbahasa anak aja bun. biar gampang & biar bunda ambil kesimpulan sendiri. 12-18 bulan minimal udah menguasai 20 kosakata. 18-24 bulan minimal udah menguasai 50 kosakata (bahkan ada yang lebih ahli menggabungkan 2 kata menjadi 1 kalimat). sebelumnya, anaknya ada screen time ga bun? udah rutin ajak anak ngobrol, nyanyi, berkegiatan baru?

Baca lagi
7mo ago

anak sy screentime ya hp ya tv. tp itu saya stel kan lagu anak2 lalu sy dampingi smbil nyanyi dan joget dan sy ajak bicara inilo sapi dikasi makan, dll.

gak ada salahnya untuk coba konsultasi ke DSA. perbanyak komunikasi dg orang sekitar, kalau sering screen time stop dulu, jangan bicara bahasa bayi atau yg dicedalkan dg anak, kalau anak mengucapkan katanya blm tepat langsung dikoreksi, kalau anak minta sesuatu dg hanya menunjuk jangan langsung dikasih, biarkan anak mencoba mengatakan apa yg ia inginkan.

Baca lagi
Post reply image

"tumbuh kembang tiap anak emang berbeda bun.. tp kita jg harus sesuaikan kemampuan tumbuh kembangnya dengan umur dedenya.. kalo untuk umur 16 bulan umunya udah bisa mengerti perintah sederhana dan menggabung 2 kata sederhana.. kalo bunda mau lebih yakin konsul ke dsa aja bun, bisa kok pakai bpjs"