Uang jatah seminggu 500rb cukup ga ?

Bun aku mau tanya kalo suami kasih jatah uang mingguan 500rb menurut bunda cukup ga? Kebetulan aku lgi hamil anak ke dua usia kehamilan 14 week anak aku yg pertama masih umur 2 thn. Semua kebutuhan Pampers anakku, susu anakku, kebutuhan aku, buat dapur , semua dr jatah mingguan dan kebetulan drmh gada kulkas jadi aku stok buat belanja itu ga bisa lama". Tp kadang suami suka ngedumel kenapa cepet bgt habis duitnya pdhal aku pake buat kebutuhan. Minta saran bunda apa aku yg salah atur keuangan atau gmn? #bantusharing #ingintahu

47 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

trgantung sih bund, klw biaya dapur murah, dan kbutuhan ppok, susu dll lg diskon, mngkn cukup bund, tpi klw lg serba mahal mh ngk ckup,, aku jg ank 2 bund, jatah kita pun sm bund, klw aku cara ny, masak y yg murah2 aj bund, tempe tahu sayur, trus bli telur 1 kg,, telur 1 kg bsa buat sminggu klw d aku, klw bli pempers yg murah jg, pas lg diskonan, itupun ank ku target kn jg pke pempers ny si kakak umur 2 thn, 3x pke pempers ny sehari, klw udah penuh sy pkein clana smbil dilatih toilet training, susu jg yg murah sy bli bund, sgm, batita, atau dancow, ini trgantung ank bunda jg, ccok ap ngk nya, klw suami bunda brtanya "duit cept hbs ny* bkin pembukuan bund, tgl sekian bli ini, prngeluaran sgini, jdi klw dia tnya tgl kasih pembukuan t,, smoga suami kita d mudahkn rejeki ny y bund, spy bisa nmbah uang jajan kita,, aamiin.. bunda jg, jgn berkecil hati jka suami nnya uang ny cpt hbs, kdg kita jg ngk tau y, betapa susah ny bliau mmutar otak untuk mncukupi kbutuhan kita, nyari uang lbh buat kita, yg pnting kita hrs transparan y bund, jelasan bgini ada ny, doain suami biar mkin mudah rezeki nya,,, aamiin ya robbal'alamin🤗🥰

Baca lagi

tergantung tempat tinggal nya sih bund.. kalo di kampungku, itu 500 ribu seminggu sangat cukup,, karna sayur kadang2 bisa metik di kebon, kaya sayur nangka, pakis bunga pepaya gitu2 ya sayur liar yang di kebun lumayan membantu,, jadi uangnya bisa buat beli beras dll.. tapi karna suamiku kerjanya nyupir di Jakarta , jadi dia GK mau aku jauh2 jadi ya udah aku di bawa ke Jakarta, kalo di Jakarta jujur sih 500 ribu untuk seminggu gak cukup.. karna sayuran sekarang apa2 mahal juga, kecuali tiap hari mau makan tahu tempe dan dedaunan ya lumayan , ,apa lagi bunda GK ada kulkas.. udah pasti GK awet makanan pun paling lambat sehari harus habis.. kalo suamiku tipe orang yang suka masak secara langsung,, dia GK mau kalo masak pagi sore di makan lagi mau aja sih tapi yang kiranya bukan sayur2 ran kaya kangkung bayem pokonya daun2 nan gitu..

Baca lagi

saya mah kalau belanja makanan dll, dicatet bun. buat catatan pengeluaran uang yg dikasih suami di buku tulis. misal sebulan dikasih 500ribu. saya catet tuh apa2 aja.. misal belanja di super/minimarket, struk pembeliannya ga saya buang. saya simpen buat barang bukti duitnya lari kemana. jadi jika satu hari nanti suami nanya uangnya abis dipake apa.. saya tunjukkin catatan pengeluaran tadi yg sama bukti. "silahkan dicek, ini uang yg kamu kasih sebanyak 500ribu." biar dia mikir cukup ga biaya 500ribu buat seminggu atau sebulan dengan kondisi 2 anak yg masih butuh biaya. saya mah sejak awal rumah tangga, selalu catat pengeluaran. akhir bulan saya hitung semua pengeluaran. ada sisa atau gak saya laporan ke suami. diliatin catatan & bukti2nya. biar suami lihat sendiri, bahwa uangnya ga saya korupsi 😊

Baca lagi
3y ago

@asyaf sama kak. aku dan suami kalau beli apa2 saling bilang dan ngasih tau harga, biar suami tau kalau sekarang serbah mahal. + kadang2 aku nya yang lupa beli apa aja, Sampai2 suami aku omelin karena uang habis dan gak cukup.

VIP Member

Kalo saya dikasih segitu seminggu sih ya cukup banget ya bun. Lebihnya bisa banyak banget malah. Mungkin bisa cukup 2 minggu. Apalagi anak baru satu. Tapi kan dapur kita beda-beda kan ya? Tergantung jumlah anggota keluarga dan harga pangan di daerah masing-masing juga. Kalo kiranya 500rb kok ga cukup seminggu, coba rajin catet tiap pengeluarannya (kalo saya pake aplikasi Monefy) lalu evaluasi bareng suami. Lalu perbaiki lagi belanja minggu depannya. Ajak suaminya belanja sekalian biar tau harga dan tau apa aja yang kita beli. Saran dari saya diapernya ganti pakai clodi. Kalo adeknya cocok, itu lumayan banget memangkas pengeluarannya. Apalagi udah 2 tahun. Udah bisa mulai toilet training. Uang jatah diapernya tabungin buat beli kulkas.

Baca lagi

gak bisa di pukul rata sih karena kebutuhan org kan beda2 ya, tergantung gimana kita manage keuangan aja. maaf bun kalo aku pribadi belum cukup sih seminggu 500 karena belanja harian beli sayur dan lauk pauk kisaran 50 ribu lebih itu belom beras, bahan makanan lain, sabun, detergen, popok baby, perlengkapan baby dll. belom iuran ini itu bayar listrik, gas, wifi, pdam, bpjs dll (bagian ini di manage suami). kalo di rumtang aku yg pegang uang suami bun, aku minta harian aja butuhnya berapa sama sebulan sekali kita belanja bulanan di swalayan buat stok di rumah.

Baca lagi
VIP Member

klo ada tabungan mending beli kulkas dlu bun.. biar bahan" dapur bisa awet dan ga tiap hari blanja gtu.. misal masakan klo ga abis jg bsa dsmpen dlu besok dipanasin.. aku dulu jg ngalamin ga pnya kulkas tiap hari blanja dan harus sgera dimasak klo ga gtu sayur" pada layu, daging pada bau kan.. apalagi klo uda blanja trus tiba" ga jadi dmasak ujung"nya dibuang 😓 atau uda masak trnyata ga abis akhirnya dibuang.. yaudah akhirnya ya kudu punya kulkas emang..

Baca lagi
3y ago

nabung dikit2 bund.. kulkas bekas juga dah lumayan membantu kok bund

Tergantung bunda tinggal dimana ya. 500ribu itu buat semuanya atau ada belanja lain misal belanja bulanan terpisah. Kalo menurut saya coba di catat aja, trus rundingan sm suami. Minta masukan kira² apa yg bisa di hemat lagi ? Karena jujur ya saya juga kesel kalo di katain begitu, pernah sampe akhirnya semua belanjaan saya detailkan ke beliau. Alhamdulillah ketemu jalan tengahnya kok. Intinya di komunikasikan aja bun.

Baca lagi
3y ago

Saran saya bun, lebih baik beli kulkas. Walaupun kecil, banyak juga yg jual second kok bun. Itu lumayan banget buat hemat belanjaaan, belanjanya seminggu sekali pake metode food preparation biar lebih tahan lama dan ga cepet busuk.

cukup gak cukup tergantung keperluan nya, kalau bunda punya utang cicilan dan bayar listrik pulsa ini itu pake uang itu juga termasuk kebutuhan sehari hari jelas gacukup apalagi ada anak 2th masih pakai pampers kalo keadaan nya gitu ya jelas gak cukup, kalo bundanya gak ada utang 500rb itu cuma buat kebutuhan sehari hari aja sama jajan anak ya termasuk cukup itu sih tergantung ya bunda lagi diposisi yang mana?

Baca lagi
VIP Member

sebenarnya cukup gak cukup tergantung dgn keadaan di rumah sendiri ya bund. kalo menurut saya 500rb seminggu itu udah cukup bgt. karna saya yg d kasih 400rb/sebulan aja msh hidup2 aja skg bund 🙃 tapi balik lagi bund dgn kondisi d rmh bunda. benar kata ibu2 d atas, mending di catat saja bund biar tau. kalo perlu di tempel di dinding biar suami bisa liat dan gak protes. semangat ya bund 😊

Baca lagi
VIP Member

klo untuk saya itu gede bngt bund hehew :)) saya sblm pnya anak seminggu jatah 200rb. skrg udh ada anak umur 10 bulan jd 250rb sebulan. d luar beras sm pampers sih. klo galon gas ya masuk d mingguan itu. alhamdulillah cukup bund. masaknya sayur2an aja sm ayam sesekali. krna ikan suami ga doyan. coba d itung2 lg bund bagian mana yg pling bikin boros.

Baca lagi
3y ago

hehee kirain bun.250 sebulan cuma lauk tempe/tahu tok bun🤭