sejak setahun lalu anakku kumasukkan ke paud atau kelompok belajar, waktu itu umurnya 4 thn dan skrg lanjut lagi ke tingkat Tk dan umurnya 5 thn 4 bln tapi blm bisa menghafal huruf. padahal kknya waktu seumuran dia sdh tau semuanya huruf, angka, huruf hijjaiyah, dan menyebutkan warna dan angka dlm bahasa inggris. bagaimana cara mengajarkan ke anak supaya dia bisa cepat tanggap dlm pelajarannya krn kalau dipaksakan juga kasian anaknya.

24 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Intinya jangan dipaksa sie bun. Ingat bun, tiap anak itu berbeda dan punya kepintarannya masing-masing. Mereka belajar juga dengan caranya masing-masing. Anak saya dua-duanya juga jauh berbeda kalo dalam hal belajar. Anak pertama cepat banget nangkepnya, sekali diajarin dia langsung bisa. Kalo anak kedua dia tipe teliti banget, jadi harus memperhatikan terus yang diajarin apa. Anak pertama mau media belajarnya apa aja dia cepet tanggap, tapi anak kedua sukanya mobil, truk dan semacam itu, jadi saya ngajarin warna, angka, dll sesuai minat dia dan lewat media mainan yang dia sukai. Dan akhirnya sekarang sudah mulai bisa menyebutkan warna, angka, huruf di umur 2,5 tahun ini. Anak kedua saya juga sukanya meniru kakaknya. Kakaknya nyanyi ABC, dia selalu ikutin dan akhirnya bisa nyanyi sendiri. Intinya, cara belajarnya lewat media yang dia sukai. Dia suka boneka ya belajar warna dari boneka, belajar macem-macem dari boneka. Semoga membantu :)

Baca lagi

wah liat koment2 bunda disini bnyk masukan yaa.. soalnya anak ku masuk lansung TK B di usia 5tahun, pengajaran sudah dalam perhitungan pengurangan 1-100, baca kalimat , tulis sambung, Mandarin, Inggris, dikte dan syukur dlm 6 bln sekolah udh bisa semua termasuk teman2 sekelasnya. kalau mau bunda cari tmpt sekolah yg pendidikan dan cara ajarnya masuk ke anak jd anak biasanya lbh mudah untuk belajar. ya mmg harga menentukan kualitas sih. tp mmg itu cara anak lbh bisa maju.

Baca lagi

Kalo apa yg pernah saya dapet dr pembelajaran parenting. Jgn terbawa stres soal anak di bwh 7th blm bisa baca. Krn fitrahnya anak memang masih belajar hal2 kongkrit dulu sampe umur 7th. Huruf itu sesuatu yg abstrak, dan sesuatu yg abstrak itu br bs mulai dimengerti anak stlh umur 7th. Jadi kl sblm umur 7th, hal yg lumrah anak pinter cepat memahami hal2 kongkrit yaitu bentuk dan gerak..imho..semoga berkenan.

Baca lagi
5y ago

setuju.makanya madrasah pertama adalah seorang ibu.be smart mom to smart kid.anak merupakan anugerah yang wajib dituntun dengan baik.bukan dipaksa bisa ini itu.

Tiap anak beda cara belajarnya bun. Bener kata bunda lia.. coba dilihat apa kesukaannya.. nanti belajarnya sambil yg dia suka.. misalnya dia suka kendaraan.. maka buat sendiri aja huruf yang di sebelah nya ada gambar kendaraan.. lebih bagus klo sesuai misalnya di samping huruf D yg ditaruh adalah gambar Dozer. Ya tinggal gimana kreatifnya bunda saja :) semangat y bun.

Baca lagi
VIP Member

pelan pelan aja bund.. kasih lagu2 yg berhubungan dengan pelajaran.. trus sambil bermain jg ajarkan.. seperti main petak umpet gtu bund.. ank saya baru 2 tahun 7 bulan sdh hapal 1-10 dan a-j skrg sdh 2 tahun 10 bln sdh bsa 1-20 dan inggris nya 1-10 itu krn sring dgr lagu dan sring main sma tmn2 drumah yg uda pada sekolah sd.. diajarkn smbil bermain..

Baca lagi

Tanamkan dulu ke diri bunda Klo tiap anak itu beda2.plis jangan nyamain sama kakaknya...bisa jadi memang cara ngajar bunda yg salah.ada anak yg sudah bisa belajar dengan cara verbal, ada yg langsung bisa dengan cara membaca, ada juga yg bisa dengan cara praktek.coba cari2 lagi di Google deh metode pengajaran pada anak.trus Cobain satu2

Baca lagi

saya punya ponakan 2 jg beda bun. Diajari dg sabar aja bun.. kdang meskipun blm bisa salah satu hal dia pintar di hal yg lain.. sperti keponakan saya yg pertama cpet bs baca & menghitung d TK, anak yg kedua agak susah baca tp dia pinter bgt buat diajarin hafalan surat surat pendek misalnya...

coba bun sambil diajak nyanyi huruf2.. sambil di liatin huruf2nya.. biasanya ada kan poster huruf gitu.. atau diajak mewarnai gambar benda beserta huruf nya... yg paling penting jgn dipaksa bund.. dan jgn pernah membandingkan anak satu dgn yg lain bund.. bisa fatal akibatnya..

Anak umur segitu blm wajib sekolah x bun.. Jd kalo blm bisa y mungkin memang blm pgn anaknya.. Dy msh pgn maen2.. Bda anak it bda cara.. Anak aq aj 4 th blm sekolah. Dya cma main2 sma saya tp dgn sendirinya dya bisa hafal abc. Angka. warna dlm bhs inggris.

coba bun buka you tube disana byk ty mau indo or inggris mrk mengajari anak dgn gaya menyanyi menari n berbentuk gmbr dgn begitu anak anak cpt kar anak sy jg belajar di you tube apa lagi tv skrg bisa langsung you tube jd gak lwt hp