Anak saya 4th 8bln belum bisa nulis huruf & angka apakah normal ya bun ?

Perkembangan anak usia 4th 8bln

Anak saya 4th 8bln belum bisa nulis huruf & angka apakah normal ya bun ?
22 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

usia ga jadi patokan yaa untuk di bilang normal atau gak si anak udah bisa ini itu karna pasti tiap anak beda2.. klo mau lebih jelas mgkn bsa ke DSA.. tp memang kebanyakan anak usia di atas 4 tahun minimal sudah bisa megang pensil , klo untuk nulis huruf dan angka itu ada tahapan nya biasanya si anak akan hapal dulu huruf dan angka sblm bisa menulis nya bahkan sblm menulis si anak psti akan corat coret dimana pun mereka suka. .sbnernya perkembangan anak itu tergantung orang tua jg sihh dr kecil si anak sudah di ajarin apa sudah belajar apa ? kebersamaan nya seperti apa ? interaksi nya bagaimana ? jd sblm "menuntut anak" ini dan itu lebih baik orang tua nya dulu yg intropeksi bagaimana selama ini cara "mendidik" nya.. apabila ada yg salah ya d perbaikin , apabila dirasa sudah benar yaa di perbanyak lg sabar nya dalam mengajari anak.. Inget ya Mom seorang ibu itu madrasah pertama bagi si anak.. selanjut nya baru boleh di bantu pihak luar seperti paud , bimba , atau playgroup.. krna usia anak nya sudah cukup untuk ikut kegiatan belajar d luar..

Baca lagi

Pada usia 4 tahun 8 bulan, anak-anak biasanya sudah mulai menunjukkan kemampuan dalam menulis huruf dan angka, meskipun ini bervariasi untuk setiap anak. Jika anak Anda belum bisa menulis huruf dan angka, itu masih bisa dianggap normal karena setiap anak berkembang dengan kecepatan yang berbeda-beda. Namun, untuk mendukung perkembangan keterampilan motorik halus dan kognitifnya, Anda bisa mencoba beberapa kegiatan sederhana di rumah. Ajak anak Anda bermain dengan alat tulis yang berwarna-warni, seperti krayon atau spidol, dan berikan latihan menggambar atau menulis dengan pola yang mudah. Anda juga bisa menggunakan buku aktivitas anak yang dirancang untuk usia tersebut. Jika Anda merasa perlu bantuan tambahan, Anda bisa mencoba produk yang bisa membantu dalam pengembangan keterampilan anak di sini: https://shope.ee/oWnQQWFx. Produk ini dapat memberikan dukungan tambahan dalam perkembangan anak. https://shope.ee/9KMNPOoFkR

Baca lagi

dicari apa yg disukai bun dan belajarnya dari situ. misal kalau senang mewarnai,bisa belajar mewarnai angka dan huruf. atau kalau senang menyanyi,bs diperbanyak lagu2 yg mengenal angka dan huruf. dan maksdnya ini hanya belum bisa menulisnya tp sudah bs mengenal angka dan huruf atau belum kenal juga? butuh diperbanyak latihan aja bun dengan cara yg menyenangkan. anak sy jg usia 5 thn,sdh di bimba dan skrng sudah di tk,bacanya bisa tapi kalau disuruh nulis dia ga pede gt dan takut2 salah jadinya suka ga mau nulis

Baca lagi

dilatih terus Bun. anak aku juga usia segitu sekarang, tiap pulang mengaji abis Maghrib langsung aku ajak belajar menulis dan membaca, Alhamdulillah sudah sedikit bisa walaupun kadang suka lupa huruf apa😅.tapi jangan dipaksa ya Bun. karena anak kalo dipaksa pasti dramanya banyak, biarin aja sesuka hati dia. yg penting dia mau dulu, semuanya butuh proses Bun.

Baca lagi
VIP Member

Belajar terus bun.. beliin buku gambar, crayon, pensil warna, buku mewarnai.. Ga harus nulis angka/huruf.. Belajar pegang alat tulis sambil Coret coret, bikin garis lurus, mengikuti titik titik, mewarnai, dll Goresannya pasti belom tebal jd harus terus belajar dan dilatih motoriknya

Baca lagi

ajak mewarnai, anak saya dari umur belum setahun sudah kenal krayon, dibiar kan coret2 dinding rumah, umur 4 tahun sudah bisa menulis sendiri bun, bisa menggambar dan menggunakan gunting sendiri, membuat karyanya sendiri. kunci nya dikasih stimulasi, di temani bermain, biarkan bekreasi.

Dilatih terus, dilatih sambil ajak main Latih tangannya, menyobek, menggunting, kerajinan tangan pokoknya. Hal2 yang berhubungan sama tangan juga. Metik kangkung, ya pokoknya apapun. Latih tangannya pake krayon besar, jangan langsung pensil atau pulpen yang kecil.

Baca lagi

di les in bun,soalnya kalo kita ajarin sendiri anak maunya main ga fokus belajar,disini anak2 mau tk persiapannya pasti diles in dlu kalo gak tar ketinggalan soalnya aku aja kaget liat pelajaran tk sekarang kyk diharuskan harus sudah bisa baca dan menulis dan berhitung

VIP Member

Kencengin stimulasi otot² tangannya dlu maa bs dg menebalkan garis lurus, lengkung, lingkaran, garis putus², bkin bentuk² sprti lingkaran, kotak, dll. Utk melatih fokus bs dg meronce, main lego, mewarnai, menggunting, dll.

bu maaf ya. .anak itu perkembangannya beda2, kita boleh mengikuti saran2...tapi jangan sampek memaksa anak harus bisa , umur segini2 harus bisa ini , bisa itu,ya kita berusaha, kalau belum mau pokoknya jangan dipaksa.