MPASI UNTUK BAYI

Mam bayi aku bentar lagi mau Mpasi, kira2 untuk tahap pengenalan mending yg manis atau asin2 ya? Biasanya baca rekomendasi resep mpasi dimana mam? #firstbaby #pleasehelp #ingintahu #firstmom

12 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
TapFluencer

Awal MPASI bisa langsung berikan menu lengkap 4 bintang. Jadi bukan terpaku apakah lebih baik rasa asin atau manis, tapi bisa langsung kenalkan makanan dengan berbagai rasa yang alami berasal dari bahan makanannya, bukan karena penambahan gula, garam. Tekstur dan porsi sesuai umur. Kalau di awal MPASI bisa pakai tekstur lumat yang tidak mudah jatuh saat sendok dibalik. Lengkapnya Bunda bisa baca di https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pemberian-makanan-pendamping-air-susu-ibu-mpasi Penting juga untuk memahami bahwa makan adalah petualangan tersendiri. Ciptakan pengalaman makan yang menyenangkan. Kenalkan rasa lapar, kenyang, dan kebutuhan makan. Ciptakan suasana makan yang ceria dan seru. Gunakan alat makan yang lucu dan menarik. Jangan paksa anak untuk makan, berempati lah pada anak. Jangan bilang anak tidak suka jika belum mencoba setidaknya 10x. Terapkan feeding rules. Semangat, Bun. Semoga lancar dan menyenangkan yaah proses MPASI-nya.

Baca lagi
1y ago

O iya, itu saya juga sudah sertakan link panduan MPASI dari IDAI kok, bisa dibaca juga 😊 Sependek pengalaman saya ke poli gizi karena anak saya berkebutuhan khusus yang lambat tumbuh kembangnya. Itu dihitung kalorinya, dibuatkan jadwal makan dengan menu gizi seimbang, bukan disuruh tambahkan lemak 😁

VIP Member

Rasa manis alami bisa berasal dari jagung manis, ubi, wortel dan labu siam kecil. Sedangkan rasa gurih alami bisa berasal dari protein hewani yg dibuat kaldunya, keju ataupun unsalt butter. Kedua rasa manis & gurih alami yg BUKAN berasal dari gula & garam boleh diperkenalkan kepada si Kecil saat awal MPASInya. Hal tersebut dilakukan agar mengetahui si Kecil lebih dominan makan MPASI manis atau gurih alami. Penambahan bumbu aromatik (bumtik), seperti trio bawang (🌰🧄🧅) juga sudah boleh diperkenalkan sejak awal MPASI 6+.

Baca lagi
VIP Member

kalo aku dulu pas buatin anak awal mpasi (homemade) masi hambar bun (tanpa bumbu).. pikirku biar ga kaget aja dri asi yg rasanya jg sdikit hambar ke makanan.. alhamd.. respon awalnya baik dan dia suka.. jd stiap makan, anakku seneng.. dan ga pernah ada gtm 😁 pngenalan buah (makanan ber rasa) mulai umur 7 bulan..

Baca lagi

mending yang tanpa gula dam garam Bun. aku sering liat highlight nya dr. Tan, menurutku lebih masuk akal dan mudah dicerna. tapi kembali ke masing2 ibu, ada yg suka dengerin dr. Tan, ada yg suka baca dr. meta. sama aja intinya mah belajar biar kita merasa siap dan nggak kagok sebagai ibu.

rasa asli makanan dulu aja. selama masih mau makan tanpa bumbu, skip aja garam sama gula. snack buah punya rasa manis, makanan keluarga yang dilumat saring biasanya punya rasa gurih.

kalau saya pertama MPASI nggk pakai gula garam..bumbu masakan cuma baput, bamer, seledri gitu" doang.. anak saya sekarang 10bulan baru kasih garam dikit" ..tapi kadang juga nggk dikasih ..

TapFluencer

kenalin keduanya scr bertahap spy kedepannya ga picky eater. aku berkiblat di dokter meta, anisyacahya, dokter deva. penjelasannya gampang & netral bgt. "menurut aku".

VIP Member

klo homemade blum bisa dikasih bumbu² klo msih awalan bu. jdi rasa manis, asin, gurih didapat dri sayuran, lemak

di buku kia ada mama.. baca aj buku kia nya.. atau coba cek ig2 dsa ya kaya dokter meta, dll

VIP Member

yg gurih mom,, kyak cerelac ayam bawang,,yg manis nanti aja,, biar anak doyan homemade