Penanganan yang Tepat Jika Anak Demam Pasca Vaksin

Hi, Parents! Salam kenal, saya Dr Rayhana Nur Asyiah. Semoga semua selalu dalam keadaan sehat! Setelah di vaksinasi atau imunisasi, beberapa anak mungkin tidak menunjukkan reaksi apa pun, tapi ada juga yang mungkin akan mengalami efek samping, salah satunya berupa demam. Perlu Parents ketahui, demam bukanlah penyakit, melainkan adalah tanda respon tubuh terhadap vaksin. Meskipun begitu, tetap ada yang harus kamu perhatikan ya. Lantas, apa yang harus dilakukan kalau terjadi pada Si Kecil? Yuk, ikut sesi tanya jawab dengan tema "Penanganan yang Tepat Jika Anak Demam Pasca Vaksin" bersama saya! Parents hanya perlu mengajukan pertanyaan di bagian komentar dan akan langsung saya jawab.

Penanganan yang Tepat Jika Anak Demam Pasca Vaksin
6 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

iya betul sekali, ak ibu anak 2. kmren ank ke2 ku imunisasi 2 sekaligus. paha kanan dan kiri. aku lupa imunisasi apa. awalny gk rewel sm skli, pas tidur trs kbangun paha sblah kanan sdh bengkak merah. dan nangis sknceng2 ny. ak tau itu efek imunisasi. heran ny yg sblah kiri justru gk ngefek sm skli. mlem ny demam tinggi, dan paha ny klo ksenggol dkit dia nangis knceng.mungkin krn bngkak dan sakit ya. ak dksih obt sm bidan ny, 1tablet dbagi 6. jd shari 3x. stlh mnum obt emg mndingan, 3x dksh obt lngsung mnding dan bsokny udh gk skit lg.. alhmdulillah

Baca lagi
1y ago

imunisasi DPT & PCV bun anakku jg persis begitu reaksinya

Wah, kebetulan sekali artikel ini muncul dan pas besok jadwal anak ku imunisasi DPT I yg kata nya terkadang menimbulkan efek demam. sebagai new mom, apa aja sih yg sebaiknya perlu disiapkan bu Dok? dan, bagaimana penanganan yg proper nya? dan, bagaimana agar kita sbg ibu juga ga panik atau pun jadi kesel saat mungkin anak rewel karena demam? Terima kasih unt jawabannya, Bu Dok. Sehat selalu 🙏

Baca lagi
1y ago

Halo Bunda Azimah, Demam merupakan salah satu reaksi yang bisa terjadi pasca vaksinasi, bunda. Hal yang perlu dipersiapkan adalah termometer untuk mengukur suhu anak dan obat penurun panas apabila terjadi reaksi demam. Cara mengatasi bila anak demam paska vaksinasi yaitu: - Kompres hangat dengan kain lap di bagian lipat ketiak dan lipat paha atau lap seluruh badan anak dengan air hangat dan dikeringkan. - Memakaikan baju tipis yang menutupi seluruh tubuh. - Memberikan lebih banyak cairan. Berikan lebih banyak minum/ASI. - Minum obat penurun panas bila perlu (suhu ≥38°C) Sebagai seorang ibu, tentunya ada perasaan khawatir apabila anak mengalami demam namun tidak perlu panik, bunda. Demam paska vaksinasi umumnya mudah ditangani dan akan membaik dalam 1-2 hari. Anak yang rewel dapat disebabkan karena sedang demam atau nyeri pada lokasi suntikan paska vaksinasi sehingga anak tidak nyaman. Apabila sudah teratasi, maka anak akan kembali ceria dan aktif, bunda.

Alhamdulillah imunisasi dasar sampai usia 2 tahun sudah lengkap, sayangnya ga dapat PCV nih 😅 btw demam pasca vaksin itu kan normal, namun kadang ada juga yang tidak normal. yang saya tahu, cuma kalau lebih dari 3 hari bawa balik lagi ke puskesmas gitu. nah, selain itu adakah tanda-tanda lain bahwa ini bukan demam pasca vaksin yang normal? mumpung belum ada yang nanya, saya aja... hehe.

Baca lagi
1y ago

Halo Bunda Aulia, Demam paska vaksinasi merupakan salah satu efek samping yang wajar terjadi, bunda. Umumnya demam paska vaksinasi sifatnya ringan dan mudah ditangani serta akan membaik dalam 1-2 hari. Apabila demamnya berlanjut, tidak menutup kemungkinan adanya penyebab lain, seperti infeksi yang kebetulan terjadi bersamaan dengan vaksinasi. Apabila demam berlanjut (>2 hari paska vaksinasi) dan demam tidak kunjung turun meskipun sudah diberikan penanganan yang optimal, disertai dengan keluhan-keluhan lainnya yang tidak sesuai dengan efek samping umum paska vaksinasi maka sebaiknya anak diperiksakan ke fasilitas kesehatan terdekat ya bunda agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan dicari penyebab lainnya serta diberikan pengobatan apabila dibutuhkan.

VIP Member

dok abis imunisasi itu dikompres air dingin atau hangat? anak saya sih alhamdulillah ga pernah demam d, cuman dia nyeri di bekas suntikan aja. kira2 kalo lg nyeri dikompres air apa ya? tq dok.

Baca lagi
1y ago

Halo Bunda Dhea, Untuk nyeri pada lokasi suntikan merupakan salah satu reaksi lokal yang bisa terjadi paska vaksinasi. Selain nyeri, reaksi lokal paska vaksinasi juga bisa berupa kemerahan dan bengkak pada lokasi suntikan. Untuk meringankan nyeri/merah/bengkak pada lokasi suntikan, dapat dikompres dingin dengan cara: - Es batu/ice pack dibungkus kain tipis - Kompres 10-15 menit di area suntikan - Ulang 3-4x sehari Tidak perlu khawatir ya bunda karena umumnya akan menghilang dalam 1-2 hari paksa vaksinasi.

nyimak bund

cara megatasinya

1y ago

Halo Bunda Dila, Cara mengatasi bila anak demam paska vaksin yaitu: - Kompres hangat dengan kain lap di bagian lipat ketiak dan lipat paha atau lap seluruh badan anak dengan air hangat dan dikeringkan. - Memakaikan baju tipis yang menutupi seluruh tubuh. - Memberikan lebih banyak cairan. Berikan lebih banyak minum/ASI. - Minum obat penurun panas bila perlu (suhu ≥38°C) Demam paska vaksin umumnya mudah ditangani dan akan membaik dalam 1-2 hari, bunda.