adik ipar

curhat bolah kan ya bun .. rasanya gk enak hidup 1 rumah sama mertua dan adik ipar yg seumuran bun . saya merasa gk nyaman tapi mau gk mau saya terpaksa tinggal di rmh mertua .. karna suami selalu kekeh gk mau pisah dri ortunya bun . menurut bunda gimana?? soalnya saya udh gk punya siapa" bun . jadi mentang" saya numpang di rmh mertua dan saya gk punya apa" . dan adik ipar saya yg seumuran seeanknya gk sopan ke saya dan selalu berkata yg gk pantas ke saya bun .. saya gk tau lagi curhat sama siapa .. ?????

45 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Saya jg tinggal sm adik ipar perempuan, dibawah saya umurnya. Kalo saya, justru awal2 keselnya krn dia gapernah mau nyapa, jgn kan sm saya sama smua org saudara2nya begitu. Hari2 cuma main hp, tidur, makan. Awal2 saya kesal, krn saya merasa hanya saya yg urus rumah. Sedangkan dia gabisa apaap2. Jgnkan masak, pegang sapu aja gabisa, sekedar naruh barang yg dia jatohin aja gamau. Segitu manjanya. Akhirnya saya ceritakan semua ke suami keluh kesah saya, sampai saya bilang sya merasa dijadikan babu sendirian. Akhirnya, saya yg hrs tegas sm diri saya sendiri bun. Krn klo kita yg maksa ngubah sikap siipar akan susah, apalagi kalo ibu mertua cuma diam aja. Jd saya musti kuat2in tutup mata, tutup telinga, sebodo amat . Skrg saya bls Saya Gapernah mau nyapa juga. Kalo beberes, saya beresin apa yg saya dan suami pakai aja. Masak saya masak utk saya dan suami, mertua saya tawari. Adiknya saya antepin๐Ÿ˜‚ krn emg dikamar mulu.

Baca lagi

Emnk ganyaman bgt ya pnya ipar apalagi mertua pro ke sana gada yg dkung kita .. Aku sblm nikah sblm ktemu suami slalu doa minta sama Allah jodoh yg baik gapapa gakaya asal bis mncukupi . doa yg slalu d ulang2 adalah aku pgen ktemu orang yg gapunya kakak atau adik sma mertua yg baik dan ga pendiem . Maruk si emank serakah doa gtu . tp alhamdulillah d ijabah bun . suami anak tunnggal gada ipar2n skrng .. Mertua mapan lah segitu toh bisa skolahin anaknya tanpa ngutang sana sini uda trmasuk mapan menurtku jdi skrng gapernah nuntut apa apa ke suami krena bapa mrtua masi mampu kerja dan nyukupin kbutuhan berdua..aku nginep weekend doang mreka uda seneng krena kbyang donh anak cuma satu hrus ikut istri psti khilangan bget . Allah itu baik bun Maha Kaya bisa apapun cobalah kalo doa skalian yg memang d pengen pasti d kabulkan . apalgi doa org teraniaya itu mustajab ๐Ÿ˜

Baca lagi

Bismillah.. Bisa dibicarakan baik2 bunda sama suaminya, sampaikan hak bunda sebagai istri dan sampaikan kewajiban suami untuk istri. Salah satunya tempat tinggal, kalo memang harus serumah setidaknya ada sekat atau batas yg mana privasi keluarga bunda tidak terusik keluarga suami. Contoh spt urusan dapur. Karena bagaimanapun kondisinya, se akur apapun kita sama mertua pasti ada saja gesekan kecil. Selalu jaga komunikasi dengan suami ya bunda, baik perihal ipar juga. Bunda jg sebenernya bisa lebih tegas, walaupun mantu itu tamu, tapi menantu juga punya hak. Bunda jgn merendahkan diri dgn bilang tidak punya siapa2 lalu bisa seenaknya di perlakukan tidak baik dengan keluarga suami. Begitupun suami menikahi istri jg harus tau hak2 apa saja yg didapatkan istri..

Baca lagi

Saya pernah tuh gitu..saya nangis didepan suami Terus suami bilang ke mertua minta penjelasan dan dibantu temen suami yg ustad akhirnya mertua ngebolehin buat misah Mertua minta maaf ..terus karna nunggu di renov saya dan mertua di temuin sama suami buat ngobrol berdua Dan ternyata hanya salah paham Akhirnya saya tetep sama mertua dan ipar yg seumuran (selisih 4 bulan) rumah yg uda di renov dipake buat kegiatan lain Coba bunda ngobrol sama suami dan c9ba ngobrol sama mertua Siapa tau hanya salah paham saja kaya saya Saya kalo keinget itu mah malu..soal nya mertua mah asli nya buaik sekali

Baca lagi

Bilang kesuami terus terang bun. Kasih tau, kalau udah nikah itu udah beda lagi. Kamu punyaku dan aku punyamu. Kalau aku sih dr awal prinsipku gak ikut ortu dan gak ikut mertua. Komitmen hidup berdua, biarpun makan seadanya tidur beralaskan tikar asal sama suami nikmatnya berasa disurga. Tanggungjawab sama ortu boleh asal tau jg skrg jadi suami tanggungjawabnya dunia akhirat sama istri. Istri jg jantung rumah tangga, bahagianya istri rejekinya suami berlimpah. Ingetin gt aja bun, biar sadar

Baca lagi
5y ago

makasih ya bunda atas saranny ๐Ÿ™๐Ÿ˜‰

Kalo saya sih sblm nikah berkomitmen dulu utk ga tinggal sama mertua apalagi sama ipar saya jg.. Alhamdulillah dksh rezeki sma Allah,sblm nikah suami udh pny rumah dulu..Percuma bun gabakalan tenang rmh tangga klo satu rumah ama mertua apalagi ada ipar sgala.. Baik buruk sllu keliatan.. Ga bebas.. Lbh baik misah rumah tp ttp jaga keharmonisan dgn keluarga suami bukan berarti qta menjauhkan diri dari mereka..dijamin rumah tangga nyaman aman damai.. Minim konflik dgn kluarga suami.

Baca lagi
5y ago

Yup.. Totally agree bun

Sama ceritanya kyk saya. Malah adik ipar saya baru umur 17 tahun, masih kls 3 SMA. Tapi sikapnya ga sopan dan ngomong seenaknya aja. Saya disuruh maklum. Awalnya saya sabar aja, nanggapin baik2. Tp lama kelamaan dia makin kurang ajar ngomongnya ga sopan. skrg saya sautin aja, malah saya ketusin. Klo dia ngomong ga sopan, saya omelin skrg. Biarin aja dia mau bilang saya itu kakak ipar galak atau mau ngadu ke mertua, saya ga takut. Wkwkwk

Baca lagi

Saya juga dulu tinggal sm mertua dan ipar yg seumuran sm saya... susah, apalagi jauh dr keluarga.. banyak omongan di belakang... saya sampe stress dan sering ngamuk2... menghindar dr mertua dan ipar... sampai suami ngeliat, dan saya curhat semuanya ke suami, akhirnya dia memutuskan utk keluar dr rumah mamanya, sm saya dan anak.. karena dia liat saya stress, anak saya jg ikut stress sampai turun berat badan..

Baca lagi
5y ago

Suami pasti sayang sm keluarganya.. suami saya jg sayang sm ortu dan sodaranya, apalagi dia anak paling tua dan cowok satu2nya, tapi saya banyak ngomong sm dia... mengingatkan kalo dia skrg punya keluarga sendiri... bukannya mau bikin suami jd anak durhaka, tp dia harus tau prioritasnya yg mana dl... waktu saya tinggal sm mertua, saya jd sebeeeeeel bgt sm mertua dan ipar... tp setelah tinggal sendiri, jauh dr mereka, hubungan menantu mertua itu jd lebih enak... bs ngobrol... dan di 2 pihak ga perlu ada yg stress...

Saya juga pnya adik ipar . Yg cwe adik ipar saya 28thn sdgkan saya 24 thn. Yg cwo adik ipar saya 25. Saya 24. Tp mrka smua hargai saya sbgai kakak ipar walau saya paling kecil umurnya ๐Ÿ˜‚ Ni bun kalau adik ipar begitu ya ngapain dihargai bun. Ya lawan aja kali bun jd dia ga bs sesuka2nya sm kita. Walau sebaya kita tutur nya kakak ipar dia loh. Gmna juga dia hrus segani kita.

Baca lagi

Sebenernya masalah mertua dan ipar itu tergantung kitanya juga sih. Kita sendiri harus sadar bahwa menantu itu ya tamu, harus bisa masuk.ke dalam ruang lingkup karakter keluarga suami , emg sih pasti beda . Tapi mau gimana lagi kalo tinggal sama keluarga suami ya harus kitanya yg ngalah bun. Namanya juga menantu jangan baperan. Kalo baperan yaudah tiap.hari pasti ngebatin.

Baca lagi
4y ago

Menantu adalah tamu? Wih...kasihan banget calon mantu ibu nantinya. Bu, menantu perempuan itu udah rela ninggalin keluarga kandungnya demi mengabdi sama suaminya dan keluarga suaminya. Emang itu mertua udah andil apa dalam hidup mantunya?? Nyekolahin? Ngasih makan sejak kecil?? Nggak sama sekali! Nggak ada andilnya. Tapi menantu perempuan masih mau ngabdi, bantuin hidup mertua dan anak2nya, belum lagi kalo si menantu juga kerja pasti ada sebagian duitnya buat nopang hidup mertuanya juga dan seenak itu dibilang tamu???