Bunda..mau tnya nih, anak dibawah 1 tahun boleh dikasih susu UHT untuk mpasi gak ya?ada yang bilang

Bunda..mau tnya nih, anak dibawah 1 tahun boleh dikasih susu UHT untuk mpasi gak ya?ada yang bilang boleh kalo dimasak..tapi saya sempat konsul dsa by WA bilang blm boleh. Yg benar yg mana ya bunda??

17 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

klo dalam diskusi para dokter salah satu dsa emg bilang belum perlu krn prinsip MPASI adalah memberikan makanan padat (mulai dari konsistensi lumat, lunak sampai kasar). bukan berarti gak boleh lho ya.. ada kemungkinan dsa bunda bukan gak ngerti ilmu tersebut namun lebih ke prioritas prinsip mpasi itu sendiri. cs emg sebetulnya mpasi itu tidak perlu ribet dg resep krn akan menyulitkan kita kelak. mgkin maksud dsa bunda demikian. maaf ya para dsa selalu diberi info terbaru kok termasuk masalah mpasi jadi gak ada dsa yg gak paham soal ini. lagi pula gak semua anak bisa mencerna uht dg baik. ada kmgkinan beberapa dsa khawatir jika anak ada alergi dg protein susu sapi tersebut. πŸ™

Baca lagi

https://www.alodokter.com/kapan-anak-bisa-minum-susu-uht Ini penggalan artikel link diatas. Jadi memang ada perbedaan pendapat, tapi kalau saya memberikan uht untuk campuran mac and cheese dan bubur jagung di usia 11 bulan mam, dan itu hanya terjadi 2x sebelum usianya genap 1 tahun. Sekarang anak saya sudah berusia 1 tahun, tapi pembeeian UHT masih saya batasi hanya untuk teman makan biskuit saja.

Baca lagi
Post reply image

nah, ank teman saya kmrn kasusnya gni, udh bkin mpasi pake uht dan udh di masak, trnyta anknya diare muntah2, kata dsa nya, memang uht dlm jmlh sedikit dan di masak untuk mpasi boleh, namun bbrpa anak ada yg tetap bs tdk toleransi sma uht di usia di bawah 1 thn walaupun tdk punya riwayat alergi, jd dsa nya slalu menyarankan agar uht di berikan 1thn keatas.. mgkn mksd dokternya sma sperti ini..

Baca lagi
VIP Member

setau aku boleh ya bun, asaaaall di masak dan jangan di kasih langsung ke baby nya.. coba deh cek IG nya dr meta hanindita, beliau DSA sub spesialis gizi. di situ lengkap dengan artikel WHO dan IDAI.. aku selama ini masak MPASI nya di campur dengan susu UHT alhamdulillah gk kenapa kenapa malah anak ku BB nya naik terus..

Baca lagi

Di kemasan susu uht biasanya ada tulisan tidak utk anak di bawah 1 tahun bun. Kalau tdk ada tulisan itu, biasanya justru susu uht utk anak yg sdh lbh besar lagi. Susu uht melalui proses pasteurisasi, bukan dimasak, utk menjaga gizinya. Kalau dimasak, akan ada zat gizi yg rusak (bukan semuanya rusak ya).

Baca lagi

ilmu itu perlu di update bun ga semata2 semua yg kuliah S3 bisa disebut profesor kan? dokter jg begitu, hanya karna sekolah tinggi bayar mahal dan dapat gelar dokter tidak menutup kemungkinan dokter itu tidak update ilmu sesuai penelitian terbaru

kalo hanya utk campuran, porsi kecil sih boleh. kalo dikonsumsi atau diminum langsung sebaiknya jangan. tp klo ada alternatif lain, misal sufor atau santan, pakai alternatifnya aja

Kalo dsa anakku bolehin asal dimasak dulu, itupun untuk snack bukan untuk makanan utama, karna kalo makanan utama dikasih susu penyerapan nutrisinya gak maksimal.

Lebih baik pakai sufor atau asi aja bun daripada pakai UHT. Karena di wadah uht sendiri kan ada peringatannya juga, tidak untuk anak dibawah 1 tahun.

3y ago

Bukan untuk dimasak bun, hanya ditambahkan saja

boleh bun, asal dimasak ya, susu nya uht ya bun yg sudah melewati proses pasteurisasi, jgn susu segar