7 Bulanan Kehamilan

Bunda bunda.... Sharing dong rangkaian acara 7 bulanan ngapain aja? Katanya ada siraman terus diurut perutnya gitu ya bund sama dukun beranak. Bahaya gak tuh untuk janinnya?

21 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Kalo dtmpt saya gK ad siraman dan lain lainnya. Cuma masak masak buat anter2 kerumah2 sama bikin ingkung ayam,nasi uduk, nasi biasa, trus sama nasi kuning buat di taro di “takir” bahasa indonesia nya gak tau saya hehe. Saya juga baru tau klo 7 blanan disini sprti itu krna dlu di jakarta stau saya gak gni. Dan itu biasaya cm anak 1 untuk anak slnjutnya gak di 7 bulanin. Ntr malamnya ky pngjian gt teus ingkungnya dibagikan dibngkus pake daun jati gtu sih klo ditmptku

Baca lagi

kalo jawa kentel sih ada siraman dkk, tp itu bisa di skip. Biasanya cuma bikin rujak manis pake 7 jenis buah yg berbeda, trs ditambah sama 7 umbi²an terus urap² dan lauk pauk biasa kayak orang syukuran. Udah deh beres. Kadangkala ada yg tambah pecah kelapa juga alih² itu menentukan jenis kelamin bayi, tp ya ga juga 😁itu yg saya tau dr 7bulanan di tempat saya, yg versi simple.

Baca lagi
2y ago

disaya juga gitu bund, sebeluum siraman malamnya ngadain syukuran ngasih nasi kotak. dan air buat siramannya minta satu gayung ke tetangga nyampe 7 gayung.

Bulan lalu 7bulanan hanya mengadakan khataman di rumah cuma doa aja ngga ada acara adat sama sekali baik siraman maupun pijet urut gitu. Tapi kalo untuk acara adat tergantung kepercayaan masing masing, untuk urut perut baiknya tidak. Kalau bunda kurang yakin bisa searching, konsul ke dr supaya lebih yakin kalau pijat perut sangat tidak disarankan bagi ibu hamil.

Baca lagi

2 minggu yg lalu saya abs 7 bulanan bund, diurut sm dukun branak tp diurut nya lembut bgt bagian perut sama kaki tp cuma sbentar kok pling 2 menitan kyak cuma dipegang2 doang. trs sama siraman jg disaksiin kluarga suami doang, ya biasalah org Jawa msh kental bgt sm adat budaya. trs malemnya baru pengajian.

Baca lagi

gk usah pke di urut ya bun.. bahaya bnget,salah2 plasenta bisa pecah.. plasenta itu penunjang hidup buat si janin.. kebayang kn klo plasentanya rusak gara2 di urut,kira2 apa yg bkln terjadi sama janin? lgian 7 bulanan juga cumn tradisi doang,gk 7 bulanan juga gk msalah..

ngga Bun saya kmrn cuma doa bersama + bagi makanan aja ke tetangga. ada acara udik-udikan (kepyuran uang receh) trs ada lempar tampah yg cekung itu buat USG ala-ala jaman dulu 😁 trs lempar bola tenis 2x buat nentuin siapa yg dapet ayam, udah gt doang heheh

2y ago

semangattt semangatt semoga berkah

syukuran yg penting do'a nya kalo bunda muslim bisa adakan pengajian saja... kalau masalah siraman itu tergantung adatnya dan kesepakatan bunda dan keluarga. soal pijet menurut saya jangan bun walaupun katanya orang2 sok pinter nggak apa2

menurut saya 7bulanan adalah hura2 yang teragendakan dengan tujuan biar kayak yang lainnya.... padahal nggak ada 7bulanan juga gak masalah. biaya bisa di alokasikan ke aqiqah.

2y ago

mungkin bukan hurahura ya Bun tapi lbih ke sedekah sih kalo niat kita kan syukuran jga nanti kan undang buat pengajian buat di doain sih biar lancar lahiran nya sehat gtuh sih

waktu saya sih cuma pengajian syukuran aja sih bagi-bagi nasi box. gak ada prosesi apapun yang penting kan doanya supaya lahirannya dimudahkan, ibu anak sehat.

VIP Member

Kalo siramannya sih aman bun, gak bahaya buat janin, tp kalo urutnya itu lebih baik dihindari yaaa, bumil tidak diperbolehkan melakukan urut/pijat di daerah perut dan punggung bawah