Normal atau Cesar

Bunda apakah melahirkan cesar maka ketika melahirkan selanjut nya cesar jg. Misal anak pertama Cesar apa bisa melahirkan dengan normal.

31 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

Aku anak pertama sc bun, jelang 4 tahun hamil lagi sekarang 37weeks. Kemaren periksa ke dokter, dia bilang panggul ga terlalu kecil (secar yg pertama karena panggul kecil) , kemungkinan bisa normal. Alhamdulillah senang dengarnya, tapi waktu dokter cek ketebalan bekas op secar pertama dia bilang tipis cuma 21 cm atau ml saya lupa. Padahal jarak anak pertama lumayan jauh. Dan dokter bilang Kemungkinan pendarahan sangat besar, saya langsung down, sedih. Tapi suami nguatin dan nanya yang terbaik sama dokter. Dokter bilang lebih baik sc karna risk nya ga terlalu besar. Dan kami pun mengiyakan, insyaallah minggu depan mau operasi.

Baca lagi

Tergantung penyebab harus SC nya apa.. klo krn panggul terlalu kecil dan janin indikasi terlalu besar, biasanya klo terulang kondisi yg sama ya harus SC lagi.. tp semisal yg pertama SC krn sungsang (posisi kaki di bawah), klo selanjutnya posisi bisa normal, memungkinkan lahiran normal, mom..

Tergantung alasan SC pertamanya apa. Kalau bukan karena masalah di jalan lahir, insya Allah bisa kok VBAC. Kalau saya, karena ada masalah di tulang panggul, jadi SC terus.. πŸ˜‚ pengen VBAC gak ada yg berani.. πŸ˜‘

Bisa vbac kcuali penyebab SCnya fatal/gabisa ditawar2 kyk aku, minus tinggi banget/syaraf retinanya lemah, resiko kbutaan klo maksa ngeden.. jgnkan ngeden lahiran, ngeden pas pup aja klo knceng2 mataku lgsg burem

Bisa aja Bun normal stelah SC apabila memang dr awal tidak ada indikasi fisiologis bunda yg menghalangi,,,, contohnya panggul sempit nah itu baru ngk bs normal Bun harus SC lg

VIP Member

Tergantung pada indikasi awal diharuskan caesar bun, dan jarak waktu dari kehamilan skrg ke kehamilan selanjutnya. Biasanya kalo terlalu dekat tidak disarankan buat normal.

Bisa bun..istilah nya VBAC Dari sejak tau positif di kehamilan ke 2 disarankan labgsung cek dokter untuk mengetahui kondisi bundanya dan perlu dipantau sampai akhir

VIP Member

Bisa. Temen baru lahiran anak kedua kemarin. Selang 6tahunan sama yg pertama disesar krn sempit pnggul. Tapi yg kedua baby nya malah ngajak normal.

Mama saya gtu kok bun ... Waktu melahirkan kakak saya , mama op cesar . Selang 3 tahun , mama melahirkan saya secara normal .

Bisa bu. Coba baca banyak artikel tentang VBAC. Tapi syaratnya banyak dan harus konsultasi dari awal kehamilan dengan spog.