bayiku sering gumoh dan cegukan

Bunda, anak saya usianya 2 minggu.. setiap habis nenen asi ditaruh di kasur tdk mau langsung nangis .. trus tiba2 gumoh, hbs gumoh cegukan .. kasian gt liatnya .. apa bunda ada yg pnya pengalaman sama?

8 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

Masih normal kok bun gumoh setelah minum ASI/sufor, selama tidak berwarna kuning dan tidak terlalu sering. Biasanya terjadi pada bayi dibawah 3 bulan. gumoh itu bisa terjadi karena : 1. Aliran ASI terlalu deras, sehingga tersedak, dan kadang sampai gumoh. 2. Kekenyangan. 3. Setelah menyusu tidak disendawakan. Caranya : dengan badan bayi agak tegak/ letakkan di pundak, tepuk2 punggungnya. Setelah bersendawa, letakkan lagi bayinya. 4. Lambung bayi masih kecil dan penutup/Klep lambung belum berfungsi dengan baik maka kadang ada yang muntah balik. Tapi seiring dengan perkembangan bayi akan berkurang sendiri kok gumohnya. 5. Mungkin bayinya sedang tidak enak badan.

Baca lagi
VIP Member

Normal bund itu karna pencernaan bayi masih berkembang,,jgn lupa waktu gumoh dimiringkan dulu ya bund jgn langsung diangkat atau boboknya masih telentang, Jgn lupa setelah minum disendawakan bund,

Alhamdulillah sekarang anak saya sdah 4 bulan dan sehat bun, bb nya udah hampir 7kg.. terimakasih bunda yg udah dg baik hati memberikan jawabannya tanpa mengintimidasi ibu muda ini yg masih belajar 🤗

4y ago

Hilangnya pas umur berapa bun anak saya 2 bulan gumoh terus

VIP Member

Habis nenen mmg baiknya jangan langsung ditaroh bu.. digendong berdiri dulu, disendawain.. Kecuali bila bunda menyusuinya sambil posisi berbaring tidur berhadapan..

Habis mimik di taro di pundak bunda biar sendawa biar ga gumoh bund say.

VIP Member

Kalo habis mimik dicoba disendawakan dulu biar gak gumoh bunda

Salah kali nyusuin nya makanya ampe cegukan gtu

5y ago

Iya makanya saya jwb begitu biar pahamm😄

Kalo habis mimi disendawain dulu bund