Buku KIA

Bund apakah ada yg masih belum punya buku KIA saat hamil? Itu wajib punya gk ya? Setiap sy periksa ke dokter gk prnh ditanyain soalnya..

49 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

HaH? gk prnh ditanyain??? serius bun??? buku KIA itu wajib bunda cantik....krn disitu tercantum bnyk keterangan tentang perkembangan janin jg kesehatan bunda...klo ada apa2 gmn dokter/bidan bs tau kondisi bunda?? berat badan aja pake dicatat bun..smuanya diperiksa lalu dicatat dibuku KIA itu jd stiap mw periksa dimanapun dan kapanpun dokter/bidan yg bunda datangi bs tau perkembangan bunda n janin sebelumnya..

Baca lagi
5y ago

Lah kalau saya mah kontrol di RS dapet buku pemeriksaan kehamilan lengkap sampe anak imunisasi.... bukan selembaran doang ?? jd gak wajib bgt deh punya buku KIA ??

Wajib bun... Nanti buku KIA banyak manfaatnya... Kalo d dokter memang gk d kasih, kalo bisa kontrolnya jgn d dokter spog ajha, d bidan atau puskesmas juga, gonta ganti gitu jd nanti d catat d buku KIA, Saya si begitu, kontrol d puskesmas bwt dapat catatan d buku KIA, Dan kontrol d dokter bwt dapat vitamin yg bagus juga usg?

Baca lagi

wajib bun, itu track record kita selama kehamilan sampe nanti anak gede daftr sekolah pasti ditanyain buku itu. dokter memang ga menyediakan, kalopun kita punya trus dibawa ke dokter jg belum tentu dokter mau isi. buku KIA cuma ada di bidan dan puskesmas aja. harganya 15rb kalo dsni.

Saya malah gk punya bund,,,saya bingung dapetnya dimana,,waktu awal2 ,saya periksa d SpOG saya tanya gk dikasi,,skrng UK 14W,,,belum periksa ke bidan,,,,disini saya perantau dan jauh dr orng tua gk ada yg ngebilangin,,,saya jdnya kurang taw,,

5y ago

Iya makasih bund sarannya,saya baru ajha periksa malem ini,dan langsung dapet,,,kebetulan periksa karna sering pusing ternyata darah rendah

VIP Member

Ga wajib bun, kecuali memang suka mondar mandir puskesmas, klinik dan RS. KIA sebenernya untuk membantu dokter baru melihat riwayat pemeriksaan bunda aja. Soalnya saya punya buku KIA, dokter juga jarang tulis2 klo ga penting2 banget.

VIP Member

Wajiib, karna buat daftarin TK anak kita nanti (ini kata bidan di RSIAku) meski spog ku ga pake buku KIA tapi kata bidan dia tetep harus punya. Mending nanya ke puskesmas atau bidannya bun sekalian test darah lengkap

5y ago

Aduh bund anak saya gak bisa TK bearti ya ??? saya gak punya tuh buku KIA, saya masukkin sekolah internasional aja deh kalau gitu ??? saya gak maun ke bidan sih, main ny ke dokter spesialis di RS ????

gk di tanyain jg buat sy MH wajib punya,soalnya suka lupa kapan terakhir periksa, atw nanti pasca melahirkan kan ada catatan pemberian vaksin jg buat anak. sy harus slalu ada catatannya,klw gk nanti lupa

Gak wajib kok bunda.. Fungsi buku KIA biar kita tau perkembangan kehamilan kita aja tiap bulannya..soalnya setiap periksa tensi, BB, pemberian vitamin dri bidan atau puskesmas pasti dicatat di buku KIA..

Saya bun dari awal periksa ke bidan smpe 16 w blum punya buku KIA walaupun saya udh nanyain, tpi besok2 saya mau nyoba periksa ke puskesmas bun soalnya dipuskesmas katanya dikasi buku kia

Gak wajib kok bund :) saya jg gak punya karna emang selalu cek ke RS.... kan kita juga dikasih buku dari RS/klinik.... gak bakal berdosa gak punya, dan gak bakal merugikan siapa-siapa.....

4y ago

Iya kah bun ? Saya jg gak punya soalnya selalu periksa lngsng ke sp.og , byk bgt ygbilang penting bgt buat kedepanny, jd was" ? emg seberapa penting kah?